materi-tpq-di-bulan-ramadhan

Pontren.com – informasi tentang contoh materi pembelajaran Taman Pendidikan Al Qur’an Selama bulan Ramadhan yang bisa dijadikan acuan dalam kegiatan belajar mengajar di saat syahrus siyam pegangan guru ustadz ustadzah TKQ TPQ maupun TQA.

Bulan ramadhan memang bulan yang istimewa, salah satu contoh kongkritnya yaitu peningkatan jumlah santri dan pengajar atau guru pada lembaga pendidikan al Qur’an baik itu TKQ TPQ maupun TQA. Entah itu Taman Pendidikan alQuran yang di selenggarakan pada masjid, mushola maupun gedung tersendiri. Adapula TPQ insidentil Cuma ada di bulan ramadhan pada masjid masjid tertentu.

Baca;
Kegiatan TPQ di bulan ramadhan
Menjadi guru TPQ yang baik
Meningkatkan kualitas TPQ secara komprehensif

Seperti judul diatas, kali ini akan diulas mengenai materi apa saja yang bisa dijadikan bahan pengajaran untuk para anak didik TPA selama bulan ramadhan di tahun hijriyah.

Berikut ulasannya.

Kegiatan TPQ masih seputar privat dan pembelajaran klasikal.

Walaupun sudah dirancang mengenai pembelajaran bagi siswa siswi, akan tetapi umumnya lembaga penyelenggara LPQ tetap terpancang dengan metode klasikal dan privat mengajar.

Pada kegiatan privat atau lumrah disebut dengan semaan atau menyimak bacaan murid satu persatu atau dua anak langsung dihadapan ustadz, memakan porsi waktu yang lumayan banyak, asumsinya 2/3 waktu dipakai untuk kegiatan ini.

Sedangkan sisa waktu yang lain alias 1/3 dipergunakan untuk pembukaan, klasikal sebelum privat dan akhir klasikal sebelum penutupan kegiatan mengaji.

Berikut jadwal yang umumnya dipergunakan TPQ selama bulan ramadhan dengan asumsi masuk mulai pembelajaran jam 15.30 WIB.

Jam Kegiatan
15.30-15.50 Pembukaan dan klasikal
15.50-17.00 Privat semaan dan hafalan
17.00-17.200 Klasikal dan penutupan
17.20-adzan magrib Persiapan jaburan dan sholat jamaah

Diatas merupakan contoh pembagian kegiatan belajar mengajar selama bulan ramadhan yang tentunya bersifat fleksibel menyesuaikan dengan kondisi madrasah pembelajaran alquran.

Materi TPQ selama bulan ramadhan

materi-TPQ-bulan-Puasa

Karena bulan istimewa, sering terjadi pengelola lembaga melakukan hal spesial dalam kegiatan belajar mengajar, adapula yang konsisten dengan materi pembelajaran yang telah dirancang selama satu semester. Berikut contoh materi.

Materi sesuai dengan kurikulum yang telah dirancang.

Pada sebagian tpq yang maju, mestinya telah memiliki kurikulum bagi anak didik yang di ejawantahkan dalam kalender pendidikan maupun RPP.

Dengan konsistensi pembelajaran yang ada maka materi yang diberikan menyesuaikan jadwal pada kaldik maupun RPP yang telah dibuat sebelumnya.

Materi Dalil Puasa Ramadhan

Bagi TPQ yang menginginkan penekanan materi puasa, maka salah satu yang perlu diberikan kepada santri mengenai dasar kewajiban alias dalil naqli mengenai puasa ramadhan.

Adapun dalil yang paling sering dipakai adalah dalam surat al Baqarah ayat 183;

يأَيُّهَا الَّذِينَءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” [Al-Baqoroh: 183]

Santri didorong supaya mengetahui dasar surat dan ayat mengenai puasa, selanjutnya untuk yang sudah dewasa bisa dipacu untuk menghafalkan dan menuliskan dalam media yang dibawa sebagai salah satu pelajaran khot atau kaligrafi atau tahsinul kitabah.

Siapa saja yang wajib berpuasa ramadhan

Disampaikan kepada anak anak tentang kewajiban puasa ramadhan itu diperuntukkan kepada siapa saja.

Berikut yang diwajibkan untuk berpuasa di bulan shiyam;

(1) Islam
(2) Baligh dan berakal
(3) Qudrah alias mampu untuk berpuasa

Keterangan syarat yang diwajibkan untuk berpuasa adalah

Islam karena orang non muslim tidak diwajibkan berpuasa dengan ketidakislamannya akan membuat ibadah puasa orang yang non muslim tidak diterima.

Baligh berakal berarti dia telah mencapai umur baligh, umumnya laki laki ditandai dengan mimpi basah dan wanita telah haid.

Berakal juga syarat yang mendampingi baligh dimana untuk orang yang gila atau sakit jiwa akan gugur kewajiban berpuasa.

Qudrah atau mampu puasa, dalam artian kondisi badan yang sehat mampu puasa dan tidak ada udzur, contoh tidak mampu puasa yaitu orang yang sedang sakit menahun, orang tua renta, udzur dalam perjalanan (di qodho pada hari yang lain diluar ramadhan).

Keutamaan bulan ramadhan

Materi ini guna memberikan semangat kepada santri dalam kegiatan ibadah dan berbuat baik lebih mendalam di bulan ramadhan, contoh keutamaan bulan ini adalah;

(1) Ramadhan adalah bulan diturunkan alquran
(2) Setan dibelenggu, pintu neraka ditutup dan surga dibuka
(3) Terdapat malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan
(4) Merupakan bulan yang salah satu waktu doa dikabulkan

Itulah beberapa hal yang bisa disampaikan untuk materi keutamaan ramadhan

Zakat fitrah sebelum sholat idul fitri

Menginformasikan tentang kewajiban zakat fitrah bagi setiap jiwa kaum muslim merdeka atau budak, besar kecil, laki laki perempuan bagi yang mampu.

Adapun ukurannya aalah satu sha kurma atau gandum, di indonesia telah terkenal dengan ukuran 2,5 kilogram bahan pokok makan yang umumnya berupa beras.

Zakat ini diinformasikan supaya anak mengetahui bahwa zakat fitrah bukan hanya diperuntukkan mereka yang sedang berpuasa saja, akan tetapi setiap jiwa muslim yang memiliki kekuatan untuk membayar.

Pembagian waktu materi pada bulan ramadhan

materi-TPQ-di-bulan-puasa-ramadhan

Diketahui bahwa Ramadhan kisaran 29-30 hari dengan masa 4 minggu. Dari waktu tersebut pada minggu pertama ditekankan tentang dalil puasa, anak anak didorong hafal dasar puasa yaitu Q.S. al Baqarah 183, bagi yang agak besar bisa diajak untuk menghafalkan dan menuliskan ayat sebagai materi tahsinul kitabah.

Jika agak stagnan bisa ditambahi dengan materi pengenalan kelebihan bulan ramadhan serta siapa saja yang wajib untuk berpuasa.

Pada minggu keduam, diterangkan kewajiban puasa untuk siapa saja dengan agak mendetail dan bisa dilakukan tanya jawab menguji ingatan tentang dalil kewajiban puasa.

Di Minggu ketiga, anak anak diterangkan apa saja keutamaan bulan ramadhan dengan keterangan yang lebih detil serta contoh ibadah yang bisa mengundang untuk kebaikan, misalnya lebih taat kepada orang tua, rajin mengaji, tarawih yang tertib dan tidak bikin keributan pada saat sholat.

Pada minggu keempat, yaitu pengenalan materi mengenai zakat fitrah dan dilanjutkan siapa saja yang memiliki kewajiban untuk berzakat fitrah.

Itulah contoh materi TPQ bulan puasa, bisa jadi anda memiliki pendapat yang berbeda dalam materi ini. Bukan masalah karena memang belum ada kurikulum yang mengikat untuk TPQ utamanya di bulan puasa.

Selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan, semoga diterima segala amalan dan diampuni semua salah dan khilaf. Amiin.

loading...