papan-nama-kedai-kayu-manis-tasikmadu

Coba makan Sop Tengkleng Kambing di Kedai Kayu Manis Tasikmadu

Pengalaman makan siang agak sore (kisaran setengah tiga) di Kedai Kayu Manis Tasikmadu (bangjo Tasikmadu ke utara beberapa ratus meter) dengan menu sop tengkleng. Kalau dalam google map ada unsur gapura papahan nya di lokasi titik alamat penunjuk.

pontren.com – assalamu’alaikum pakde bude, sedang kerja disambi buat tulisan tau tau jam sudah menunjukkan jam 14.00 lebih beberapa menit. Pantas saja perut sudah keroncongan.

loading...

Baca;
Nyoba Nyate Pak Manto di Wonolopo Tasikmadu;
Makan siang Nasi Rawon RM Mbak Sugiharti Moyoretno Matesih;
menikmati nasi padang di RM Padang Murah Harga Pelajar Timur Pegadaian Karanganyar

Ya wis lah jalan menelusuri aspal yang ada di Karanganyar sampai dengan daerah Sondokoro Tasikmadu, jalan lagi sampe hampir bangjo tasikmadu, koq ga nyantol sesuatu yang menarik.

Putar balik hampir saja menuju ke ayam geprek apalah yang ada disamping sebelah barat jalan antara papahan sondokoro ini.

kedai-kayu-manis-tasikmadu-karanganyar
Kedai Kayu Manis sebelah Utara Gapura Papahan Tasikmadu

Sebelum mencapai lokasi malah sekilas melihat ada warung atau rumah makan baru (sepertinya). Disitu tertera beberapa macam menu yang familiar dan agak asing. Lha koq isoh? Nanti silakan lihat saja di daftar menu.

Daftar Menu dan Harga Kedai Kayu Manis Tasikmadu

Nah ini yang saya maksud dengan menu yang familiar biasa kita lihat tapi ada unsur asing alias kurang mengenali. Yaitu kombinasi menu soto kare dan sop. Tapi ada embel embel atau buntutnya.

Berikut menu dan harganya. Termasuk minuman yang dijual di kedai ini.

  • Soto Tauco Rp. 6.000,-
  • Sate Kuah Bening Rp. 5.000,-
  • Kare Kambing Aceh Rp. 15.000,-
  • Sop Tengkleng Kambing Porsi Rp. 20.000,-
  • Nasi putih Rp. 3.000,-
  • Es teh hangat Rp. 2.000,-
  • Es teh manis Rp. 2.500,-
  • Jeruk hangat Rp. 2.500,-
  • Es jeruk Rp. 3.000,-

Itulah nama nama menu beserta daftar harga yang ada di Kedai Kayu Manis Tasikmadu Karanganyar.

daftar-harga-makanan-kedai-kayu-manis-tasikmadu
harga menu makanan dan minuman

Review Sop Tengkleng Kambing Kedai Kayu Manis

Saya pesan tengkleng kambing yang tertera disitu seharga Rp. 20.000,- plus teh hangat sebagai teman melepas haus dan dahaga.

Selanjutnya disajikanlah porsi sop tengkleng ini yang terdiri dari:

  • Satu piring nasi;
  • Satu lepek emping (tiga biji);
  • Satu mangkok tengkleng kambing dan kuahnya;

Dan tentu saja es teh seperti yang saya pesan. Lanjutnya kondisi nasi hangat dan tengklengnya panas mongah mongah alias puanassss.

Saya tunggu sejenak supaya mendingan agak berkurang panasnya.

Ukuran nasinya tidak terlalu cukup mengenyangkan perut saya padahal saya termasuk slim dan tak terlalu banyak makannya lho.

satu-piring-nasi
sepiring nasi

Sepertinya ukuran nasinya cocok untuk yang hanya menginginkan sedikit saja atau sedang berhemat mengkonsumsi karbohidrat.

Urusan sop, ga terlalu banyak juga dagingnya, cuma beberapa balungan yang tertempel daging kambing dan tulang lunak. Bagus juga sih supaya tidak terlalu horror untuk badan yang mengkonsumsi.

sop-tengkleng-kambing
sop tengkleng kambing

Urusan kuah, menurut saya dapet segernya. Satu mangkok kuah ini banyak terisi dengan potongan tomat, loncang, dan brambang goreng juga beberapa iris dari wortel.

Dominasi rasa tomat yang cenderung kecut segar bisa anda rasakan jika anda mencobanya. Saking banyaknya kuah sampai saya tak bisa menghabiskannya. Nasi hampir habis (porsi sithik khan) sementara balungan belum selesai di krikiti dan kuah masih banyak.

1-porsi-sop-tengkleng-kambing
1 porsi sop tengkleng kambing

Lha gimana hasil akhirnya? Ya segerlah bisa untuk makan siang yang tidak perlu banyak nasi. Apakah rasanya istimewa? Pendapat saya belum mencapai itu tapi saya tidak punya celah untuk mencela rasanya.

Apalagi kalau anda pas memberi takaran sambal yang disediakan, makin asyik saja rasa segar diselingi pedes lombok yang di uleg.

selesai makan, dengan menu sop tengkleng kambing, teh hangat dan sebuah kerupuk saya bayar uang kepada penjual sejumlah Rp. 22.500,-.

Review Tempat dan Ruang Makan

Lokasinya strategis tepat di pinggir jalan raya dengan tempat parkir yang memadai baik motor maupun mobil.

Tempat makan semuanya terdiri dari meja dan kursi tanpa ada tempat tikar untuk lesehan.

Semua meja berukuran sama dengan dilapisi pake perlak atau apalah warna putih satu meja dengan dua kursi bangku panjang tanpa sandaran dengan warna senada.

Satu kursi bisa mengakomodasi 3 orang duduk dengan nyaman, empat orang juga bisa tapi sek sekan. Jadi satu meja dapat untuk berenam makan bersama.

tempat-makan-kedai-kayu-manis

Setidaknya ada 5 set meja kursi yang artinya rumah makan atau warung kedai kayu manis dapat menampung 30 orang sekaligus makan bersama.

Selain set meja kursi. Masih ada satu bangku panjang yang dipakai duduk untuk pemesan yang dibungkus atau dibawa pulang.

Informasi tambahan, jam buka kisaran pukul 09.00 WIB alias jam sembilan pagi dan katanya kisaran asar tutup, tapi entah koq bilangnya dilanjut sang anak sampe jam 8 malam. dan hari senin libur alias tidak buka. gitu aja infonya.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

2 pemikiran pada “Coba makan Sop Tengkleng Kambing di Kedai Kayu Manis Tasikmadu”

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: