Arsip Tag: santri

Alumni Pesantren Suka drakor, Khatam film India Mandarin, Efek Corona

Alumni pesantren suka drakor ternyata ada juga, bukan hanya melanda lulusan sekolah umum maupun madrasah biasa yang reguler lajon pulang kerumah selesai pembelajaran pada sekolahan. Bukan hanya drama korea, bahkan film india serta mandarin.

pontren.com – assalamu’alaikum, masa pandemi covid-19 virus corona membuat berbagai kalangan memiliki keterbatasan untuk keluar rumah ataupun melakukan perjalanan luar kota.

alumni pesantren suka drakor

Dampaknya banyak berdiam diri dirumah dalam rangka menjaga supaya kondisi lebih aman terkendali.

Ujung-ujungnya mager dan bengong mau aktivitas apa.

Apalagi jika sudah selesai urusan pekerjaan secara daring maupun berjualan via online model mengirim barang melalui jasa kurir.

Seperti pengalaman alumni pondok pesantren Sukoharjo, santri putri ini berasal dari Kota Salatiga, sekarang bermukim pada bagian wilayah pulau Jawa.

Alumni Pesantren suka drakor, kisahnya bikin melow (Jarene)

Sebgaimana percakapan dua orang anak manusia yang ngobrol kesana kemari tanpa ujung pangkal dan juntrung yang jelas, menghilangkan kepenatan bengong berada dirumah.

Berikut obrolan agak sedikit waras antara dua orang ini;

Gun : Isih area cabe ra kie?
Atau wis merambah bisnis otomotip

Eny : Knp cari cabe?
Udh gak, di ekspor
Heeh (jualan otomotif) hotwheel.
Puas?
emang nopo takon takon cabe?

Gun: Yo ben omonganku isoh pedesss

Akhirnya bercerita mengkhatamkan banyak film. Baik drama korena maupun india dan mandarin.

Setelah selesai tanya tentang usaha jualan cabai yang ternyata sudah tidak lanjut, kemudian obrolan berlangsung mengenai kegiatan selama pandemi saat berada dirumah.

Apa bagusnya drakor? Begitu pertanyaan kepada santri putri yang beberapa kali khatam alias menyelesaikan film seri asia.

Begini obrolannya

Gun: Apike drakor opo 3n? Ceritane koyo sehari hari? Pemaine ngganteng2
Timbang ra ngopo2Iso milih wektu ndelok?

Eny : Bar ngunu nanti kamu obsesi pngen operasi plastik,😆 Nonton o my mister…kuwi apik

Gun: Ora.. Pengen duwe gebetan koyo pemaine ae.. Rasah operasi Apiknya piye?

Eny : Kisah seorang laki laki tenang kuwi

Gun: Mesti wis polesan

Eny : Jal bacao sinopsise

Gun: Endingnya ae py? Happy 3nding ra?

Eny : Nanti kamu iso ngrasakke gmn beratny jd seorang laki laki

Gun: Aq senenge pilm sek happy ending

Eny : Kuwi lbh ke hidupan nyata

Gun: Halah aq malah pelaku peristiwa

Eny : 🤣🤣🤣🤣

Referensi film drakor keren ala santri

Apa saja judul yang menurutnya bagus rekomendasi ditonton?

Simak obrolannya lanjutan percakapan diatas ;

Eny : Aku soko india drama china tekan korea, Goro goro corona

Gun: Sementara isih asia, Biyen tekan meksiko barang, Maria mercedes

Eny : 😂😂, Alfonso

Gun: Aq deloknya film sekali rampung Iku ae kadang tak cepetne nek alur cerita lambat, 🙈

Eny : Rak sabaran

Gun : Ndelokmu lewat hape atau komputer?
Sik favorit apa? India opo.. China opo.. Korea apakah.. Referensi

Eny : India bhajran bhaijan, china : my girlfreind alien, dating in kitchen, wah korea ki okeh je, Ambyr pokokmen klo korea.

Gun: Sik paling top diantara yang top..

Eny : Klo yg baru biasa ae sih standran, Klo yg lama okeh, Lht o my mister dibilg ko

Gun : yayaya

Itulah obrolan yang menunjukkan kuatnya pesona Drama Korea Selatan sehingga membuat para ibu ibu muda maupun gadis gadis yang perawan begitu tergila gila dengan cerita impor dari sono.

Entah karena ceritanya yang wow maupun penampakan pemainnya yang mulus wajah bagai porselen.

Bonus obrolan ra karu-karuan lainnya

Gun : Kegiatane ngopo iki? Atau lagi bantu garap tugas anake?

Eny: Tugas e lg okeh..kdng klo santai ya ngatamin drakor😂😂

Gun: Lewat youtube?

Eny : Ada linknya klo drakor
Ono kabar apa om

Gun : Kabare corona belum rampung.. Semarang banjir.. Ni**s rabi.. Opo maneh yo

Eny : Yg lbh ngehitz ora ono ya?
aku wes ngerti kabeh kabar iku.

Gun: Nek bojomu ra ijab maneh ora ngehitz
Sa*** isih urip kah?

Eny : dongakke elek je
masih cmn hpny udah ga ada
aku klo wa ya lwt hp suaminya

Gun: Inna lillahi,
ODP
orang dalam pengawasan

Eny : la kamu kpn ijab lagi

Gun: Gek gek Eny segera menyusul jadi odp?
Dongakne ae (ndang ijab)
😭 ra ono sik gelem ambek aq

Eny : santriwati ae ijek okeh seng available kok bingung

Gun: Yo masmu sik

Eny : mas pirang karat

Gun: Moga moga gak sik karaten.. Sansoyo sekarat.

Eny : la wes kena virus karaten durung?
luweh berbahaya di banding virus corona kuwi

nah itulah obrolan ra karu karuan dalam rangka menyapa teman yang jauh disono karena jarak yang tidak terasa karena kemajuan teknologi melalui pesan whatsapp.

Anak kelahiran 2010 kayaknya ga paham namanya SMS-an, nah santri putri ini pasti fasih jika bercerita era SMS, maklum kelahiran era 80-an.
wilujeng dalu, wassalamu’alaikum.

Kemampuan membuat soal Guru TPQ memprihatinkan santri tidak ujian

Analisa tentang kemampuan pengajar Taman Pendidikan Alquran dalam hal pembuatan soal ujian dan dampaknya terhadap perkembangan lembaga TPA dan santri.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, tulisan ini tidak bermaksud mengusik keikhlasan para ustadz ustadzah yang telah meluangkan waktu dan mencurahkan pikiran demi mengajar baca tulis alquran untuk anak anak TPQ.

Akan tetapi merupakan gambaran kondisi dan harapan semoga ada uluran tangan dari pihak pihak yang berkompeten, misalnya KUA, Kantor Kementerian Agama Seksi PAKIS atau PD Pontren, Bidang PD Pontren Kanwil Kemenag sukur sukur dari Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag RI, juga dari kalangan pengelola intern TPQ yaitu Badko TPQ pada masing masing jenjang baik Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat.

Uluran tangan ini bukan bersifat materiil, akan tetapi lebih pada support kongkrit pengadaan soal-soal ujian semester maupun mid dan soal ujian nasional sebagai standar munaqosah kelulusan santri TPQ.

Kegiatan TPQ yang tradisional dan monoton selama bertahun tahun.

manajemen TPQ
macam macam pedoman penyelenggaraan pendidikan islam

Pada saat membaca tulisan di media tirto, saya mendapati kalimat yang mengatakan suatu pengecualian dengan penggunaan kalimat yang menarik.

Kalimat ini adalah abuse of sampling atau contoh yang bias.

Maksudnya yaitu contoh yang hebat akan tetapi tidak menggambarkan secara nyata tentang sesuatu.

Sama seperti jika ada orang yang membantah bahwa TPQ sudah maju, tertata dengan baik, rapi, mengadakan ujian mid dan semester secara teratur, pasca semesteran selalu ada pembagian raport. Contohnya adalah TPQ al Mutoharoh, misalnya.

Nah ini merupakan gambaran dari contoh yang bias, dimana hal yang terbaik disebutkan sebagai sampling akan tetapi contoh yang dipakai tidak memberikan gambaran umum mengenai kondisi TPQ, walaupun TPQ yang maju hebat dan keren itu memang nyata adanya (tapi hanya ada berapa biji di setiap kecamatan?).

Saya kira kebanyakan pengelolaan TPQ masih tradisional monoton tanpa adanya inovasi seperti banyak yang saya lihat di beberapa lembaga.

Maksudnya tradisional monoton gimana?

Ya begitulah,

  • santri datang,
  • santri disuruh menata ruangan, diminta mengumumkan loud speaker (jika TPQ dimasjid) kemudian ustadz datang,
  • pembukaan diisi dengan hafalan dan doa, sedikit materi pembelajaran,
  • kegiatan privat semaan,
  • anak anak dikumpulkan untuk doa bersama, sedikit materi,
  • penutup.

Lha memang TPQ biasanya atau hampir semua seperti itu khan?

Yups benar, memang pola dasarnya seperti itu, yang ketradisional dan monotonnya setiap masuk dan pembelajaran selalu dan selalu seperti itu.

Lebih menekankan lagi tradisional dan monoton TPQ yaitu saya tambahkan ada yang lebih mendingan dengan mengadakan kegiatan lomba.

Nah ini yang sangat jarang terjadi yaitu membuat agenda rutin yang terjadwal yaitu kegiatan ujian semseteran dan pembagian raport setiap semesternya.

Pertanyaannya, apakah TPQ anda telah melakukan hal ini secara rutin?

Jika iya, selamat, menurut saya lembaga anda sudah 1 level lebih baik.

Jika belum? Mari bagaimana caranya supaya dapat naik tingkat pada pengelolaan lembaga yang lebih baik.

Alasan TPQ tidak melaksanakan ujian semesteran secara rutin

Ada 2 hal pokok yang mendasar kenapa kegiatan evaluasi pembelajaran yang mestinya ada, ternyata tidak dapat diaplikasikan pelaksanaanya di lembaga Taman Pendidikan alquran.

Dua hal tersebut adalah;

  • Kemampuan guru dalam membuat soal ujian yang kurang
  • Tidak adanya support soal dari lembaga atau instansi yang berkompeten

Kemampuan guru yang kurang dalam membuat soal ujian semester

Harus disadari, tidak semua pengajar pada TPQ berlatar belakang pendidikan S1 bidang pendidikan, banyak yang merupakan lulusan SMA ataupun Pondok pesantren dan juga sarjana strata satu diluar disiplin ilmu pendidikan.

Dengan latar belakang ini sehingga disiplin ilmu dalam bagaimana serta seperti apa membuat soal soal ujian TPQ yang berbobot sesuai usia santri dan kurikulum TPQ merupakan sesuatu yang tidak mudah.

Masih ada satu lagi masalah yaitu berkenaan dengan kemauan dan niat, dimana meskipun ada secercah keahlian, akan tetapi jika tidak ada niat yang tinggi dan kemauan serta semangat membuat soal ujian maka pelaksanaan evaluasi pembelajaran hanya sampai batas keinginan saja tanpa ada pengejawantahan.

Tidak ada supply dari lembaga atau instansi terkait

tokoh-TPQ

Yang saya maksud disini adalah bantuan pengadaan soal, tidak harus sampai pada percetakannya, tapi master soal yang komprehensif menurut saya sudah mencukupi bagi Lembaga TPQ untuk memanfaatkannya.

Master soal ini dapat diupload oleh lembaga dimaksud pada website atau blog sehingga bagi para pengelola dapat mengunduhnya kemudian menggandakan soal ujian sesuai dengan jumlah santri.

Sayang sangat disayang, sampai saat ini saya belum pernah menemukan soal-soal mid maupun ujian semester apalagi munaqasah dari lembaga yang berkaitan langsung dengan TPQ.

Yang pernah saya dapatkan master soal resmi disusun oleh orang orang yang berkompeten adalah soal ujian semester madrasah diniyah takmiliyah dari Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

Dan saya melihat antusiasme pengelola dengan adanya bantuan soal ini, diujikan kepada santri sehingga menunjukkan profesionalitas pengelolaan lembaga sehingga menambah kepercayaan orang tua untuk menyemangati anak belajar pada madin.

Sayangnya hal ini (pembagian soal ujian yang dibuat oleh kalangan yang berkompeten) belum pernah terjadi sepanjang yang saya ketahui.

Dampak baik jika ada pelaksanaan ujian pada TPQ secara berkesinambungan

Hemat saya, jika anak anak dilakukan evaluasi dengan pembelajaran maka banyak manfaat yang dapat dipetik oleh lembaga TPQ yang diantaranya adalah;

  • Guru semakin mengetahui kemampuan santri dan mendapati dimana kelemahan anak anak dalam pelajaran ;
  • Adanya ujian akan menuntut adanya nilai pembelajaran yang tertuang dalam raport, sehingga keberadaannya dapat dibagikan kepada orang tua sebagai tolak ukur laporan kegiatan belajar mengajar;
  • Ujian dan rapotan akan meningkatkan pandangan orang tua dan masyarakat termasuk takmir masjid tentang profesionalitas pengelolaan TPQ, yang tentunya menjadikan kalangan pemuka agama lebih memperhatikan TPQ dalam hal pendanaan.

Itulah 3 hal yang setidaknya menjadi manfaat yang dapat diambil jika lembaga TPQ dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan evaluasi pembelajaran berupa ujian diikuti pembagian raport secara rutin setiap semesternya.

Demikian opini kali ini, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Syarat Mengurus VTT Visa Tinggal Terbatas bagi Santri Mahasiswa/Pelajar Asing

informasi tentang Syarat Mengurus VTT Visa Tinggal Terbatas bagi Santri Mahasiswa/Pelajar Asing

Pontren.com – informasi mengenai persyaratan beserta dokumen dokumen yang diperlukan guna mengurus Visa Tinggal Terbatas (VTT) bagi mahasiswa atau pelajar Asing yang termasuk di dalamnya santri Pondok Pesantren WNA (Warga Negara Asing).

Baca ;
Syarat dan ketentuan mengurus KITAS bagi santri pelajar mahasiswa Asing
Profil Pesantren gontor, kegiatan sehari hari, hukuman dan menu makan
Macam Persoalan Kenakalan santri yang dihadapi Pengasuh Pondok Pesantren

Orang Asing yang berencana untuk tinggal dalam waktu yang relatif lebih lama, atau juga berencana akan melaksanakan kegiatan sebagaimana :

  • Bekerja,
  • Investasi,
  • Riset,
  • Belajar,
  • Penyatuan Keluarga,
  • Repatriasi,
  • sebagai Wisatawan Lanjut Usia Mancanegara
piagam izin operasional PMU Ulya
ilustrasi mahasiswi Malaysia (C) Faizal Riza

Dapat memilih jenis visa tinggal terbatas. Untuk memperoleh visa terbatas, WNA mengajukan permohonannya ke Kantor Perwakilan Republik Indonesia terdekat, atau Penjaminnya dapat mengajukan ke Direktorat Jenderal Imigrasi setelah melengkapi persyaratannya.

Biaya Visa Tinggal Terbatas

Berdasarkan situs resmi dari imigrasi, perincian tentang biaya visa jenis ini adalah sebagai berikut;

  • Kawat Persetujuan visa Rp. 100.000,-
  • Visa tinggal terbatas paling lama 6 bulan USD 55
  • Visa tinggal terbatas paling lama 1 bulan USD 105
  • Visa tinggal terbatas paling lama 2 bulan USD 180

Lebih detail dari informasi mengenai biaya dapat anda lacak pada situs kantor imigrasi tentang biaya visa terbatas

Banyak santri WNA belajar di Pesantren

Walaupun ukuran banyak itu relatif, akan tetapi ada saja pondok pesantren yang mendapatkan anak didik dari luar negeri utamanya dari negara sebelah semisal singapura maupun malaysia.

Sedangkan mahasiswa di UIN juga terdapat mahasiswa yang berasal dari Thailand daerah Pattani.

piagam pps wajardikdas wustha

Maka demikian jikalau ada pelajar di pondok pesantren ataupun mahasiswa yang hendak mengurus Visa Tinggal Terbatas yang lembaga pendidikannya berada di bawah Kementerian Agama maka anda telah pas mengunjungi blog ini.

Syarat Mengurus Dokumen Visa Tinggal Terbatas bagi santri dan pelajar serta Mahasiswa

Berikut langkah dalam mengurus dokumen VTT / Visa Tinggal Terbatas beserta syarat dan ketentuan dalam pengajuan.

Permohonan kepada Sekjen

Membuat surat permohonan kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Agama melalui Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri paling lambat 30 hari sebelum kedatangan.

Permohonan untuk mahasiswa harus diketahui dan disetujui oleh rektor, dekan dan direktorat Jenderal Terkait

Permohonan untuk pelajar atau santri harus diketahui dan disetujui oleh Kepala Kantor Kementerian Agama, Kepala Kantor Wilayah Provinsi, dan Direktorat Jenderal Terkait.

Permohonan paling sedikit berisi tentang ;

  1. maksud dan tujuan kedatangan,
  2. sumber biaya, dan
  3. lembaga pendidikan

Lampiran Persyaratan

Hal-hal atau dokumen yang harus dilampirkan dalam surat permohonan kepada Sekjen Kemenag tersebut adalah;

  1. Legalitas Lembaga dan Izin Operasional;
  2. Daftar Riwayat Hidup Mahasiswa/pelajar asing;
  3. Copy ijazah mahasiswa/pelajar asing;
  4. Copy paspor;
  5. Copy polis asuransi kesehatan orang asing untuk jangka waktu masa kunjungan; dan
  6. Pas foto terbaru dengan ukuran 4×6 sejumlah 2 (dua) lembar dengan back ground atau latar belakang warna merah.

Ingat ya warna background nya adalah merah, bukan pink, kuning, hijau apalagi putih.

Untuk keperluan kepengurusan dokumen di Kementerian Agama, tidak ada pungutan biaya alias gratis, all for free.

Meskipun tanpa adanya biaya, diyakini bahwa pelayanan dari pihak Kemenag tetaplah profesional dan terukur melalui SOP.

Jangan lupa bahwa paling lambat surat permohonan kepada sekjen adalah 30 hari sebelum kedatangan dan semoga lancar dalam mengurus visa serta sukses pendidikan menjadi putra putri yang soleh solihah.

Selamat mengurus visa dan kitas nantinya. Salam kenal dari negeri Indonesia.

Persyaratan Mengurus KITAS Pelajar Mahasiswa WNA dan Santri Pesantren

Syarat Mengurus Kitas Pelajar Mahasiswa WNA dan santri Pondok Pesantren

pontren.com – informasi tentang alur dan persyaratan mengurus Kartu Izin Tinggal Terbatas untuk pelajar mahasiswa warga negara asing termasuk santri pondok pesantren yang belajar di negara Indonesia.

baca;
pondok pesantren gratis di Indonesia
Pondok Pesantren Manhaj Salafy di Indonesia
Daftar beberapa Pesantren NU di Indonesia

Kitas In english is limited stay permit, it given to Foreigners who enter the Indonesian territory with the limited stay visa (VITAS) or convert from a visit permit ( B211 index visa) for following one or many purposes decided by Direktorat Imigrasi. For further you can visit limited stay permit informatioan.

Kitas adalah

Kitas adalah Kartu Izin tinggal terbatas diberikan kepada Orang asing yang memasuki wilayah Indonesia dengan visa tinggal terbatas (VITAS) atau mengonversi dari izin kunjungan (visa indeks B211) untuk tujuan yang salah satunya adalah mendaftar untuk peserta pendidikan atau pelatihan.

c-Хава-Сайтаева – ilustrasi santri WNA

Walaupun sebenarnya ada banyak alasan untuk mendapatkan kitas, akan tetapi yang dibahas kali ini yang berkaitan langsung dengan para pelajar, mahasiswa serta santri pondok pesantren dengan kewarganegaraan asing yang belajar di Indonesia.

Dan lebih spesifik lagi adalah kitas yang dikeluarkan melalui jalur surat rekomendasi dari Kementerian Agama (biasanya mereka adalah mahasiswa di perguruan tinggi islam dibawah naungan kemenag, siswa madrasah dan santri pondok pesantren.

Banyak Pesantren yang memiliki santri dari Luar Negeri

Kebanyakan mahasiswa atau santri pondok pesantren yang belajar di Indonesia berasal dari negeri jiran tetangga seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura maupun Thailand daerah Pattani.

Umumnya mereka belajar pada pondok pesantren yang sudah memiliki nama besar dan kondang sampai mancanegara, seperti Pondok pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Mathaliul Falah Pati, al Khoirot Malang maupun pondok pesantren yang lain.

Sedangkan di tingkat Mahasiswa, banyak yang menimba ilmu pada Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga maupun UIN yang lain di Indonesia.

Karena merupakan WNA, maka ada administrasi yang perlu diurus sebagai izin tinggal dan belajar di Bumi nusantara ini yang dalam hal ini adalah Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

Syarat Kitas Siswa Mahasiswa Santri Pesantren melalui Kemenag

Mengutip informasi dari Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Sekretariat Jenderal Kemenag RI Jl. Lapangan Banteng 3-4 Jakarta melalui unggahan di instagram, bahwasanya alur mengurus KITAS adalah sebagai berikut

Membuat Permohonan

Permohonan ini ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Kemenag melalui biro hukum dan kerjasama luar negeri paling lambat 15 hari setelah kedatangan.

Melampirkan persyaratan

Dalam pengajuan permohonan kepada Sekjen Kemenag cq biro hukum dan kerjasama luar negeri, dilampirkan ;

  1. Rekomendasi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota
  2. Rekomendasi Kepala Kanwil Provinsi
  3. Rekomendasi Direktur Jenderal Terkait
  4. Legalitas Lembaga dan izin operasional atau tanda terdaftar lembaga/yayasan.
  5. Daftar riwayat hidup pelajar/mahasiswa asing;
  6. Fotocopy ijazah mahasiswa/pelajar asing;
  7. Copy paspor beserta visa;
  8. Copy polis asuransi kesehatan pelajar atau mahasiswa untuk jangka waktu masa kunjungan, dan
  9. Pas foto paling baru dengan ukuran 4×6 sejumlah 2 lembar dengan latar belakang back ground warna merah.

ingat ya, warna merah, bukan kuning apalagi hitam.

Itulah kelengkapan yang harus dipenuhi oleh para pengelola lembaga yang hendak mengurus KITAS bagi santri yang belajar pada pondok pesantren ataupun informasi untuk para mahasiswa yang belajar di Indonesia melalui jalur Kementerian Agama (Kemenag).

Sebagai tambahan informasi, bahwasanya dalam rangka mengurus kartu Kitas (kartu izin tinggal terbatas) ini secara keseluruhan tidak dipungut biaya alias digratiskan oleh pihak Kemenag dari ujung Kabupaten, Kanwil sampai dengan Direktur Jenderal terkait.

Jangan lupa untuk segera mengajukan kitas karena batas paling lambat aadlah 15 hari sejak kedatangan pelajar atau mahasiswa WNA di Indonesia.

Berikut diatas adalah gambar atau unggahan instagram dari Kemenag dalam hal mengurus serta syarat persyaratan kepengurusan KITAS di Indonesia melalui Kemenag.

9 Keuntungan Manfaat Belajar di Pesantren menurut Ditpdpontren

pesantren langitan
ilustrasi santri di pondok pesantren

Pontren.com – Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Selamat siang para pembaca website dimanapun anda berada, semoga kesehatan dan kesejahteraan selalu dilimpahkan kepada anda sekalian beserta keluarga.

Kali ini mengutip dari instagram resmi milik Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Republik Indonesia tentang Keuntungan Belajar pada Pondok Pesantren.

Setidaknya ada 9 keuntungan bagi santri yang menimba ilmu pada ponpes dalam postingan IG ditpdpontren RI ini.

Berikut kesembilan keuntungan serta manfaat yang diraih oleh para murid yang sungguh – sungguh dan belajar dengan tekun pada lembaga pendidikan pontren.

Pertama, Ilmu yang dipelajari sambung sampai rasulullah, yaitu adanya sanad keilmuan yang terlacak semisal hadis maupun pelajaran dan juga tafsir yang jelas dalam sanad keilmuan.

Kedua, Mendapatkan pengajaran agama yang lengkap. Dengan banyaknya ustadz ustadzah kyai masyayikh yang menjadi guru di pesantren dapat menjadi rujukan jika ada pertanyaan ataupun hal yang kurang dipahami.

Juga dengan kedalaman pemahaman agama dari para pengajar membuat para santri mendapat pengetahuan yang lebih komplet jika dibandingkan dengan siswa yang belajar di sekolah umum.

Apalagi jika orang tuanya memilihkan pada sekolahan non muslim. Memang ada orang tua beragama Islam yang menyekolahkan anaknya pada lembaga non muslim? Ada dan tidak hanya sedikit.

Dan juga dimaksud lengkap yaitu perimbangan antara keilmuan dengan praktek ibadah yaitu adanya kewajiban mengaji pada waktu tertentu (misalnya ba’da magrib dan subuh) serta kewajiban sholat secara jamaah di masjid atau lokasi tempat yang sudah ditentukan oleh pengelola pesantren.

Ketiga, biasanya pesantren memiliki figur kyai yang sudah kenyang asam garam mengarungi kehidupan serta pengalaman spiritual yang beraneka macam.

Dengan berdekatan dengan kyai akan sedikit banyak mendapatkan paparan spiritual dari tokoh ini yang dapat menjadi penyemangat, sumber inspirasi atau juga penguat dalam menjalani kehidupan.

santriah roudlotul mubtadiin 2
santriah roudlotul mubtadiin 2

Keempat, belajar hidup sederhana, mandiri dan dewasa. Lingkungan pesantren umumnya mengharuskan santri untuk mengurus diri sendiri mulai dari menjaga barang, cuci baju, mengatur waktu belajar, istirahat, bermain dan lain-lain. Suasana ini membuat santri terbentuk kemandirian.

Juga kebiasaan berinteraksi dengan berbagai teman dengan sifat dan watak serta daerah yang berbeda menempa pendewasaan sikap santri bertoleransi dan seni dalam bergaul.

Kehidupan santri dalam satu asrama atau kobong serta pakaian yang relatif sama, termasuk menu makan di dapur umum menimbulkan kesederhanaan dalam jiwa santri karena kebiasaan untuk bersikap santai dalam urusan busana dan makanan.

Kelima, diajari sopan santun dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Utamanya pada pondok pesantren salaf yang menempatkan posisi Kyai dan keluarga ndalem dalam tempat yang tinggi.

Keadaan ini membentuk perilaku sopan santun menghormat kepada yang lebih tua ataupun yang berilmu lebih dalam yang terpola dan mendarah daging. Dengan meresapnya berperilaku sopan santun kepada ajengan atau kyai akan terbawa di kehidupan setelah boyong dari pesantren.

Keenam, berpenampilan sederhana tapi berpikiran maju. Seperti sebelumnya tentang kebiasaan pakaian dan menu makan santri akan menempa menjadi orang yang sederhana.

Walaupun sederhana tidaklah menghambat santri untuk berpikiran maju karena melihat alumni yang sukses atau gus kyai yang maju dalam berbagai hal sehingga dibalut kesederhanaan tetaplah tergelorakan semangat maju dalam keilmuan, ekonomi, manajemen, organisasi dan lain sebagainya.

pesantren cinta NKRI

Ketujuh, diajari cinta tanah air. Pesantren NU menjadi pioneer dalam gerakan ini sehingga ada yang mengatakan bangga tidak pernah bughot.

Sedangkan pada pesantren salafy yang disorot karena diragukan dalam hubbul wathan berlomba melakukan pembuktian bahwa lembaga ini tidak seperti yang disangka oleh para yang tidak suka kepada pondok salafy.

Entah apakah dari pesantren ini akan muncul jargon bangga tidak pernah bughot dan tidak pernah koalisi dengan PKI.

Kedelapan, Aman dari pengaruh Pergaulan negatif. Bagi santri yang taat aturan pesantren akan hidup dengan tenang dan damai di pesantren dan jauh dari pengaruh negatif dunia luar yang jelek, baik itu internet maupun dolan ke tempat yang tidak baik. Akan tetapi santri yang memiliki hobi aneh tentu akan susah menghindari pengaruh negatif dari dunia luar.

Kesembilan, Mampu memadukan tradisi dengan dunia modern. Yaitu tradisi pondok pesantren yang baik semisal penghormatan kepada ilmu, perilaku sopan santun, sowan kepada yang lebih berilmu dan lainnya.

Tapi juga tidak melupakan tentang perkembangan dunia misalnya smartphone, internet, politik, ekonomi dan hal baru di era global ini.

Itulah manfaat dari belajar di pondok pesantren yang ada dalam postingan ditpdpontren Kementerian Agama RI.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa baraktuh.

Nikita Mirzani Sekolahkan Anak ke Pondok Pesantren

Embed from Getty Imagespontren.com – assalamu’alaikum gaesss … Yup benar judul diatas dimaksud adalah artis yamg wara wiri di berita infotaintment yang sering mengundang wow dari para pemirsa televisi.

Adalah artis nikita mirzani yang kenyang dengan gossip ataupun berita miring dan juga hujatan serta cibiran dari warganet karena berita sensasi yang dibuatnya.

Sekedar informasi yang sudah diketahui khalayak ramai, sebenarnya artis yang punya image berpakaian seksi ini pernah mondok di pesantren gontor.

Berita tentang pernah mondoknya artis heboh nikita mirzani dapat anda cari di informasi yang bertebaran di dunia maya dengan mudah baik berita sekilas atau yang mereview agak detail.

Pilihan Pesantren untuk Pendidikan Anak

Walaupun dari berbagai news yang memberitakan kebengalan sang artis dikala di pesantren, ternyata Nikita Mirzani tetap memilih pesantren untuk tempat belajar sang anak.

Harapan kami sebagai pecinta pesantren semoga pilihan ini didasarkan pada pilihan yang terbaik untuk pendidikan anak.

Bukan alasan supaya terbebas dari mengawasi buah hati dan dapat beraktivitas heboh tanpa harus pusing mikirin sarapan seragam dan yang lain yang terkait dengan sekolah sang anak.

Tangerang Banten Pesantren Anak Nikita Mirzani

Laura Meizani, begitulah nama buah hati dari Nikita Mirzani, dipilih kota Tangerang Banten bisa jadi karena pertimbangan letak geografis yang relatif dekat dengan Jakarta.

Dengan begitu memudahkan menjenguk anak jika sewaktu waktu kangen atau ada keperluan untuk datang menemui sang anak.

Tepatnya adalah al-Wildan islamic school Tangerang Banten.

Antar anak gunakan Hijab syar’i

Dikala mengantar anak ke pesantren, sang artis menggunakan hijab yang syar’i bukan hanya sekedar basa basi.

Yaitu hijab yang menutup aurat secara baik, bukan model selendang atau kerudung yang di selempangkan di kepala dan masih nampak rambut atau telinga.

Dalam pesan kepada sang anak melalui media sosial, Nikita mengatakan bahwa dia bangga menjadi ibu dari Laura Meizani, dan berpesan untuk rajin belajar.

Nikita yakin kalau anaknya ini bisa. Mungkin bisa melewati masa pendidikan di pesantren dengan baik dan rajin belajar.

Dukungan Positif Warganet

Biasanya warganet ramai komentar negatif terhadap artis sensasional ini, akan tetapi disaat dipajang foto dia mengantar anak ke pesantren dengan hijab syar’i, banyak dukungan positif yang tertuang di media sosial

Diantaranya semisal “akan menjadi penyelamat ibunya kelak”.

Seburuk buruk dan sebaik baik ibu akan berharap anak yang soleheh.

Itulah berita tentang artis yang menyekolahkan anak ke pondok pesantren.

Semoga ibu dan anak ini menjadi wanita solihah yang dapat menjadi inspirasi dan idola dalam kebaikan dan dimudahkan urusan dunia akhirat.

Amiin.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Kata kata Santri Gaul

Embed from Getty Images

pontren.com – hai santri putra maupun santri putri, selamat berkunjung ke lapak sederhana ini, bagaimana pelajaran di pondok? banyak yang lupa? alhamdulillah kalo ingat semua pelajaran yang diberikan ustadz ustadzah pengasuh pondok ataupun pak kyai.

Oh iya disini mau berbagi tentang kata kata santri gaul yang diungkapkan baik hanya dalam buku harian atau surat cinta yang dikirimkan, di masa modern sekarang ya yang di posting pada facebook instagram, dan sedikit pada twitter.

kalau menurut Kamus bahasa Indonesia, gaul berarti hidup berteman atau bersahabat, kalau begitu santri gaul apa dong? hehehee, terserah saja mengartikan, kalau saya sih memaknai nya sebagai orang yang belajar di pondok pesantren atau yang telah lulus yang baik dalam beribadah dan tidak ketinggalan dalam perkembangan zaman.

perkembangan zaman bisa dari segi fashion, teknologi, informasi, pekerjaan dan komunikasi serta pergaulan. dengan begitu bukan santri yang cupu kudet dan fanatis tanpa belajar yang tepat.

oh iya sampai lupa, disini akan dicontohkan beberapa kalimat tentang kata kata santri gaul, dibagi menjadi tiga hal yaitu, cinta asmara rayuan gombal, ibadah dan semangat, dan pada saat dipondok.

kata kata santri gaul sedang dimabuk asmara

لو جمعت أيام عمري من فرح … ما تساوي لحظة من وقتي معك

Kalaulah aku kumpulkan saat-saat gembira dalam hidupku, semuanya tidak akan dapat menyamai indahnya waktu yang aku habiskan denganmu.

ya begitulah jika sedang dimabuk cinta, yang lain seakan tiada artinya, apalagi bisa bertemu disaat pertemuan merupakan hal yang mahal dan sulit, rasanya bagaikan disaat puasa mendengar adzan magrib.

سأظل احبك و إن طال انتظاري … فإن لم تكن قدري فقد كنت إختياري

Artinya: Aku akan selalu mencintaimu walaupun penantian itu begitu lama, jika engkau memang bukan taqdirku, maka aku bahagia telah memilihmu.

nah ini biasanya kisah cinta yang menderu deru dan menggebu gebu akan tetapi adakalanya realistis karena halangan (jarak, strata sosial, izin orang tua) yang menghalangi kisah cinta.

الحب الحقيقي يكون بين الطرفين ويصحبه الصدق والامانه ما عادا ذلك فيكون خيال

Cinta itu melibatkan dua belah pihak dan disertai kejujuran dan amanah. Jika tidak, maka cinta hanyalah khayalan.

nah ini keren, dimana kejujuran dan amanah diperlukan dari kedua belah pihak yang menjalani kehidupan, dimana tidaklah cukup sepihak saja jujur dan amanat dalam cinta. namanya bertepuk sebelah tangan dong.

إذا لم يزدك البعد حبا فأنت لم تحب حقا

Artinya: Jika jarak (yang jauh) tidak menambah rasa cintamu, berarti engkau memang belum mencintainya.

ini cocok nih buat baperin para pelaku peristiwa LDR alias Long Distance Relationship atau cinta jarak jauh. dimana kalau tidak ada penambahan rasa cinta karena jarak yang memisahkan maka diragukan akan rasa cintanya.

lha mau cinta bagaimana? rasa kangen saja tidak ada.

Embed from Getty Images

عندما تحب شخصا بلا سبب كن متيقنا بأن لا ألف سبب قادر على نزعه من قلبك

pada saat dirimu mencintai seseorang tanpa sebab, saat itu pula yakinlah bahwa seribu sebab sekalipun tidak akan bisa mencabutnya dari hatimu.

itulah cinta, ada juga yang menyatakan bahwa cinta laksana kilat, kita tidak tahu kapan dan dimana dia menyambar, dan kalimat diatas merupakan contoh kongkrit dimana rasa adakalanya tidak perlu alasan, hanya rasa saja yang berbicara.

makanya banyak cinta buta karena memang tidak tahu alasan kenapa jatuh cinta. bisa juga melanda santri gaul hahahaha…

أخاف عليك من أي حزن يسرق ابتسامتك

Diriku selalu menghawatirkanmu dari setiap kesedihan yang akan mencuri

kalau orang sedang dimabuk asmara ya begitu, entah santri gaul atau bukan akan mengkhawatirkan pujaan hatinya jika dia sedang bersedih.

Kata Kata Santri Gaul dalam Ibadah

Kehilangangan sandal di masjid hanyalah persoalan kecil, persoalan yang lebih serius adalah disaat sandal kita tidak bernah berada di masjid.

di panggil gebetan buru buru dateng, dipanggil adzan mah boro boro dateng, molor iya.

Serangan hebat datang disaat sedang ngaji kitab dan tadarus, serangan itu adalah pasukan kantuk.

Sujud Tidak Pernah, ibadah sangat malas, sholat absen melulu, pas lagi kena musibah bilangnya “aku lagi di uji nih. siapa yang nguji? sekolah kagak, mau ngikut ulangan?

Embed from Getty Images

Santri itu mantab, kalah rupa menang doa, kalah duit menang wirid, kalah pangkat menang tirakat, kalau kalah semuanya? ya mondok lagi dah.

Disaat malam minggu yang lain pada wakuncar kami tetap istiqomah mengaji, karena libur kami malam jum’at.

Kata kata santri Gaul di Pondok Pesantren

Nikmatnya jadi santri itu disaat di pesantren ingat kangen rumah, disaat di rumah kangen di pondok.

kenangan indah memalukan awal mula di pondok adalah ke kamar mandi hanya untuk menangis karena kangen emak bapak.

urusan masak dan makan, santri adalah SDM yang unggul dalam melakukan inovasi dan mensiasati keadaan.

Nasib bagian keamanan, dibenci hampir seluruh santri satu pondok pesantren, disaat lulus sering dibully karena menghukum yang lain.

senangnya santriwan saat santriwati bikin postingan “Ngaji sampai mati, mondok sampai rabi”.

Embed from Getty Images

Pesantren merupakan lembaga pendidikan untuk mencetak ulama, tapi kenapa orang tua banyak yang berfikir sebagai tempat penitipan anak karena sibuk dan lebih parahnya lagi sebagai pembuangan anak bandel.

sandal adalah benda yang paling sering hilang, sampai istilah ghosob begitu membahana di pondok pesantren.

rasa liburan paling nikmat adalah disaat berada pada pondok pesantren, liburan yang gak enak adalah libur dimasa kuliah.

itulah beberapa kata kata gaul sebagai hiburan ringan dibaca oleh kalangan pecinta pondok pesantren.

salam ayo mondok.

Santri Gaul yang Asyik

Embed from Getty Images

pontren.com – hay guys, Assalaamu’alaikuum, whats ap bro, bagaimana kabar anda hari ini? Semoga sehat wal afiat lancar rizki, disayang oleh yang dicintai dan memliki kawan rekan yang banyak soleh solihah yang setia kawan.

Kali ini akan ditulis mengenai santri gaul. Hmmm… emang ada ya santri yang enggak gaul? Yaelah, bukan hanya santri aja yang terdeteksi tidak gaul, banyaakk, pada setiap komunitas kayaknya pasti ada deh yang gaul dan tidak gaul, kebalikan gaul biasa disebut dengan kuper cupu dan identik dengan kutu buku? Pakaian rapi tapi wagu dan lain sebagainya.

Baca;
Mengenal santri Kalong
Kata -kata cita santri salaf dan salafy
Santri Kobong Pondok Pesantren Salafiyah

Apa sih santri gaul itu?

Banyak terdengar komentar dia tuh gaul, kalau di kalangan pondok pesantren ya itu tuh santri gaul atau gue pengen jadi santri yang gaul ah enggak kuper kudet cupu.

Kalau ditinjau dari segi bahasa, secara sempit santri bisa disebut sebagai orang yang belajar di pondok pesantren atau yang telah lulus.

Sedangkan gaul, menurut KBBI alias Kamus besar bahasa Indonesia memiliki arti hidup berteman atau bersahabat.

Jadi kesimpulannya adalah santri gaul berarti anak pondok pesantren atau alumni ponpes yang pintar dalam berteman maupun bersahabat.

Dalam arti yang lain, gaul bisa bermakna kebalikan dari cupu kuper kudet, yaitu memiliki wawasan yang baik, atau tidak ketinggalan mode maupun gaya hidup.

Contohnya ; memakai baju yang sedang ngehits, mengetahui informasi terbaru tentang teknologi, bisa mengoperasikan komputer dan tahu ilmu dasar Teknologi informasi.

Embed from Getty Images

Kaos santri Gaul

Baju ataupun kostum merupakan hal yang melekat pada santri, dan salah satunya adalah kaos. Pakaian yang nyaman dipakai untuk dolan bepergian mejeng atau ngapain disaat santai.

Karena fleksibilitas dan fashionable pemakaian kaos serta kenyaman yang ditawarkan sehingga banyak yang mengekspresikan pada kaos santri gaul, macam macam tulisan dan gambar pada koas, misalnya;

Santriwan buronan santriwati
Kalo tidak ngaji ya ngopi
Guruku Kyai, bukan mbah google
Dipanggil boss buru buru nyamperin, dipanggil adzan boro boro nyamperin
Bangga jadi santri indonesia.

Dan lain sebagainya yang di sablon pada kaos yang disukainya.

Animasi santri Gaul dalam kartun

Bagi yang mencari gambar animasi santri gaul, bisa menuju ke situs penyedia gratis semisal pixabay, pexels, pxhere atau untuk dipajang pada blog bisa memanfaatkan fasilitas link embed gratis semisal dari getty images yang saat ini sudah bisa dipajang gratis dengan metode embed pada wordpress milik kita.

Penutup

Boleh enggak sih jadi santri gaul? Ya selama itu tidak melanggar syariat serta positif dan tidak menyalahi aturan yang berlaku maka boleh boleh saja untuk jadi yang di inginkan.

Akan tetapi jika gaulnya adalah hal yang negatif tapi di anggap keren ya tetap salah, misalnya ;

Kabur dari pondok dengan elegan
Punya pacar yang banyak
Hacker situs secara ilegal
Pakai pakaian yang melanggar aturan syar’i misalnya menampakkan yang tidak boleh atau membentuk body tubuh.

Kalau tidak gaul bagaimana? Sama saja sih, istilah gaul itu hanyalah untuk membuat seseorang nampak lebih keren, akan tetapi umumnya sesuatu yang keren jumlahnya lebih sedikit daripada yang umum.

Jadi tidak ada salahnya kalau memilih jalan menjadi common people atau ordinary santri selama tetap dalam kondisi positif giat belajar tekun bekerja dan pantang menyerah serta tertib dalam beribadah dan bertingkah laku baik akhlak karimah budi mulia.

Salam ayo mondok.

Santri Salaf dan Salafi

Pontren.com – informasi tentang santri salaf dan santri salafi pada pondok pesantren di Indonesia baik kesamaan maupun perbedaan dan ciri khas yang umum melekat pada mereka ataupun penisbatan dari pihak orang lain diluar golongan kelompoknya.

Dalam pemahaman umum, santri adalah orang yang belajar pada pondok pesantren, walaupun ada yang menganggap santri merupakan sebuah perilaku atau akhlak seorang yang mencerminkan orang islam.

santriah roudlotul mubtadiin 2
santriah roudlotul mubtadiin 2

Baca;
Mengenal santri kalong
Santri Kobong pada pondok pesantren Salafiyah
Pengertian santri pondok pesantren

Pengertian santri salaf

Menurut opini saya pribadi, pengertian santri salaf adalah orang yang mencari ilmu pada pondok pesantren tradisional atau salafiyah, yang sangat terkait dengan organisasi Islam yang diyakini terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama.

Santri salaf dikenal memiliki keahlian yang baik dalam membaca kitab kuning utamanya dari segi nahwu sharaf jika dibandingkan dengan santri pondok pesantren modern.

Dan dari segi akhlak dan penghormatan alias ta’dzim, santri salaf memiliki budi pekerti yang sangat tinggi terhadap kyai pondok pesantren. Dapat disimak dari bagaimana cara menyebut guru, menggunakan kromo inggil ketika berkomunikasi, senang jika mendapat perintah dari pengasuh pondok pesantren dan perilaku lain yang berkaitan dengan kyai.

Santri salaf kebanyakan meyakini bahwa kyai atau orang orang tertentu memiliki kelebihan diluar nalar atau karamah, entah mengetahui masa depan (weruh sak durunge winarah), ahli ibadah, berada di tempat yang berbeda dalam satu waktu, melakukan hal yang diluar nalar (misal jum’atan di Makkah dan pulang bawa oleh oleh kurma yang masih ada getah) pada hari yang sama.

Pada pondok salaf kebanyakan merokok bukanlah hal yang tabu, sehingga santri yang sudah seumuran SMA atau Kuliah termasuk banyak yang mengepulkan asap pas pus baik di kamar atau tempat yang diizinkan untuk merokok.

Santri salaf menyukai barjanzi, tahlilan, manakiban, dan adakalanya juga ilmu kanuragan yang membuat raga menjadi kebal terhadap senjata tajam, adapula dengan metode gotri atau asma dan semisalnya.

Santri salaf memiliki istilah tersendiri terhadap suatu kegiatan yang bagi kaum abangan bisa jadi tidak mengetahuinya.

Contoh istilah tersebut misalnya
Lalaran ; kegiatan menghafal nadzam
Ro’an ; kegiatan bersih bersih lingkungan pesantren
Mayoran ; kegiatan masak bersama
Meril ; naksir yang tidak pada tempatnya.
Mujahadah ; kegiatan ibadah

Gambar Foto Santri Salaf

Beberapa sat ketika saya di Yogyakarta, saya memiliki rekan yang belajar pada pondok pesantren salaf yaitu di Pondok pesantren Ali Maksum dan Pondok Pesantren Krapyak, setelah beberapa tahun tidak bertemu akhirnya bersua lewat facebook dan whatsapp dan saya dapat foto santri salaf hasil download facebook maupun whatsapp, berikut contoh foto.

Sedangkan gambar Cuma bisa diambilkan dari situs penyedia gambar ilustrasi gratisan pixabay dimana tidak disebutkan secara spesifik bahwa itu adalah gambar santri salaf.

Walau begitu bisa dijadikan sebagai acuan gambar santri salaf pada blog atau wordpress anda.

Santri Salafi

Sedangkan santri salafi adalah siswa atau murid yang sedang belajar pada pondok pesantren salafi atau salafy.

Kata salafy dinisbatkan kepada 3 generasi umat yang merupakan generasi terbaik seperti disebutkan nabi Muhammad saw.

Termasuk juga dalam cara beribadah, santri salafi ini merujuk kepada peribadatan tiga generasi ini, sehingga jika tidak terdapat ajaran atau tuntunan dalil dalam peribadatan maka santri salaf tidak melakukan ibadah dimaksud, dicontohkan misalnya tahlilan 7 hari, 100 hari atau 1000 hari wafat seseorang.

Kebanyakan santri salaf dalam pendidikan merujuk kepada lembaga atau universitas di Saudi Arabia misalnya Jami’ah Al Madinah serta syaikh Syaikh Abu ‘Abdullah Muhammad bin Shalih bin Muhammad bin Sulaiman bin Abdur Rahman Al-‘Utsaimin At-Tamimi, walaupun tidak semuanya juga seperti itu.

Sama seperti santri salaf, para santri salafi ini juga mempunyai keahlian dalam membaca kitab kuning akan tetapi dengan metode pendekatan yang berbeda dalam pembelajaran.

Tapi jelas secara umum santri salafi lebih ahli dalam membaca kitab berbahasa arab dari segi nahwu sharaf dibandingkan dengan santri pondok pesantren modern apalagi semacam boarding school murni yang dianggap islami.

Hubungan santri salafi dengan ustadz termasuk dalam relasi yang baik dimana santri salafi menghormati pengajar atau pengasuh. Akan tetapi hubungan atau relasi ini memiliki perbedaan hubungan santri salaf dengan pak atau Mbah Kyai.

Pada santri salafy komunikasi bersifat menghormati dan lebih kepada sesama muslim dan orang yang lebih tua, ada juga kritik dan koreksi dari santri jika ada hal yang tidak benar terjadi (walaupun mungkin tidak secara langsung atau di belakang pengasuh).

Umumnya santri salafi berpendapat bahwa merokok adalah haram sehingga terdapat lebih sedikit perokok di kalangan santri salaf jika dibandingkan dengan santri salafi.

Foto santri salafi

Ada foto atau gambar yang pernah di ambil pada pondok pesantren salafi di daerah Tengaran Kabupaten Semarang, dari situ bisa dilihat foto santri salafi yang entah sedang selesai sholat atau antri makan disaat bulan puasa.

Gambar santri salafi

Seperti keterangan diatas tentang gambar santri salaf, untuk gambar santri salafi ini juga hasil mengunduh dari situs gratis dimana juga tidak tertulis dengan pasti merupakan gambar atau ilustrasi vector santri salafi.

Walau begitu, gambar dimaksud bisa dijadikan ilustrasi pendukung pada blog atau website wordpress yang dikelola.

Demikian postingan mengenai santri salaf dan salafi, jika ada koreksi pembetulan atau tambahan informasi silakan dituliskan pada kolom komentar.