Contoh Proposal Bantuan BOP Pondok Pesantren 2021

Share

Contoh Proposal Bantuan BOP Pondok Pesantren download format doc ms word kepada Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2021 untuk mengajukan dana bagi ponpes.

pontren.com – assalaamu’alaikum, sebelum anda mengunduh file yang kami unggah, ada baiknya njenengan membaca secara cermat langkah demi langkah serta fakta dan data dalam contoh proposal bantuan Operasional Pendidikan Pondok Pesantren ini.

Ukuran Kertas, yang pertama mengenai format ukuran dalam mengajukan proposal.

Sampean tentu mengerti bahwa pengajuan Proposal BOP Pesantren secara online dengan mengunggah atau upload berkas scan yang anda ajukan.

Mengingat sangat sedikitnya scanner atau pemindai dengan ukuran us folio alias F4, maka kami membuat page layout ukuran dengan model kuarto atau dalam kertas A4.

bantuan BOP pondok pesantren

Selanjutnya adalah kelayakan syarat pesantren anda untuk mengajukan bantuan.

Dalam ketentuan pada surat edaran, ada 5 syarat yang harus lembaga penuhi.

Adapun secara singkat kelima syaratnya adalah;

  1. Pesantren yang masih aktif;
  2. Terdaftar pada Kemenag (no statistik dan Piagam);
  3. Rekomendasi Kemenag (kankemenag atau Kanwil)
  4. Pesantren memiliki NPWP
  5. Rekening aktif milik pesantren.

Untuk lebih detil mengenai syarat pesantren yang layak mendapatkan bantuan bisa anda simak pada artikel dengan judul Syarat Cara Mengajukan Bantuan BOP Pondok Pesantren 2021.

Jika lembaga pesantren sampean memiliki kelima persyaratan ini, anda dapat melanjutkan membaca tulisan ini, jika belum, silakan lengkapi lebih dahulu kelima persyaratannya.

Membuat Pengantar surat permohonan Bantuan

Langkah awal atau lembar pertama setelah cover yaitu surat pengantar kepada pihak pemberi bantuan.

Selanjutnya anda membuat kalimat permohonan singkat kemudian memberikan informasi lampiran dalam proposal sebagai pertimbangannya.

Tentunya lampiran dalam pertimbangan setidaknya adalah;

  • Jadwal kegiatan pesantren;
  • Piagam Statistik Pesantren;
  • Rekomendasi Pejabat yang berwenang;
  • Fotokopi NPWP Pesantren
  • Fotocopy rekening aktif atas nama Pondok.

Secara teknis pada edaran lima hal ini syaratnya, namun biasanya dalam pengajuan semestinya ada Rencana Anggaran Biaya alias RAB, sebaiknya anda cantumkan pula profil pondok pesantren anda, beserta susunan pengurusnya.

Tenang saja, kami sudah membuatkan contohnya meskipun tidak harus anda ikuti seperti itu formatnya, terserah sampean saja.

Membuat Jadwal Kegiatan Pesantren

Pada syarat pertama yaitu pesantren masih aktif, buktinya adalah jadwal kegiatan kepesantrenan.

Yaitu aktivitas sehari-hari santri dalam kegiatan kepondokan mulai bangun tidur sampai dengan tidur lagi.

Tentu jadwal kegiatan ini detil beserta jam dan keterangan kegiatannya.

Pada contoh proposal kami ambilkan kegiatan mulai subuh sampai malam hari berasal dari pesantren modern, bagi pondok tradisional salafiyah tinggal melakukan ubahan kegiatan ekstrakurikuler dengan baca kitab atau sorogan bandongan.

Yang jelas anda susun aja jadwalnya sebagaimana kegiatan pondok pesantren sampean.

Terdaftar pada Kemenag

Bingkai PSP PIagam Statistik Pesantren
ornamen bingkai piagam statistik pesantren

Nah ini yang mungkin agak ribet karena ada peralihan SK Dirjen mengenai tanda daftar keberdaan pondok pesantren.

Dalam edaran menyebutkan dua hal pokok mengenai terdaftarnya pesantren pada Kemenag, yang pertama ada pada data emis beserta statistiknya, kemudian Piagam Statistik Pesantren lembaga sampean.

Silakan anda copy PSP (Piagam Statistik Pesantren) kemudian taruh dan lampirkan pada proposal sampean.

Rekomendasi dari Kemenag proposal bantuan BOP pesantren

Bantuan BOP Pondok pesantren memerlukan rekomendasi, ada pilihan, tidak harus keduanya ya, bisa rekomendasi Kabupaten atau Kota (Kantor Kemenag) atau rekomendasi dari Kakanwil (Provinsi).

Pilih salah satunya saja rekomendasi yang hendak sampean lampirkan.

Dalam mendapatkan rekomendasi ini tentu sampean membuat permohonan kepada Kepala untuk merekomendasikan pondok anda supaya mendapatkan bantuan BOP Pondok Pesantren.

Tujukan surat ini kepada penanda tangan rekomendasi, bisa Kakanwil atau Kankemenag.

Kami membuat contoh pengajuan rekomendasi yang include pada contoh proposal.

Perkara bentuknya rekomendasi seperti apa, tidak ada acuannya, bisa saja beda kepala berbeda redaksi dan susunan kalimat.

Mengacu kepada edaran, isian pokok dalam surat rekomendasi yaitu menyatakan keberadaan, keaktifan, dan kelayakan pondok pesantren sebagai pemohon bantuan.

NPWP dan Rekening Aktif

buku tabungan BRI coklat biru
gambar buku rekening bank

Apabila merujuk pada surat yang beredar, maksudnya rekening dan NPWP adalah milik lembaga.

Yaitu NPWP Pondok Pesantren beserta nomor Rekening Bank yang masih aktif juga atas nama pesantren, bukan lembaga atau yayasan, apalagi milik atas nama perorangan, misalnya nomor rekeningnya mbah Kyai.

Selanjutnya lampirkan buku rekening ini dan scan secara sempurna, dalam artian jelas nama lembaga dan nomor angka rekeningnya.

Sekedar saran, jika scan atau fotocopy kurang jelas, anda bisa menuliskan dengan rapi sebagai pendamping rekening saat dibaca oleh orang yang nggarap bantuan Kemenag RI.

Jangan lupa perlakukan seperti itu juga untuk Nomor Pokok Wajib Pajak Pesantren yang anda ajukan untuk mendapatkan bantuan BOP Ponpes.

RAB Bantuan, Profil Pesantren dan Susunan Pengurus proposal bantuan BOP pesantren

Pada ketentuan, pada syarat proposal tidak mencantumkan ketiga lampiran ini, akan tetapi lazimnya dalam mengajukan bantuan BOP salah satu komponennya yaitu Rencana Anggaran Biaya.

Susunlah jumlah anggaran berdasarkan alokasi bantuan (kali ini adalah 19 juta rupiah).

Selanjutnya buatlah rancangan anggaran biaya mengacu kepada peruntukan bantuan beserta komponen yang boleh pembiayaannya melalui BOP.

Lebih lanjut apa saja peruntukannya silakan sampean cermati pada artikel : Penggunaan Dana Bantuan BOP Pondok Pesantren 2021.

Jangan sampai keluar dari Pakem. Apalagi buat beli mobil atau motor untuk perorangan.

Oh iya, saya mencoba membuat reng-rengan anggarannya berdasarkan BOP salah satu pesantren yang top di Karanganyar, bisa menjadi acuan sampean untuk menyusun RAB ini.

Sebagai pelengkap proposal, ada baiknya anda tambahkan pula profil pondok pesantren sampean lengkap dengan susunan pengurus.

Tentu susunan pengurusnya sebagaimana kepengurusan pesantren anda yang sedang aktif.

Download Contoh proposal bantuan BOP pesantren

Sebagai pertimbangan membuat proposal pantuan BOP Pondok Pesantren, kami lampirkan contoh dalam format doc mos word bisa edit yang bisa anda download.

Sekedar permohonan, jika anda mengunduhnya mohon untuk tinggalkan jejak dan pendapat sampean mengenai contoh proposal yang kami unggah ini pada kolom komentar.

Sekaligus sebagai admin memantau apakah proposal ini ada yang mengunduhnya atau tidak.

Sebelum sampean mengunduhnya, kami tampilkan berkas dalam penampakan preloved sebagaimana berikut ini;

Anda bebas untuk mengedit, mengubah, menambah, mengurangi maupun sama sekali mengabaikan contoh yang kami unggah, itu hak prerogatif anda.

Sebaiknya anda cermati pula untuk banyak mengganti kata pontren pada proposal ini menyesuaikan dengan nama lembaga anda.

Jangan sampai nanti proposal anda nyelonong sampai jakarta tetapi masih banyak keliru dan bertabur nama pesantren lain pada proposal anda.

Ada kendala mengunduh kami lampirkan tautan pengunduhannya;
Download proposal BOP Ponpes

Jika mengalami kendala mengunduhnya, silakan segera menghubungi admin, secara teknis kami membuatnya supaya mudah dalam unduh gratis free download guna pengajuan bantuan BOP ini ke Kemenag Jakarta melalui online.

Semoga bermanfaat, tambah maju lembaga yang anda kelola, akhirnya salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

37 tanggapan pada “Contoh Proposal Bantuan BOP Pondok Pesantren 2021”

  1. Pingback: Bantuan Pondok Pesantren 2021 dari Kemenag lifeskill, perbatasan, BOP

    1. alhamdulillah, selamat mengajukan, jangan lupa silakan diganti nama ponpes beserta alamat dan menyesuaikan RAB dengan peruntukannya, dan yg utama dalam penggunaannya supaya tidak keluar dalam rel juknis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *