Innal Hamda Lillah Nahmaduhu wa Nasta’inuhu Arab

tulisan arab innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta'inuhu

tulisan innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuhu arab dalam versi lengkap berhakarat dan syakal serta harakat juga disertakan model arab gundul dan tulisan latin guna memudahkan dalam membaca bagi yang hendak khutbah jum’ah atau tugas membuat pidato termasuk lomba dan prakteknya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, kalimat innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuhu biasanya berada atau diucapkan setelah salam sebagai muqaddimah atau pembuka dalam pidato, kata sambutan, teks perlombaan berpidato bahasa Arab Indonesia, dan lain sebagainya.

Ada yang lebih menyukai menulis muqaddimah bahasa arab innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuhu dan seterusnya ini dengan huruf latin, adapula yang harus ditulis dalam huruf awal, misalnya persyaratan lomba atau praktek pidato pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

Bagaimanakah tulisan arab innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuhu dan seterusnya ini?
Berikut cara penulisannya.

Tulisan Arab innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuhu berharakat dan gundul

Langsung saja, berikut adalah tulisan huruf hijaiyah atau teks arab untuk kalimat innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuhu sampai dengan akhir yang dapat di copy paste pada computer ataupun laptop, atau bisa anda salin dengan tulisan tangan.

Biasanya tulisan ini diikuti dengan kata kata tertentu kemudian dilanjutkan syahadatain, persaksian ke-Esa-an Allah dan bahwasanya Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.

Dalam versi arab berharakat adalah sebagai berikut;

ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪَ ﻟِﻠﻪِ ﻧَﺤْﻤَﺪُﻩُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻌِﻴْﻨُﻪُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻐْﻔِﺮُﻩْ ﻭَﻧَﻌُﻮﺫُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻣِﻦْ ﺷُﺮُﻭْﺭِ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻨَﺎ ﻭَﻣِﻦْ ﺳَﻴِّﺌَﺎﺕِ ﺃَﻋْﻤَﺎﻟِﻨَﺎ، ﻣَﻦْ ﻳَﻬْﺪِﻩِ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓَﻼَ ﻣُﻀِﻞَّ ﻟَﻪُ ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﻀْﻠِﻞْ ﻓَﻼَ ﻫَﺎﺩِﻱَ ﻟَﻪُ. ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪ ﻭَﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﻋَﺒْﺪُﻩُ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟُﻪُ

Sedangkan dalam bentuk model arab gundul adalah sebagai berikut;

ﺇﻥَّ ﺍﻟْﺤﻤْﺪ ﻟﻠﻪ ﻧﺤْﻤﺪﻩ ﻭﻧﺴﺘﻌﻴﻨﻪ ﻭﻧﺴﺘﻐﻔﺮﻩ ﻭﻧﻌﻮﺫ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻣﻦ ﺷﺮﻭﺭ ﺃﻧﻔﺴﻨﺎ ﻭﻣﻦ ﺳﻴﺌﺎﺕ ﺃﻋْﻤﺎﻟﻨﺎ، ﻣﻦ ﻳﻬﺪﻩ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻼ ﻣﻀﻞَّ ﻟﻪ ﻭﻣﻦ ﻳﻀﻠﻞ ﻓﻼ ﻫﺎﺩﻱ ﻟﻪ. ﺃﺷﻬﺪ ﺃﻥَّ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻّ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺃﺷﻬﺪ ﺃﻥَّ ﻣﺤﻤَّﺪﺍ ﻋﺒﺪﻩ ﻭﺭﺳﻮﻟﻪ

Latin : innal hamda lillaah nahmaduhu wa nasta’iinuhu wa na’uudzu billahi min suruuri anfusinaa wa min sayyiaati a’maalinaa man yahdihillaahu falaa mudhilla lah, wa man yudhlilhu falaa haadiya lah. Asyhadu allaa ilaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rosuuluh.

Arti terjemah dalam bahasa Indonesia : Segala puji bagi Allah yang hanya kepada-Nya kami memuji, memohon pertolongan, dan mohon keampunan.
Kami berlindung kepadaNya dari kekejian diri dan kejahatan amalan kami. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka tidak ada yang dapat menyesatkan, dan barang siapa yang tersesat dari jalanNya maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk. Dan aku bersaksi bahwa tiada sembahan yang berhak disembah melainkan Allah saja, yang tiada sekutu bagiNya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hambaNya dan RasulNya.

Lanjutan kalimat innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’iinuhu dalam khotbah jum’ah

Dalam pelaksanaan khutbah jum’at, muqaddimah pada khutbah pertama diatas bisanya diikuti dengan untaian kata sebagai berikut;

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا أَمَّا بَعْدُ

Kemudian dilanjut dengan materi khutbah, bisa Bahasa Indonesia atau bahasa Daerah, Bahasa Jawa misalnya.

Kemudian pada khutbah kedua, salah satu kelanjutan kalimat innal hamda dan seterusnya adalah;

وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ. أَمَّا بَعْدُ؛

Demikianlah informasi tulisan arab innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuhu beserta arti terjemah dalam bahasa Indonesia, wilujeng enjang, selamat pagi. Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar