Contoh Bacaan mad silah qasirah dalam alquran nama surat beserta ayatnya

Informasi tentang contoh – contoh bacaan mad shilah qashiroh yang terdapat dalam al – Qur’an baik pada al Baqarah atau juz 30 yang biasa disebut dengan juz amma dilengkapi dengan teks latin dan tanda garis bawah pada kalimat bacaan mad dimaksud.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, dalam ilmu tajwid terdapat bacaan yang disebut dengan mad shilah, terbagi menjadi dua yaitu mad shilah thawiilah dan mad shilah qashiirah.

Dalam postingan kali ini akan fokus kepada contoh bacaan mad shilah qashirah yang terdapat dalam al-Qur’an disertai dengan nama surat beserta ayatnya dan banyak dicari contohnya pada surat pendek yang dikenal dengan juz amma pada juz akhir al-Qur’an alias juz 30.

Sebelumnya akan kita bahas terlebih dahulu pengertian mad shilah qashirah secara bahasa dan istilah

Pengertian Mad Silah Qasirah

Jika ada perintah dalam soal yang berbunyi, jelaskan pengertian mad silah tawilah! Maka anda dapat menjawab perintah atau soal diatas dengan pengertiannya dibawah ini.

Secara bahasa, Mad artinya panjang, silah berarti hubungan, dan Qashirah memiliki arti pendek, jadi secara bahasa bisa disebut bacaan panjang dengan hubungan dan dibaca pendek 1 alif.

Pengertian mad silah qasirah secara istilah adalah hukum bacaan mad yang terjadi karena terdapat huruf berharkat hidup (selain berharkat sukun) bertemu dengan haa dhamir ( ــهُ \ ــهِ \ هُ \ هِ ) yang setelahnya bukan waqaf.

Dalam pengertian yang lain, mengutip dari bacaanmadani, yang disebut dengan bacaan mad shilah qashirah secara istilah adalah adalah bacaan yang terjadi karena adanya ha’ dhamir yang tidak didahului sukun, tidak didahului bacaan panjang, tidak diikuti sukun, dan tidak diikuti hamzah.

Begitulah salah satu pengertian untuk mad silah qasirah baik secara bahasa maupun secara istilah.

Ada beberapa kata kata yang lain dipergunakan untuk pengertiannya, akan tetapi secara hakikat dan inti maksud kalimatnya adalah sama saja.

Cara membaca mad silah qasirah

Adapun hukum bacaan atau cara membaca bacaan mad silah qashirah dengan cara Dibaca panjang dua harakat /satu alif.

Setelah mengetahui berapa panjang mad silah qasirah dibaca (baik dalam ketukan maupun alif, tibalah saatnya menggelar beberapa contoh kalimat yang didalamnya mengandung bacaan mad silah qasirah.

Sebagai penunjang informasi, dicantumkan pula nama surat dan terletak dalam ayat berapa bacaan dimaksud.

Ikan sepat ikan gabus, lebih cepat lebih bagus.

Contoh bacaan Mad silah qasirah dalam surat al Baqarah beserta ayatnya

Sebutkan 10 contoh bacaan mad silah qosiroh dalam al-Qur’an lengkap dengan nama beserta ayatnya, biasanya ada soal dalam ujian atau buku pelajaran dalam pendidikan Agama Islam kelas IX SMP maupun jenjang pendidikan yang lain.

Maka untuk menjawab soal begitu, perlu ditulis ayat beserta suratnya lengkap dengan harakat dalam hal contoh bacaan mad silah qasirah.

Terdapat 4 contoh dalam surat al Baqoroh ayat 255 dalam kalimat/bacaan تَأْخُذُهُ سِنَةٌ, لَهُ مَا , بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ , يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا

Adapun bunyi surat al Baqarah ayat 255, dan biasa juga disebut dengan ayat kursi yang didalamnya mengandung bacaan mad silah qasirah adalah sebagai berikut;

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ – ٢٥٥

Teks tulisan latin bacaan arab : Allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā takhużuhụ sinatuw wa lā naụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa’u ‘indahū illā biiżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyaiim min ‘ilmihī illā bimā syā, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā yaụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-‘aliyyul-‘aẓīm

Contoh bacaan mad silah qasirah terdapat dalam surat yusuf ayat 11 dalam bacaan وَإِنَّا لَهُ لَنَاصِحُونَ

Adapun bacaan surat diatas adalah sebagai berikut;

قَالُوا يَا أَبَانَا مَا لَكَ لَا تَأْمَنَّا عَلَىٰ يُوسُفَ وَإِنَّا لَهُ لَنَاصِحُونَ

Dalam surat yusuf ayat 23 dalam bacaan إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ

وَرَاوَدَتْهُ الَّتِي هُوَ فِي بَيْتِهَا عَنْ نَفْسِهِ وَغَلَّقَتِ الْأَبْوَابَ وَقَالَتْ هَيْتَ لَكَ ۚ قَالَ مَعَاذَ اللَّهِ ۖ إِنَّهُ رَبِّي أَحْسَنَ مَثْوَايَ ۖ إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ الظَّالِمُونَ

Terdapat di surat as shaffat ayat 10 dalam kalimat فَأَتْبَعَهُ شِهَابٌ
Adapun lengkap bunyi surat ash shaaffat ayat 10 sebagai berikut ini;

إِلَّا مَنْ خَطِفَ الْخَطْفَةَ فَأَتْبَعَهُ شِهَابٌ ثَاقِبٌ

Dalam surat ali Imran ayat 7 dalam bacaan/kalimat تَأْوِيلِهِ ۗ وَمَا يَعْلَمُ

Adapun secara lengkap bacaan dari surat ali Imran ayat ke-7 dimaksud adalah sebagai berikut;

هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ عَلَيْكَ الْكِتَابَ مِنْهُ آيَاتٌ مُحْكَمَاتٌ هُنَّ أُمُّ الْكِتَابِ وَأُخَرُ مُتَشَابِهَاتٌ ۖ فَأَمَّا الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ زَيْغٌ فَيَتَّبِعُونَ مَا تَشَابَهَ مِنْهُ ابْتِغَاءَ الْفِتْنَةِ وَابْتِغَاءَ تَأْوِيلِهِ ۗ وَمَا يَعْلَمُ تَأْوِيلَهُ إِلَّا اللَّهُ ۗ وَالرَّاسِخُونَ فِي الْعِلْمِ يَقُولُونَ آمَنَّا بِهِ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ رَبِّنَا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ

Nah begitulah contoh bacaan yang bisa dijadikan untuk contoh mad silah qasirah dalam al-Qur’an lengkap dengan nama surat dan ayatnya.

Kemudian melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu contoh bacaan mad silah qasirah di surat pendek juz amma.

Contoh mad silah qosiroh dalam juz amma surat pendek juz 30

Sebutkan contoh bacaan mad silah qasirah yang terdapat dalam juz 30 atau juz amma alias surat surat pendek pada al-Qur’an.

Akhirnya anda dapat meniru contoh dibawah ini yang disediakan contoh kalimatnya serta bunyi lengkap dari nama surat dan ayat dimaksud.

Terdapat dalam surat an naba ayat 15 dalam bacaan بِهِ حَبًّا

لِنُخْرِجَ بِهِ حَبًّا وَنَبَاتًا

Dalam surat an naziat ayat 16 pada bacaan نَادَاهُ رَبُّهُ
Adapun secara lengkap bacaan surat an naazi’aat ayat 16 adalah sebagai berikut;

إِذْ نَادَاهُ رَبُّهُ بِالْوَادِ الْمُقَدَّسِ طُوًى

Bacaan mad silah qasirah dalam surat abasa ayat 6 pada kalimat

Adapun secara lengkap bunyi surat “abasa ayat 6 adalah sebagai berikut; لَهُ تَصَدَّىٰ

Adapun secara lengkap tulisan dari ayat diatas adalah sebagaimana dibawah ini;

فَأَنْتَ لَهُ تَصَدَّىٰ

Dalam surat Al Alaq ayat 19 dalam bacaan لَا تُطِعۡهُ وَاسۡجُدۡ

Secara lengkap, bacaan dari surat al-Alaq ayat 19 adalah sebagai berikut;

كَلَّا ؕ لَا تُطِعۡهُ وَاسۡجُدۡ وَاقۡتَرِبْ

Begitulah contoh bacaan mad silah qasirah berikut pengertian secara bahasa dan istilah dilengkapi bagaimana cara membaca bacaan mad silah qasirah.

Semoga membantu dalam menjawab soal yang berbunyi, berikan 5 contoh bacaan mad silah qasirah dalam al-Qur’an atau ynag lainnya.

Wilujeng siang, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: