tulisan ustadz yang benar

Tulisan ustadz yang benar, ustadzah secara EYD beserta teks arab

Share

Tulisan ustadz ustadzah yang benar secara eyd dan tulisannya dalam teks bahasa arab lengkap dengan syakal beserta penjelasannya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, dalam penulisan guru TPQ atau pengajar pada pondok pesantren biasanya dengan menggunakan teks ustadz atau ustadzah.

Itu merupakan kebiasaan yang familier pada bahasa tulisan baik pada proposal maupun undangan dan surat menyurat latin.

Tulisan Ustadz yang Benar secara Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)

Akan tetapi perlu anda ketahui bahwasanya tulisan ustdaz yang benar sesuai dengan Ejaan yang disempurnakan EYD, cara menulis yang benar adalah ustaz (tanpa huruf d sebelum z).

Jadi secara teknis cara menulisnya yang benar yaitu dengan kata”ustaz” bukan “ustadz” jika mengacu kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Secara arti ustadz (yang benar cara menulisnya adalah ustaz) artinya adalah guru agama atau guru besar (laki-laki); tuan (sebutan atau sapaan).

Sama seperti ustadzah, cara menulis yang benar ustadzah sesuai dengan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia dengan kata “ustazah” alias tanpa huruf d sebelum huruf z.

Adapun artinya ustadzah dalam KBBI adalah ustaz perempuan.

Nah sekarang sudah tahu bagaimana tulisan yang benar untuk ustadz yaitu ustaz.

Sedankan untuk tulisan ustadzah yang benar adalah dengan menghilangkan huruf d sebelum z menjadi “ustazah”.

Tulisan ustadz ustadzah dalam bahasa arab dan artinya

arti ustadzatun ibu guru

Kata ustaz berasal dari bahasa arab dalam pengambilannya dalam bahasa Indonesia, termasuk juga ustazah, bagaimana cara menulisnya dengan huruf hijaiyah arab?

Langsung saja berikut tulisannya dalam bagan beserta cara penulisan yang benar sesuai dengan Ejaan yang disempurnakan (EYD).

ArabLatinEYDArtinya
أُسْتَاذٌUstaazunUstazGuru laki-laki
أٌسْتَاذَةٌustaazatunustazahGuru perempuan

Secara ilmu bahasa arab yang lebih mendalam, apabila merujuk kepada kitab al mu’jam al wasiith maka kata ustadz dalam bahasa arab mempunyai beberapa pengertian yaitu;

  • Pengajar/guru;
  • Orang yang ahli pada bidang tertentu dan mengajarkan kepada orang lain;
  • Sebutan atau julukan untuk akademis tingkat tinggi pada kampus perguruan tinggi/universitas.

Sebenarnya ustadz bukanlah kata murni asal arab, akan tetapi merupakan serapan kata ‘ajam (non arab).

Menurut Dr. Ali Jasim Salman bahwa kata ustadz berasal dari bahasa Persia Klasik.

Dalam tulisan aslinya ditulis istadz. Artinya mendekati kata khwaja, yang arti dalam bahasa Persi (ira0 memiliki makna pengajar, tuan atau orang tua.

Adapun arti ustadz atau ustaz di Indonesia mempunyai arti orang yang memiliki pengetahuan agama Islam, sikap perilaku dan pakaian layaknya orang alim, tidak membedakan sedikit banyak ilmu yang dimilikinya.

Sedangkan ustazah secara arti bahasa Indonesia dan masyarakat mengartikan adalah seorang ustaz perempuan.

Ustadz juga bermakna Guru Perempuan

Dalam bahasa arab kata ustadz juga memiliki arti guru perempuan

Dalam menulis arti kata ustadz ustadzah ini saya banyak browsing supaya mendapatkan akurasi tulisan yang tinggi.

Pada artikel pelangiblog menyebutkan bahwa kata ustadz juga bisa untuk wanita atau perempuan, jika tidak diketahui apakah guru itu laki atau perempuan.

Misalnya dalam mendoakan guru kita, gurunya guru kami. sedangkan ustadzah khusus untuk perempuan. (sumber : Arti Kata “Ustadz”, “Ustadzah”, “Asatidz” dan “Asatidzah”)

Pada artikel situs alkhoirot net menyebutkan bahwa kata ustadz tidak ada bentuk muanntas karena kata ini bukan sifat. Jadi secara arti, kata ustadz bisa untuk laki laki dan perempuan. Sumber : Ustadz Definisi dan Asal Mula Kata

nah demikian informasi mengenai arti dan makna ustadz ustadzah beserta artinya cara menulisnya yang benar secara EYD dan Bahasa Arab. Wilujeng siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.