Do’a Pelantikan Sumpah Jabatan pada Instansi Institusi

Share

Do’a Pelantikan Sumpah Jabatan merupakan contoh teks doa dalam melantik dan mengambil sumpah jabatan pada lingkungan pemerintahan Pemda Pemerintah Kota Kabupaten Provinsi maupun masyarakat RT RW Kadus Kelurahan serta Desa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, wilujeng sonten para pejabat pegawai maupun aparat pemerintahan baik Desa Kelurahan Pemerintah Daerah dan juga pusat.

Salah satu hal yang lumrah dan lazim pada pemerintahan dan jabatan yaitu adanya mutasi promosi bagi pejabat yang menduduki kursi panas atau empuk.

Jika sudah ada SK pengangkatan atau mutasi maka akan ada upacara maupun kegiatan pelatikannya. Adapun tentu yang melantik adalah pejabat berwenang sesuai kewenangannya dalam undang undang atau peraturan.

do'a pelantikan sumpah jabatan

Lazimnya Indonesia, rangkaian ini ada penutupnya yaitu berupa doa.

Berikut ini adalah contoh teks doa pelantikan pengambilan sumpah Jabatan yang bisa anda copy paste alias kopas, kemudian silakan anda edit menyesuaikan dengan selera anda.

Jadi tidak perlu anda download, tinggal copas, beres dah.

Langsung saja berikut ini doa yang kami maksud.

DO’A DALAM RANGKA PELANTIKAN DAN SUMPAH JABATAN

Yaa Allah Yaa Rohman Ya Rahim, Wahai Zat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Dalam setiap kesempatan, kami senantiasa haturkan puji dan syukur kami ke hadirat-Mu, hanya kepada-Mu kami menyembah dan hanya pada-Mu kami mohon pertolongan.

Curahkan rahmat dan kasih sayang-Mu pada kami yang hadir di tempat ini.

Yaa Allah, Yaa Maalikal Mulki
Berkat ridlo-Mu lah pada hari ini telah terlaksana (Sebutkan acara kegiatan misalnya pelantikan camat lurah kasi atau ketua RT RW dan lain sebagainya pada lingkungan instansi atau masyarakat sampean).

Kami sadar bahwa jabatan adalah amanat dan titipan, yang pada saatnya akan Engkau ambil kembali.

Oleh karena itu berilah kekuatan pada para pejabat yang dilantik untuk dapat melaksanakan amanat tersebut dengan sebaik-baiknya, sehingga bermanfaat bagi kami semua keluarga besar … (sebutkan nama instansi, kantor, atau lingkungan pelantikan).

Yaa Allah, Yaa Qowiyyu Yaa Matiin
Berikan kepada kami kemampuan jiwa untuk mengemban tugas-tugas mulia, dan kekuatan iman untuk menghindari cobaan.

Limpahkan kepada kami hikmah kebijakan, untuk menutupi kekurangan dan membenahi kelemahan. Curahkan kepada kami hidayah kebenaran, agar terhindar dari kesesatan.

Yaa Allah, Yaa Haadii
Engkaulah Dzat Yang Maha Memberi Petunjuk, tunjukkanlah kepada kami yang benar itu benar dan berilah kami kemampuan untuk mengikutinya, serta tunjukkanlah kepada kami yang salah itu salah dan berilah kami kekuatan untuk menjauhinya.

Yaa Allah, Yaa Qodiir, Dzat Yang Maha Kuasa
Berilah kami keselamatan dan kesehatan, tambahkanlah kepada kami ilmu pengetahuan dan berkahilah rizqi yang Engkau berikan, berikanlah kami rahmat dan ampunan, serta akhirilah kehidupan kami dengan kebajikan.

Yaa Allah, Yaa Ghoffaar, Dzat Yang Maha Pengampun
Ampunilah dosa kami, dosa kedua orang tua kami, dosa para pemimpin dan pendahulu kami. Jadikanlah semua kegiatan dan aktivitas kami menjadi amal sholeh dan ibadah kepada-Mu.

Rangkuman Kesimpulan doa

Jika anda mencermati dan meresapi, inti doa pada teks ini adalah;

  • Ucapan syukur kepada Allah SWT Tuhan yang Esa.
  • Mohon ridho atas kegiatan upacara pelantikan
  • Meminta supaya para pejabat yang dilantik bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.
  • Mohon kekuatan mengemban tugas, mendapat hikmah, dan dihindarkan dari kesesatan.
  • Mohon petunjuk kebenaran dan mampu mengikutinya, mengetahui yang salah dan menjauhinya.
  • Meminta kesehatan, keselamatan, tambah ilmu dan barakah rizki
  • Meminta dan memohon ampunan atas dosa.

Demikianlah contoh teks doa dalam rangka pelantikan pengukuhan serta sumpah jabatan, selamat menjadi petugas doa, semoga lancar dan sukses, wassalaamu’alaikum.

Bonus KATA-KATA PENGUKUHAN SUMPAH

Setelah saudara mengangkat sumpah dan janji, selanjutnya saya selaku rohaniawan mengukuhkan sumpah saudara berdasarkan surat Al-Baqoroh ayat 224 yang berbunyi :

“Dan janganlah kamu jadikan (nama) Allah dalam sumpahmu sebagai penghalang untuk berbuat kebajikan, bertaqwa dan menciptakan kedamaian di antara manusia, Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Perlu saya ingatkan sekali lagi, bahwa sumpah yang saudara ucapkan di samping disaksikan oleh hadirin dan undangan, yang perlu disadari, bahwa sumpah yang saudara ucapkan juga di saksikan oleh Allah SWT.

Semoga Saudara senantiasa memperoleh perlindungan Allah SWT dalam melaksanakan tugas dan amanat yang di bebankan kepada saudara, amin.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *