Surat Pemberitahuan Biaya Masuk TPQ Murid Baru


pemberitahuan biaya masuk santri baru TPQ

Download contoh surat untuk orang tua wali santri calon murid baru pada lembaga pendidikan al-Qur’an tentang komponen biaya yang harus dibayarkan pada saat melakukan pendaftaran ulang atau masuk pertama menjadi siswa pada TPA.

pontren.com – ada banyak bertebaran file baik berupa gambar jpeg maupun format PDf bahkan dalam bentuk doc ms word tentang contoh contoh surat yang ditujukan kepada orang tua atau wali murid pada sekolahan dan madrasah.

Sedangkan contoh surat pemberitahuan yang khusus biaya uang masuk bagi santri baru TPQ relatif tidak sebanyak contohnya sebagaimana peruntukan Sekolah umum maupun madrasah formal.

Sebenarnya untuk kalimat yang dipergunakan dalam pemberitahuan ini relatif sama saja alias mirip mirip lha wong sama sama surat pemberitahuan biaya untuk santri atau murid baru, tinggal disesuaikan lembaganya saja jika ambil dari contoh sekolah atau madrasah diubah menjadi TPQ.

Seandainya mendapatkan contoh dari pendidikan umum, hanya perlu menambahkan polesan yang lebih islami dalam surat semisal salam pada pembukaan dan penutupan surat ditambahkan tahmid dan salawat sebagai kalimat pembuka.

Komponen Biaya Santri Baru TPQ (yang lazim)

Apa saja sih yang lazim ada dalam komponen biaya untuk santri Baru TPQ?

Sebenarnya sepanjang yang saya tahu untuk TPQ di kampung atau masih model tukang cukur (semua dikerjakan oleh satu atau dua orang saja) kadang tidak terlalu menggubris administrasi.

Dilain pihak, TPA yang sudah mulai nampak kemajuan bidang administrasi dan imbasnya dalam pelayanan KBM akan meningkat pula kualitas tata persuratannya.

Dampaknya apabila ada pemberitahuan resmi tentang pembiayaan TPQ bisa menaikkan citra Lembaga yang dikelola secara lebih baik.

Komponen biaya bagi santri baru lazimnya dalah sebagai berikut;

  • Uang pangkal
  • Buku iqra dan modul pembelajaran
  • Uang SPP bulan Juli
  • Seragam

Bahkan adapula lembaga yang bersyukur ada anak yang mau belajar di TPQ tanpa menghiraukan bagaimana biaya SPP dan lain lain, lha wong gratisan sekolahe TPQ, bener ga? Anda pernah mengalami?

Baiklah, berikut adalah hasil olahan dari berbagai contoh surat yang kemudian diadaptasi oleh admin pontren yang dapat anda jadikan pertimbangan dalam pemberitahuan biaya uang masuk santri baru pada TPQ.

Contoh kalimat dalam surat pemberitahuan biaya santri Baru TPQ

Insentif Guru TPQ
Ustadzah TPQ (ilustrasi)

Yang pertama paling atas adalah kop lembaga baik yayasan maupun nama TPQ, pastinya sampean sudah punya master dari kop ini,

Kemudian hal lampiran dan lain sebagainya.

Lanjut dengan ditujukan kepada orang tua atau wali santri,

Dibawahnya salam pembuka, tahmid serta salam, kemudian tulisan berdasarkan hasil rapat pengurus TPQ dengan komite TPQ (jika ada), kalau tidak ada ya silakan dihilangkan.

Kemudian dibawahnya pemberitahuan komponen dan biaya nya dan dibawah adalah jumlah biaya yang perlu dibayar oleh wali atau orang tua santri.

Daripada bingung, berikut contoh kongkritnya.

KOP LEMBAGA

Nomor : 01/KU/TPQ.vina.lia/VII/2021
Sifat : Penting
Lampiran : –
Perihal : Pemberitahuan biaya santri baru

Kepada Bapak/Ibu/Wali santri ………
Ditempat

Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Segala Puji bagi Allah SWT atas segala nikmat rahmat dan hidayahnya kepada kita, sholawat serta salam kepada Nabi Muhammad saw. serta keluarga, sahabat dan pengikutnya.

Bersama ini kami beritahukan bahwa berdasarkan kesepakatan dalam rapat pengurus TPQ al Hidayah dengan Komite TPQ al_Hidayah pada tanggal 1 Juli tahun 2021 bahwasanya untuk biaya masuk santri baru TPQ tahun pelajaran 2021/2022 adalah sebesar Rp. 110.000,- (seratus sepuluh ribu rupiah).

Adapun rincian biaya dimaksud adalah sebagai berikut;

Biaya Pendaftaran dan Uang Pangkal Rp. 25.000,-
Buku Iqra dan Modul Rp. 20.000,-
Seragam Rp. 60.000,-
SPP Bulan Juli Rp. 5.000,-
Jumlah Rp. 110.000,-

Demikian pemberitahuan kami sampaikan, atas kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Wonosobo, 2 Juli 2021

Kepala,

Vinalia Putri

NB : Pembayaran dapat dilakukan bersamaan saat masuk hari pertama pada tanggal 15 Juli tahun 2021

Anda dapat melakukan modifikasi ataupun komparasi dari contoh yang kami kemukakan, caranya melihat lihat di internet sebagai perbandingan dan diambil mana yang terbaik untuk lembaga anda.

Atau sampean dapat mencontoh langsung, maupun ubahan modifikasi, bahkan mengabaikannya krena memang dari kemenag tidak ada contoh baku mengenai tata persuratan ini untuk TPQ.

Download contoh pemberitahuan biaya santri Baru TPA

Yang akan dikemukakan sebagai contoh dibawah ini dibuat dalam format doc ms word dengan tujuan memudahkan para pengelola TPA seantero jagad ini dalam hal kemudahan editing perubahan kalimat atau penambahan kop untuk penghematan pikiran menuangkan kata.

Sebelum mengunduhnya, sampean dapat melihat tampilan file yang kami simpan secara online yang dapat di unduh gratis free download sebagaimana dibawah ini.

Tambahan informasi, pembuatan file pemberitahuan biaya santri baru TPQ menggunakan program ms word office tahun 2007, sehingga apabila njenengan memakai seri yang berbeda bisa jadi ada perubahan formatnya.

Anda dapat mengunduhnya secara langsung dari tampilan preloved diatas.

Apabila ada kendala kami lampirkan tautan nya dibawah ini.

Download : Surat Pemberitahuan Biaya Masuk TPQ

Itulah yang dapat kami lakukan kali ini dalam hal kelengkapan administrasi lembaga TPQ, mungkin anda memiliki saran atau usul keperluan contoh administrasi yang belum ada, mumpung saya masih ada beberapa relawan yang berkenan berbagi pikiran.

Silakan disampaikan pada kolom komentar yang ada dibawah, apapun itu insyallah akan kami respon.

Selamat beribadah dan berkarya dalam turut serta mensukseskan pemberantasan buta huruf hijaiyah di lingkungan anda.
Wilujeng siang,
Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: