Kata Mutiara Mahfudzot tentang Akhlak karimah dan Mulia

mahfudzot akhlak

Informasi tentang kosakata kata kata mutiara mahfudzot arab tentang akhlak yang mulia atau biasa disebut akhlaqul Karimah dilengkapi dengan tulisan huruf hijaiyah teks latin dan arti terjemah kedalam bahasa Indonesia.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, penggunaan teks latin ini dalam rangka membuat mudah untuk mengucapkan lafadz arab bagi yang belum fasih dalam membaca huruf hijaiyah.

Tentunya selain teks arab dan latin mahfudzot tentang akhlak ini juga disertakan ulasan penjelasan singkat dan uraian seperlunya.

Koleksi mahfudzot tentang akhlakul karimah ini diusahakan untuk dilakukan update apabila mendapatkan kosakata yang bisa dimasukkan dalam kategori pepatah arab ini.

Langsung saja, berikut kata kata mutiara mahfudzot arab tentang akhlak mulia.

الشَّرَفُ بِالأَدَبِ لاَ بِالنَّسَبِ

Teks arab : asy syarofu bil adabi laa binnasabi
Kemuliaan itu adalah dengan adab (budi pekerti), bukan dengan keturunan.

Kemuliaan seseorang itu didasarkan pada perilaku perbuatan dan budi pekertinya, bukan karena kehormatan dari kakek nenek moyangnya.

Adalah tidak berguna meskipun ayah kakek nenek moyangnya adalah orang yang memiliki kedudukan terhormat akan tetapi dia sendiri mempunyai perangai yang buruk.

Baca : Mahfudzot tentang menjaga Lisan

ﺁﺩَﺍﺏُ ﺍﻟﻤَﺮْﺀِ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺫَﻫَﺒِﻪِ

Teks latin : aadabul mar’i khoirun min dzahabihi
Artinya : Adab seseorang lebih baik (lebih berharga) daripada emasnya.

Emas adalah salah satu logam mulia yang mahal, akan tetapi logam mulia yang mahal ini tidaklah bisa melebihi harga akhlak yang baik dari seseorang.

Sehingga adab baik seseorang itu lebih berharga daripada harta bendanya.

ﺧَﻴْﺮُ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﺃَﺣْﺴَﻨُﻬُﻢْ ﺧُﻠُﻘﺎً ﻭَﺃَﻧْﻔَﻌُﻬُﻢْ ﻟِﻠﻨَّﺎﺱِ

Tulisan arab : Khoirunnaasi ahsanuhum khuluqon wa anfa’uhum linnaasi
Artinya : Sebaik-baik manusia adalah yang terlebih baik budi pekertinya dan yang lebih bermanfaat bagi manusia.

Saking berharganya atau tingginya nilai budi pekerti maka yang disebut dengan sebaik manusia adalah yang lebih baik budi pekertinya, bukan berdasarkan banyaknya harta atau ketampanan wajah maupun pangkat derajat jabatan yang tinggi.

tulisan arab mahfudzot

ﺍﻟﺮِّﻓْﻖُ ﺑِﺎﻟﻀَّﻌِﻴْﻒِ ﻣِﻦْ ﺧُﻠُﻖِ ﺍﻟﺸَّﺮِﻳْﻒِ

Teks arab : arrifqu bidhdho’iifi min khuluqisy syariifi
Artinya dalam bahasa Indonesia : Berlemah lembut kepada orang yang lemah adalah akhlak orang mulia (terhormat).

Jika ada orang yang berlaku sopan dan lemah lembut kepada orang kaya atau memiliki kedudukan tinggi adalah wajar atau biasa.

Akan tetapi apabila ada orang yang tetap berlemah lembut dan berlaku baik kepada orang lemah miskin dan tanpa pangkat maka itulah sebenar benarnya akhlak yang mulia. Bukan kamuflase.

Baca : Mahfudzot tentang waktu

ﻟَﻴْﺲَ ﺍﻟﻴَﺘِﻴْﻢُ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻗَﺪْ ﻣَﺎﺕَ ﻭَﺍﻟِﺪُﻩُ ﺑَﻞِ ﺍﻟﻴَﺘِﻴْﻢُ ﻳَﺘِﻴْﻢُ ﺍﻟﻌِﻠْﻢِ ﻭَﺍﻷَﺩَﺏِ

artinya : Laisal yatiimulladzii qod maat waaliduhu balil yatiimu, yatiimul ‘ilmi wal adabi.
Bukanlah anak yatim itu yang telah meninggal orang tuanya, tetapi (sebenarnya) yatim itu adalah yatim ilmu dan budi pekerti.

Yang dimaksudkan orang yatim (tidak memiliki orang tua) bukanlah mereka yang telah meninggal orang tuanya, akan tetapi yatim dalam hal ilmu dan budi pekerti.

Yaitu keadaan orang yang dianggap yatim apabila dia tidak memiliki ilmu (bodoh/dungu) dan adab (perangai yang buruk).

ﻟَﻴْﺲَ ﺍﻟﺠَﻤَﺎﻝُ ﺑِﺄَﺛْﻮَﺍﺏٍ ﺗُﺰَﻳِّﻨُﻨُﺎ ﺇِﻥَّ ﺍﻟﺠَﻤَﺎﻝَ ﺟﻤَﺎَﻝُ ﺍﻟﻌِﻠْﻢِ ﻭَﺍﻷَﺩَﺏِ

Tulisan latin : Laisal jamiilu biatswaabin tuzayyinunaa, innal jamaal jamaalul ‘ilmi wal adabi.
Artinya : Bukanlah kecantikan itu karena pakaian yang menghiasi diri kita, akan tetapi kecantikan itu adalah kecantikan karena ilmu dan kesopanan.

Kecantikan hakiki seseorang bukanlah apa yang menghias padanya entah berupa pakaian maupun perhiasan, akan tetapi hiasan kecantikan seseorang yang sebenarnya berupa keilmuan dan adab budi pekertinya.

ﻛُﻞُّ ﺷَﻴْﺊٍ ﺇِﺫَﺍ ﻛَﺜُﺮَ ﺭَﺧُﺺَ ﺇِﻻَّ ﺍﻷَﺩَﺏَ

Lafal arab dalam latin : Kullu syaiin idzaa katshuro rokhusho illal adabi
Artinya : Segala sesuatu apabila banyak menjadi murah, kecuali budi pekerti.

Seperti dalam hukum ekonomi ada yang namanya supply dan demand, apabila ada terlalu banyak supply maka harga barang tersebut akan turun. Hal ini berlaku dalam segala hal, dengan pengecualian yaitu adab atau akhlak.

Semakin banyak budi pekerti dan akhlak mulia pada seseorang maka akan semakin berharga pula perangai baiknya.

Baca : Mahfudzot tentang pemuda

Nah itulah 7 mahfudzot tentang adab budi pekerti yang luhur akhlak karimah dimana memang hanya mahfudzot yang bisa dikatakan secara eksplisit menyebut adab dan akhlak saja yang dimasukkan.

Apabila dimasukkan juga berbagai mahfudzot tentang budi pekerti yang nyrempet nyrempet tentang adab tentunya akan banyak sekali tercantum disini.

Guna kemudahan maka kami membatasinya pada mahfudzot tentang akhlak mulia dan karimah yang bisa disebut secara jelas didalamnya terdapat kata adab ataupun akhlak perbuatan yang baik.

Demikian tulisan malam ini tentang mahfudzot kata kata mutiara bahasa arab tentang budi pekerti yang luhur yang dikenal dengan akhlakul karimah.

Wilujeng dalu, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

loading...

Silakan berkomentar