Arti unfaedah

pontren.com – assalamu’alaikum, good morning para surfer ataupun blogger di jagad dunia maya, kali ini akan kita telusuri apa sih maksudnya unfaedah?

Pada tahun ini 2019 beberapa kali saya mendapati beberapa blogger yang menggunakan kata unfaedah dalam blog yang ditulisnya, entah pada blogspot ataupun wordpress.

Kalau kata faedah tentunya sudah kenyang kuping saya mendengar kata ini utamanya pada saat sekolah setingkat SMA.

Karena pada masa SMA ada beberapa pelajaran yang menerangkan mengenai manfaat beberapa ilmu dan kegunaannya.

Lhadalah ternyata pada beberapa kali baca whatsapp atau facebook koq ada kosakata yang baru untuk memory saya walaupun merupakan bending dari dua kata yang berasal dari dua negara yang berbeda.

Unfaedah berasal dari gabungan kata inggris – arab

Bagi kalangan santri atau muslim yang belajar kitab kuning baik ilmu hadits ataupun fiqih tentu familiar dengan kalimat faidah, dimana dalam bahasa Indonesia tertulis menjadi faedah yang artinya adalah manfaat atau kegunaan, dan semisalnya.

Tapi saya meyakini dalam kitab yang dipelajari tidak akan didapati kalimat unfaidah apalagi dalam tulisan hijaiyah atau arab.

Sebagaimana diatas, saya sendiri baru mengenalnya antara satu atau dua tahun akhir ini karena membaca blog ataupun di grup whatsapp.

Tapi kayaknya pernah juga ustadz gaul di kultum pada ramadhan ini mengucapkan kata unfaedah dengan arti yang tidak dijelaskan, pak ustadz sepertinya husnudhon dengan jamaah bisa menangkap arti kata unfaedah.

Unfaedah artinya

Kata unfaedah terdiri dari dua yaitu “un” dan “faedah”.

Un sendiri disini merujuk kepada imbuhan bahasa inggris, dimana un ditambahkan sebelum kata.

Contoh misalnya un di tambahkan pada kata happy sehingga membentuk kata unhappy, atau fortunately menjadi unfortunately.

Sedangkan kata faedah berakar dari kata bahasa arab faidah yang artinya manfaat atau kegunaan.

Dengan begitu kata unfaedah berasal dari mixing kolaborasi bahasa inggris dengan arab yang membentuk kata dimaksud.

Ya bisa dikatakan sebagai bahasa gaul lah, entah apakah penambahan atau imbuhan un sudah diakui dan dimasukkan ke dalam bahasa Indonesia atau belum.

Jika sudah dimasukkan secara resmi maka kata unfaedah bisa disebut dengan eyd karena faedah sudah menjadi bahasa indonesia hasil serapan dari bahasa arab.

Maksud arti unfaedah artinya adalah

Bisa jadi anda sudah paham dan mengerti secara persis dari maksud kata/kalimat yang mengandung kata unfaedah.

Akan tetapi izinkan kami untuk mengutarakan pemahaman kami tentang arti kata unfaedah, apakah sama seperti yang anda pikirkan atau mungkin berbeda? Silaka disimak.

Seperti diketahui unfaedah adalah gabungan un + faedah yang menjadi ngetrend pada kalangan gaul tertentu dalam mendeskripsikan sesuatu.

Un dalam bahasa inggris di imbuhkan pada awal kata untuk memberikan makna atau arti kata berlawanan yang mengikuti kata un.

Contohnya happy artinya senang bahagia, jika mendapatkan imbuhan un didepannya akan menjadi kata unhappy yang berarti tidak senang, tidak bahagia.

Dengan imbuhan un in menjadikan makna yang terbalik dari happy.

Contoh lain misalnya mood menjadi unmood, fortunately menjadi unfortunately, well jadi unwell hehehee.

Bagaimana dengan unfaedah? Sama saja, imbuhan “un” menjadikan arti kebalikan dari faedah, sehingga arti kata unfaedah adalah tidak bermanfaat, tidak ada gunanya. Useless dan lain semacamnya.

Penggunaan kata Unfaedah

Pengertian unfaedah

Kata ini dipergunakan untuk menerangkan atau menunjukkan sesuatu hal yang tidak ada manfaatnya atau useless tidak berguna.

Contoh penggunaannya seperti dalam pepatah,

“Tersenyum kepada orang buta, berbisik untuk orang tuli”, perbuatan yang unfaedah.

contoh lain seperti, kamu ngapain bengong seharian? Unfaedah bangetttttzzzzzzzzz.

Itulah kata unfaedah yang sesekali lewat didepan mata kita melalui tulisan dan mampir ke telinga disaat ada yang berbicara.

Semoga ada manfaatnya dari tulisan ini sehingga tidak termasuk postingan yang unfaedah.

Good morning dan wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

loading...