pisau penyembelihan hewan

Pisau Penyembelihan Hewan

Pontren.com – mengenal anatomi pisau penyembelihan hewan serta survey harga-harga yang beredar di pasaran dunia maya atau toko online disertai dengan gambar pisau penyembelihan.

Syarat Pisau Penyembelihan Hewan

Dalam proses penyembelihan, diperlukan beberapa persyaratan untuk memotong hewan, adapun syarat pisau atau golok yang dipergunakan untuk menyembelih hewan adalah;

Pertama, pisau atau golok harus bersih dan terbuat dari bahan stainless steel atau anti karat. Jika pisau berkarat dapat mengakibatkan cemaran logam berat di daging hewan yang dipotong, hal ini dapat memberi dampak resiko orang yang mengkonsumsi daging tersebut terpapar logam.

Akibatnya adalah masalah kesehatan seperti gangguan ginjal hingga penyakit kangker.

Kedua, Ukuran Golok atau pisau. Secara rumusan umum, panjang alat pemotong minimal satu setengah (1,5) kali lebar hewan kurban. Ukuran umumnya adalah untuk kambing panjang pisau minimal 20 cm dan sapi atau kerbau minimal pisau atau golok 30 cm.

Dengan ukuran diatas memudahkan pisau memotong 3 saluran yang harus putus sebagai syarat halal proses penyembelihan yaitu trachea (tenggorokan/saluran nafas), esofagus/kerongkongan, dan pembuluh darah (vena jugularis, arteri carotis communis kanan dan kiri).

Ketiga, memiliki bentuk ujung melengkung keluar. Fungsinya memudahkan jagal dalam proses penyembelihan sehingga ujung pisau tidak terkena tanah atau lantai.

Kondisi pisau harus sangat tajam. Manfaat dari pisau yang sangat tajam adalah;

  • Memudahkan proses penyembelihan;
  • Tidak memerlukan banyak tenaga
  • Hasil sayatan halus sehingga meminimalisir jaringan yang rusak, mengurangi rasa sakit pada hewan dan hanya sedikit mengaktiviasi faktor pembekuan darah.
  • Memudahkan memotong 3 saluran secara sempurna.

Hal ini dapat anda lihat pada Peraturan menteri pertanian No 114/Permentan/PD.410/9/2014. tentang Pemotongan Hewan Qurban. Jakarta: Menteri Pertanian RI.

Anatomi Pisau Penyembelihan

Berikut adalah anatomi dari pisau sembelihan

Tang = tang
Handle = pegangan
Bolster =
Blade = pisau
Back = bagian belakang
Point = titik ujung
Rivets = keling
Heel = tumit/ujung bawah
Edge = tepi
Shoulder = Bahu Pisau
Tip = ujung pisau

Untuk lebih mudah pemahaman, silakan dilihat gambar dibawah ini

anatomi-bagian-pisau-sembelihan-hewan-kurban
anatomi pisau sembelihan

Macam macam harga pisau pemotong qurban

Berikut adalah beberapa harga yang dapat kami pantau dari berbagai toko online, tentunya pisau yang dianggap berkualitas dan direkomendasikan guna pemotongan hewan qurban.

Victorinox 25 cm = 549.000,-
Butcher knife victorinox 31 cm = 2.232.000,-
TRAMONTINA PISAU SEMBELIH 12″, 274.000,-

Harga diatas cuma prakiraan saja, pastikan dahululu harga dan kualitas serta keterpercayaan penjual jika hendak membeli pisau penyembelih yang berharga mahal.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: