La Taghdob walakal Jannah Tulisan Arab dan Artinya


Informasi tentang tulisan teks arab la taghdob wa lakal jannah lengkap dengan arti dan terjemahnya dalam bahasa Indonesia serta keterangan mengenai hadits riwayat dari siapa dan terdapat dalam kitab apa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng enjang semuanya kaum mukminin wal mukminat, muslimin wal muslimat di seantero jagad raya dan dunia maya, tanpa basa basi mari kita melihat tulisan arab dari matan hadits yang berbunyi la taghdab wa lakal jannah.

Berikut tulisan arabnya

La taghdab wa lakal jannah Arab

Dalam tulisan arab ini dibuatkan 2 versi yaitu model tulisan arab gundul dan versinya yang kedua dilengkapi dengan harakat syakal untuk memudahkan membaca.

Satu lagi, sampean bisa copy paste dan ditaruh dalam format word maupun blog yang anda kelola.

Langsung saja, here they are tulisan versi pertama la taghdob wa lakal jannah arab gundul

لا تغضب ولك الجنّة

Sedangkan tulisan la taghdob walakal jannah yang ada syakal harakatnya sebagaimana dibawah ini;

لَا تَغْضَبْ وَ لَكَ الْجَنَّةُ

Nah seperti itulah apabila ditulis dalam huruf hijaiyah lengkap syakalnya.

Sebenarnya cara penulisan latin yang tepat adalah kata wa dengan jannah dipisah karena ini merupakan 2 buah kata. Wa artinya “dan”, sedangkan jannah artinya adalah “surga”.

Sehingga menurut saya, apabila ditulis dalam teks latin maka akan lebih tepat apabila memakai “laa taghdob wa lakal jannah”. Pada kata laa (awal kalimat) diberi dua buah huruf “a” sebagai indikasi dibaca panjang.

Arti la taghdob walakal jannah لا تغضب و لك الجنة

la taghdab walakal jannah arab

Apakah arti la taghdob wa lakal jannah? Saya kira sudah banyak yang tahu artinya لا تغضب و لك الجنة.

Arti dari laa taghdob wa lakal jannah adalah “jangan marah dan bagimu surga”.

Dalam salah satu penjelasan singkat, maksudnya adalah apabila engkau mampu menahan amarahmu maka kamu akan mendapatkan untukmu surga.

Menurut Muhammad Abduh Tuasikal, 2 hal makna “Jangan marah”.

Yang pertama yaitu menahan diri ketika ada sebab yang membuat kita marah, sampai kita tidak marah.

Sedangkan yang kedua adalah jangan sampai melakukan kelanjutan dari marah.

La Taghdob walakal jannah hadits riwayat

Berikut adalah sanad dan matan hadits tentang laa taghdob wa lakal jannah bersumber dari Mujam Thabarani Awsath jilid 7 halaman 277

وعن إبراهيم بن أبي عبلة قال سمعت أم الدرداء تحدث عن أبي الدرداء قال قلت ( يا رسول الله دلني على عمل يدخلني الجنة قال لا تغضب و لك الجنة

Artinya : Dari ibrahim Ibnu ‘Abala berkata: aku mendengar Ummu Darda bercerita tentang Abu Darda mengatakan,”Aku berkata” ya Rasulallah, tunjukkanlah kepadaku amal yang memasukkanku ke surga, Rasulullah SAW pun bersabda : “لا تغضب و لك الجنة” Janganlah engkau marah, dan (karena jika engkau mampu menahan amarahmu) maka bagimu surga”.

Nah begitulah informasi tentang teks tulisan arab laa taghdab walakal jannah in arabic text writing beserta hadits riwayat dari Ibrahim bin Abi Abla berkenaan dengan “janganlah marah dan bagimu surga”.

Hadits ini biasa menjadi hafalan yang mudah untuk anak-anak murid PAUD dan TK, serta sebenarnya cocok bagi orang tuanya bahkan kakek neneknya.

Intinya menahan dari amarah cocok untuk semua kalangan baik dari anak anak remaja pemuda dewasa maupun yang sudah senior (mau bilang tua kok sungkan).

Wilujeng enjang, selamat pagi, selamat beraktivitas, wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: