Kartu Hafalan doa sehari hari

kartu-hafalan-doa-sehari-hari

Download contoh kartu kendali hafalan doa sehari hari untuk pendidikan Islam baik di Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, Taman Pendidikan Alqur’an, Madrasah Diniyah, Pondok pesantren, rumah tahfidz dan lembaga pendidikan keislaman yang lain.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, selamat siang semoga sedang menikmati perut terisi setelah lunch dirumah atau warung maupun pesan makanan melalui go-jek maupun grab food.

Salah satu hal yang banyak diajarkan pada lembaga pendidikan keagamaan Islam adalah doa sehari hari.

Untuk melakukan cek dan penilaian hafalan beserta kartu kendali sampai dimana hafalan para murid atau santri ini perlu alat pencatatnya.

Sebagai kepraktisan maka peralatan yang dipergunakan yaitu kartu, sebagaimana trend kartu saat ini, ada kartu sehat, kartu indonesia pintar, kartu kuning dan lain sebagainya.

Mengadopsi urutan penyampaian materi dari matriks pembelajaran TPQ, akhirnya disusunlah kartu hafalan doa sehari hari ini menyesuaikan dengan urutan yang ada pada TPQ Level A, B, dan C.

Meskipun dalam judul disebut sebagai kartu hafalan doa sehari hari akan tetapi didalamnya juga dimasukkan hafalan bacaan sholat, surat-surat pendek dan tentunya doa doa yang sering dilafalkan setiap harinya (jika ingat).

Dalam pembuatan bagan kartu ini aad yang dibuat memanjang, adapula dengan materi yang lebih sedikit dibuat dengan model landscape (anda dapat melihatnya nanti).

Tujuan format yang portrait maupun landscape dalam rangka efisiensi space pada kertas agar terpenuhi secara estetika dan mafaat tidak memubadzirkan ruangan pada media cetak kartu kendali ini.

Tanpa basa basi berikut tampilannya

Kartu Hafalan doa doa tingkat A

Pada jenjang ini (pada TPQ biasanya berada di kelas 1-2 Sekolah Dasar / Setingkat MI, adapun materi yang ada yaitu hafalan bacaaan salat, mulai dari doa sebelum wudhu sampai dengan penilaian hafalan dzikir setelah shalat.

Kemudian dicantumkan tentang hafalan surat pendek dimulai dari surat al ikhlas sampai dengan surat at takatsur, dibawahnya ada sedikit sisipan penilaian praktek ibadah.

Dilanjutkan dengan doa sehari hari yang terdiri dari doa;

Doa memulai belajar 1
Doa memulai belajar 2
Senandung Doa Al Qur’an
Kelancaran bicara
Akhir Pertemuan
sebelum tidur
Bangun tidur
Masuk Kamar kecil / toilet
Keluar Kamar kecil / toilet
Memakai Pakaian
Melepas pakaian
Sebelum makan
Sesudah makan
keluar rumah
masuk rumah
bercermin
naik kendaraan
memperoleh rahmad
Sesudah Azan
Kedua Orang Tua
Kebaikan Dunia Akhirat

Berikut penampakan dari kartu hafalan ini.

Kartu Hafalan tingkat B

Pada jenjang hafalan tingkat B ini dalam matriks pembelajaran kemenag diasumsikan anak kelas 2-3 MI atau setingkat dengan SD (kira kira usia antara 7-9 tahun).

Dalam jenjang B ini hanya terdiri dari 3 macam hafalan yaitu hafalan surat pendek dan hafalan doa sehari hari serta ayat ayat pilihan.

Adapun surat pendek yang tercantum didalamnya adalah al qori’ah sampai dengan surat adh dhuha.

Meskipun begitu, ada satu kegiatan yang tercantum dalam kartu kendali ini yaitu kolom pemantapan hafalan, dilaksanakan dengan cara meninjau kembali hafalan pada jenjang sebelumnya.

Sedangkan materi hafalan doa sehari hari yaitu terdiri dari do’a;

Pemantapan hafalan doa level A
Zikir pagi dan sore hari
Pergi ke masjid
Masuk masjid
Keluar masjid
ketika sakit
memperoleh kesehatan dan akhlak yang baik
menjenguk orang sakit

untuk ayat pilihan yang dicantumkan sebagai berikut;

Al Baqarah : 255 (ayat qursy)
Al Baqarah : 284-285
Ali Imran : 133 – 136
Al Mu’minun 1-11
Luqman : 12-15

Kartu Hafalan jenjang C

Dalam jenjang ini hafalan surat relatif tidak banyak, tapi suratnya panjang panjang, juga ada pemantapan hafalan di tingkatan level A dan B, kemudian ditambahkan ayat ayat pilihan untuk dihafalkan.

Surat pendek yang tercantum dalam hafalan yaitu dari surat al lail sampai dengan al a’la.

Untuk ayat ayat pilihan adalah ;

QS. An Nahl : 65 – 69
QS. Al Fath : 28 – 29
QS. Ar Rohman : 1 – 16
QS. Al Mu’minun 1-11
QS. Al Jumu’ah : 9-11

Itulah susunan hafalan jika mengacu dan diharapkan singkron dengan pendidikan pada TPQ.

Jika anda menginginkan khusus doa doa sehari hari saja, baiklah, silakan dibaca selanjutnya.

Contoh kartu hafalan doa sehari hari format word

Kalau pada ketiga kartu hafalan diatas yang menjadi acuan adalah matriks pembelajaran TPQ dari jenjang level A sampai C, maka kali ini kartu yang dibuat hanya memuat hafalan doa sehari hari dengan menghilangkan komponen hafalan bacaan sholat, surat pendek maupun ayat pilihan.

Begini penampakannya.

Sudah lihat khan semuanya seperti apa melalui review, sekarang saatnya memutuskan apakah hanya perlu melihat lihat saja atau hendak mengunduhnya. tenang saja, nanti kalau di unduh filenya rapi koq.

Jika ingin download silakan lanjut bacanya.

Download kartu hafalan doa sehari hari

Seperti dilihat dalam tampilan, keempat file yang diunggah dalam format doc ms word dengan harapan memudahkan pengguna melakukan ubahan file sesuai selera.

Langsung saja, berikut tautannya

Kartu Hafalan level A
Kartu hafalan level B
Kartu hafalan Level C
Kartu Hafalan Khusus doa doa sehari hari.

Demikian yang dapat kami sampaikan, jika ada salah mohon dimaafkan, kalau ada kurang mohon untuk ditambahi sendiri, seumpama terdapat kelebihan, mohon untuk segera dikembalikan.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

teks-syair-lagu-mars-Korpri
belajar yang giat yaaa
loading...

Silakan berkomentar