Kegiatan TPQ di Bulan Ramadhan

kegiatan-TPQ-di-Bulan-Ramadhan
kegiatan santri TPQ di Bulan Ramadhan

Pontren.com – tulisan tentang berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus Taman Pendidikan Al Qur’an ( TPQ/TPA ) dalam rangka mengisi kegiatan semarak bulan puasa ramadhan sebagai agenda tahunan dalam kegiatan pembelajaran Belajar mengajar pada Lembaga Pendidikan Al Qur’an.

Ramadhan yang penuh berkah memiliki dampak yang nyata dalam kesemarakan lembaga pendidikan keagamaan utamanya Taman Pendidikan Al Qur’an. Selain TPA, masih banyak kegiatan lain yang dilaksanakan dalam rangka ramadhan oleh takmir masjid maupun pemuda pemudi serta remaja penggiat keagamaan Islam.

Baca:
Macam Lomba untuk Anak TPQ
Game Permainan Anak TPQ
Macam Program Kegiatan TPQ Mingguan Bulanan Semesteran dan Tahunan

Dalam hal ini yang menjadi fokus bahasan adalah kegiatan yang umum dilaksanakan oleh pengelola lembaga pendidikan alquran baik TKQ TPQ maupun TQA pada masa bulan soum atau siyam romadhon.
Berikut adalah macam kegiatan yang umum dilaksanakan pada lembaga TPQ

TPQ masuk setiap hari pada bulan puasa

Umumnya TPQ memiliki jadwal masuk antara 2,3 sampai 4 hari masuk dalam satu minggu. Pada bulan ramadhan jadwal masuk berubah menjadi setiap hari karena suasana puasa yang penuh barakah.

Adanya tambahan murid pun berbanding lurus dengan pertambahan guru mengajar selain reguler (biasanya siswa siswi SMA maupun anak kuliahan) karena waktu pembelajaran yang lebih pendek dan bisa memiliki waktu luang di sore hari karena mengajar dan terbawa suasana ramdhan.

Hidangan untuk berbuka puasa juga sudah jamak lumrah diperuntukkan bagi santri TPQ yang sering disebut dengan jaburan.

Lomba internal Antar Santri

Pada saat puasa di hari libur sekolah (minggu atau tanggal merah) biasanya para pemuda atau remaja masjid mengadakan perlombaan bagi para santri.

lomba-busana-muslim-TPQ
ilustrasi lomba busana muslimah

Adapun beberapa cabang lomba yang sering diperlombakan yaitu;

Mengaji/Tartil/Qiroah
Hafalan Juz amma dan doa harian
Adzan iqamah
Mewarnai menggambar atau kaligrafi
Cerdas cermat
Praktek sholat berjamaah atau munfarid
Lomba permainan (kelereng, memasukkan pena dalam botol, dll)
Dan lomba lainnya.

Ada baiknya untuk penyemangat santri diberikan hadiah beserta piagam penghargaan bagi pemenang lomba.

Jalan jalan di sekitar kampung sambil menunggu adzan magrib waktu buka puasa.

Guna menghindari kebosanan dan kejenuhan anak didik dalam belajar mengaji, sesekali ada TPQ yang mengajak para santri jalan jalan tadabbur alam sambil menungggu waktu berbuka puasa.

Pada waktu istirahat di perjalanan (biasanya sudah dirancang lokasi untuk berhenti pada tempat yang lumayan luas) dilakukan kegiatan bermain semisal outbond.

Permainan bermacam macam sesuai dengan pengetahuan para ustadz ustadzah semisal lari tangkap, menyanyi tebak tebakan, pertandingan suit batu gunting kertas dengan berbagai modifikasi.

Anjang sana ke TPQ yang dekat

Bagi wilayah yang ramai semarak kegiatan TPQ, sesekali kunjungan dilakukan oleh tetangga pengelola dengan mengajak santri mengunjungi Lembaga yang berdekatan.

Cara kunjungan bisa dengan jalan kaki (kalau jarak relatif dekat) atau menyewa sepur kelinci dalam menuju lokasi. Naik kereta kelinci juga merupakan hiburan tersendiri bagi anak anak dan ustadz ustadzahnya.

Lomba pertandingan antar TPQ

Bagi Badko TPQ yang berfungsi secara baik dan aktif pada bulan ramadhan merupakan moment yang pas dalam rangka pertandingan antara TPQ guna menyemarakkan kegiatan ramadhan dan mengukur kemampuan siswa serta menanamkan mentalitas dalam berkompetisi dan tampil di muka umum.

Lomba antar TPQ ini sebaiknya dirancang jauh hari sebelum pelaksanaan lomba guna kesuksesan kegiatan.

Adapun yang perlu dipersiapkan yaitu koordinasi tempat waktu dan jenis perlombaan untuk di sosialisasikan kepada para pengelola TPQ yang di undang.

Persiapan aturan dan ketentuan lomba beserta blangko kriteria penilaian untuk menghindari adanya protes komplain dari official ustadz ustadzah pendamping.

Menghubungi pihak pihak yang dijadikan juri atau dewan hakim guna melonggarkan waktu pada saat kegiatan dilangsungkan.

Pengumpulan pendanaan kegiatan agar pelaksanaan lomba bisa semarak dan hadiah yang patut bagi para pemenang kejuaraan.

Pesantren Kilat

Entah kenapa masjid ada yang melakukannya jika sudah ada TPQ, akan tetapi dengan adanya kegiatan khusus dengan nama pesantren kilat bisa memberikan kesempatan bagi semua santri untuk mendapatkan sertifikat sebagai peserta dalam mengikuti kegiatan.

Dengan adanya sertifikat akan membuat anak anak senang gembira karena memiliki selembar kertas piagam atas partisipasi pada saat kegiatan pesantren kilat (perskil). Saya sendiri mengalami kegembiraan disaat kecil mendapatkan piagam.

Takbir Keliling

Pada malam 1 syawal selesai ramadhan, kegiatan lumrah yang ada yaitu takbir keliling kampung atau lingkungan. Pada masa dahulu banyak membawa oncor dari dengan bahan bakar minyak tanah.

Entah kenapa saat ini semaraknya berkurang greget dengan membawa obor keliling kampung (menurut saya).

Momen takbir keliling merupakan salah satu kegiatan mengasyikkan bagi para santri TPQ. Akan tetapi dalam kegiatan ini sebaiknya santri yang dirasa layak ikut keliling yang diperbolehkan mengikuti. Untuk anak yang masih TK atau PAUD sebaiknya disarankan takbiran di masjid saja atau dirumah bersama orang tua masing masing.

Pembagian dan Penyerahan Hadiah serta Piagam pada saat pengajian atau selesai takbiran

penyerahan-hadiah
penyerahan hadiah

Kebiasaaan bulan ramadhan yaitu adanya pengajian umum atau pada saat takbiran para warga jamaah berkumpul di Masjid atau mushola.

Pada saat momen ini sering dijadikan kesempatan penyerahan bagi para santri pemenang lomba yang telah diadakan sebelumnya.

Dengan dihadiri orang tua wali santri diharapkan dengan adanya pembagian hadiah serta piagam penghargaan atau sertifikat pemenang menjadikan semangat orang tua dan santri dalam keaktifan anak belajar mengaji pada TPQ.

Penutup

Itulah beberapa kegiatan TPQ yang sering dilaksanakan pada saat bulan puasa romadlon pada Lembaga Pendidikan Al qur’an.

Jika anda memiliki pengalaman yang sama atau berbeda dalam rutinitas kegiatan bulan ramadhan, silakan anda tuliskan pengalaman anda pada saat kegiatan TPQ di bulan ramadhan, siapa tahu tulisan anda dalam kolom komentar bisa memberikan inspirasi rekan yang lain untuk melakukan kegiatan pada saat puasa.

Salam ayo TPQ.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: