barang siapa yang memudahkan urusan orang lain

Barang Siapa yang Memudahkan Urusan Orang Lain & Balasannya

Share

Barang Siapa yang Memudahkan Urusan Orang Lain Allah akan memudahkannya berdasarkan hadits riwayat Abu Hurairah lengkap dengan matan teks tulisan Arab dan latin. Merupakah hadits Arba’in Nawawi ke – 36.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, dalam ajaran agama Islam khususnya anda akan mendapatkan ajaran untuk memudahkan urusan orang lain.

Dalam memudahkan urusan orang lain ini bisa dengan cara menghilangkan kesusahan yang melanda orang muslim saat berada di dunia yang fana ini.

Memberikan kemudahan orang yang dalam kesulitan (hutang), juga menutupi aib saudaranya sesama muslim.

Dalam menolong dan memudahkan urusan orang lain ini ada ganjaran bagi orang yang melakukannya.

Ganjaran Pahala Barang Siapa yang Memudahkan Urusan Orang Lain

Sebagaimana dalam hadits ke – 36 pada kitab Arbain Nawawi.

Apa saja bentuknya pahala balasan atau ganjaran bagi orang yang memudahkan orang lain (Barang Siapa yang Memudahkan Urusan Orang Lain)?

Berikut kami buat bagan perbuatan dan pahalanya yang kami ambil berdasarkan hadits.

PerbuatanPahala/Balasan
menghilangkan kesusahan dari kesusahan-kesusahan dunia orang mukminAllah akan menghilangkan kesusahan dari kesusahan-kesusahan hari kiamat
memberi kemudahan orang yang kesulitan (utang)Allah akan memberi kemudahan baginya di dunia dan akhirat
menutup aib seorang muslimAllah akan menutup aibnya di dunia dan di akhirat
menolong saudaranyaAllah akan menolongnya sebagaimana ia menolong saudaranya
menempuh perjalanan dalam rangka menuntut ilmuAllah akan mudahkan baginya jalan menuju surga

perbuatan dan ganjaran menolong orang lain ini mengacu kepada hadits berkenaan memberikan kemudahan orang-orang yang dalam kadaan kesusahan saat didunia.

Hadits berkaitan dengan Memudahkan Urusan Orang

Berikut ini merupakan teks hadits dalam tulisan arab lengkap dengan artinya berkenaan dengan memudahkan urusan orang lain, menolong saudaranya serta perbuatan lainnya dan ganjaran yang akan diterimanya.

Langsung saja inilah Hadits Al-Arbain An-Nawawiyah nomor 36

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: «مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا، نَفَّسَ اللهُ عَنهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ القِيَامَةِ. وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ، يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ. وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِماً سَتَرَهُ اللهُ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ. وَاللهُ في عَوْنِ العَبْدِ مَا كَانَ العَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيْهِ.
وَمَنْ سَلَكَ طَرِيْقاً يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْماً سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقاً إِلَى الجَنَّةِ.
وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوْتِ اللهِ يَتْلُوْنَ كِتَابَ اللهِ وَيَتَدَارَسُوْنَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ، وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ، وَحَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ، وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيْمَنْ عِنْدَهُ، وَمَنْ بَطَّأَ بِهِ عَمَلُهُ لَمْ يُسْرِعْ بهِ نَسَبُهُ» رَوَاهُ مُسْلِمٌ بِهَذَا اللَّفْظِ.

Arti dan Terjemah Hadits dalam Bahasa Indonesia

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menghilangkan kesusahan dari kesusahan-kesusahan dunia orang mukmin, maka Allah akan menghilangkan kesusahan dari kesusahan-kesusahan hari kiamat.

Barangsiapa yang memberi kemudahan orang yang kesulitan (utang), maka Allah akan memberi kemudahan baginya di dunia dan akhirat.

Siapa yang menutup aib seorang muslim, maka Allah akan menutup aibnya di dunia dan di akhirat.

Siapa saja yang menolong saudaranya, maka Allah akan menolongnya sebagaimana ia menolong saudaranya.

Barangsiapa yang menempuh perjalanan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.

Tidaklah berkumpul sekelompok orang di salah satu rumah Allah (masjid) untuk membaca Kitabullah dan saling mempelajarinya di antara mereka, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, rahmat meliputinya, para malaikat mengelilinginya, dan Allah menyanjung namanya kepada Malaikat yang ada di sisi-Nya.

Barangsiapa yang lambat amalnya, maka tidak akan bisa dikejar oleh nasabnya (garis keturunannya yang mulia).” (HR. Muslim dengan lafal ini) [HR. Muslim, no. 2699]

Demikian informasi kali ini, semoga menambah keimanan dan ketenangan serta keikhlasan dalam menolong saudara dan memudahkan urusan orang lain.

Wilujeng dalu, selamat malam akhirul kalaam wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Sumber :

https://rumaysho.com/24055-hadits-arbain-36-rajin-menolong-ringan-tangan.html
https://www.smpitassalamcurug.sch.id/berita/107497/mudahkanlah-urusan-orang-lain


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.