Arsip Tag: cinta dan kasih sayang

Penjelasan cinta dan kasih sayang menurut seorang kyai

update artikel tentang penjelasan cinta dan kasih sayang menurut soerang Kiai, yang rilis pada tahun 2017 dan kami perbarui lagi pada tahun 2021 untuk penyegaran tulisan.

Pada bulan ramadhan tahun 2017 Masehi atau 1438 Hijriyah, tempat kerja kami mendatangkan seorang pengasuh suatu rintisan pondok pesantren.

Dalam hal ini beliau di undang dalam rangka memberikan siraman rohani kepada jajaran karyawan maupun para boss di tempat kerja. Adapun kitab yang di pelajari adalah karangan syaikh an Nawawi Al Bantani

Sekedar tambahan pengetahuan, Syaikh Nawawi al Bantani merupakan ulama yang terkenal dan berasal dari Indonesia.

beliau mempunya nama lengkap Abu Abdul Mu’thi Muhammad Nawawi bin Umar bin Arabi bin Nawawi al-Jawi al-Bantani, dilahirkan di desa tanara kecamatan tirtayasa kabupaten serang banten utara yang saat ini Banten telah menjadi Provinsi tersendiri. Dilahirkan pada tahun 1814 M atau 1230 H.

filsafat cinta dan kasih sayang

Adapun bab yang dikaji pada ramadhan pada saat itu bab Taharah.

Saya sendiri sudah banyak yang lupa dengan apa yang beliau sampaikan terkait dengan taharah dan detil dari penjelasan dalam kitab. Akan tetapi secara umum poin – poin yang penting semoga saja saya mengingat selamanya.

Dan dalam kajian suatu kitab, saking luasnya pengetahuan kyai tersebut dibandingkan dengan jajaran karyawan dan penggede tempat kerja.

Biasanya dijelaskan juga beberapa hal terkait dengan pembahasan dan kadangkala melebar kemana mana keluar dari pembahasan inti.

Salah satu kasus pelebaran pembahasan dari pokok inti bahasan taharah ternyata juga membahas tentang cinta dan kasih sayang, cie ciee…..

Beliau menerangkan apa itu cinta, apa itu kasih sayang, dengan pembahasan yang bagus, menarik serta masuk akal dan sesuai dengan kondisi yang ada.

Bisa dikatakan beliau membahasakan perasaan yang ada di masing – masing orang (secara umum) serta perilaku dan kebiasaan yang terjadi pada insan manusia.

Penjelasan Tentang cinta

penjelasan cinta dan kasih sayang. Kyai Soleh Masrur, yang aslinya bernama Muhammad Sholeh, kemudian nama Masrur merupakan nama dari ayah beliau.

Pak Kiai menjelaskan bahwa dalam bahasa Arab, cinta disebut dengan Mahabbah.

Kapan terjadinya cinta?

Atau alasan orang cinta?

Cinta terjadi karena seseorang melihat kelebihan dari seseorang. Kelebihan tersebut bisa berupa fisik (ganteng, cantik, badan indah, manis, dan yang lain-lain).

Atau kepribadian yang menarik (supel, menyenangkan, ngangenin dll), termasuk juga dataran hal harta (kaya, banyak property), faktor keturunan (anak pejabat, keturunan kerajaan, dll).

Jadi bisa disimpulkan cinta muncul karena melihat adanya kelebihan yang melekat pada seseorang.

Dengan adanya kelebihan yang di miliki oleh seseorang, menjadikan lawan jenis menjadi simpatik, berlanjut dengan tertarik dan menjadikan jatuh cinta.

Maka cinta atau mahabbah merupakan hasil dari takhluknya hati seseorang disebabkan kelebihan yang dimiliki seorang yang dicinta.

Karena rasa cinta, hal-hal umum yang sebenarnya secara hakiki merupakan hal yang sakit, akan tetapi karena berdasarkan cinta maka hal tersebut menjadi suatu sakit yang menyenangkan.

Contoh kasus sewaktu mendapat cubitan dengan keras oleh orang yang di cintai maka sakit akan terasa, akan tetapi ada perasaan senang di hati yang dicubit.

Hasilnya sakit ragawi diabaikan dan menjadi hal yang menyenangkan di hati.

Istilah kekinian bisa disebut dengan kata kalau cinta sudah melekat, tai kucing rasa coklat.

cinta dan kasih sayang

Penjelasan tentang Kasih sayang

penjelasan cinta dan kasih sayang. Dalam mengistilahkan kasih sayang, beliau membahasakan dengan kata rahmah.

Kemudian penjelasan beliau tentang rahmah adalah, suatu keadaan pada kondisi dimana memaafkan, memaklumi apa yang menjadi kekurangan atau kesalahan yang ada pada seseorang.

Dalam penggambaran, misalnya kehidupan suami istri dimana suami memaklumi perubahan fisik pasangan yang sedikit melebar, atau istri yang maklum suami kurang rapi dalam menata baju sepatu dan lain-lain.

Hal ini disebut dengan kasih sayang karena kondisi dimana ada rasa maklum atau memaafkan hal-hal yang kurang baik melekat pada pasangan.

Kaitan Cinta dan Kasih Sayang

Dalam hal cinta dan kasih sayangd dalam kehidupan pasangan, bahwasanya secara umum terjadinya kasih sayang diawali dengan adanya cinta.

maka normalnya kasih sayang itu terjadi karena kecintaan.

Dan dua hal tersebut diperlukan guna perjalanan mengarungi bahtera cinta rumah tangga.

Bagaimana kalo tidak ada salah satu dari kedua unsur mahabbah atau rahmah?

Mestinya akan kurang baik bagi kesehatan rumah tangga.

Kapan cinta Menggebu-gebu?

Pernah mendengar istilah cinta monyet?

Istilah cinta yang di nisbatkan kepada anak-anak yang masih dianggap belum tahu tentang cinta sebenarnya dan kehidupan nyata di dunia.

Dan biasanya cinta menggebu bukan pada fase saat ini.

Kebanyakan fase cinta menggebu terjadi pada saat pedekete (PDKT) alias pendekatan, dan pada saat pacaran serta awal pernikahan.

Utamanya masa PDKT dan pacaran bisa dikatakan fase cinta yang menggebu.

Kenapa bisa terjadi? Pada masa ini masih ada kans besar terlepasnya gebetan dari tangan, sehingga keinginan untuk selalu dekat dan berkomunikasi setiap saat sangat besar.

Berbeda dengan saat sertifikat alias buku nikah di tangan, pada fase ini ada perasaan aman karena sudah terikat secara sah, sehingga setelah beberapa saat menikah terjadi penurunan kualitas rasa cinta dalam hal perilaku (umumnya).

dea rahma

Kapan kasih sayang mulai tumbuh?

Setelah cinta, disebutkan bahwa datang kemudian kasih sayang, seperti pembahasan diatas bahwa kasih sayang merupakan pemakluman dari kekurangan atau kesalahan.

Apakah pada saat pacaran tidak ada kasih sayang?

Tidak juga sih, akan tetapi secara prosentase sepertinya menempati porsi yang lebih kecil dibanding cinta.

Selain itu faktor takut kehilangan menjadikan keterpaksaan memunculkan rasa kasih sayang (bagi sebagian orang).

Yang sering di istilahkan sebagai “pencitraan cinta”.

Bisa dikatakan bahwa kasih sayang yang sebenarnya akan tampak ketika suatu pasangan sudah sah menjadi suami istri dan menjalani kehidupan beberapa saat.

Umumnya 6 bulan pertama masih banyak hal – hal pencitraan.

Akan tetapi setelah 6 bulan kesana akan menjadi normal kembali pada sifat asal seseorang.

Dengan begitu dimana seseorang memaklumi, memaafkan kekurangan dan kesalahan pasangan bisa disebut sebagai real kasih sayang dari pasangan.

Begitulah kajian taharah yang melebar kepada penjelasan mahabbah dan rahmah.

Dikatakan bahwasanya rahmah alias kasih sayang terjadi bermula dari adanya cinta.

Dengan adanya cinta yang awalnya menjadikan kelebihan sebagai pedoman berperilaku kemudian berangsur – angsur ada tambahan kasih sayang yang berwujud memaklumi dan memaafkan kekurangan dan kesalahan.

jika berminat membaca terkait perihal cinta, silakan mengunjungi blog yang mungkin bisa menambah khazanah pengetahuan blog milik seorang dengan nama pena dea rahma

Jawaban ketika dibilang manis, trick supaya cowok bilang cinta

Jawaban ketika dibilang manis bagi para perempuan yang mendapat anugerah kecantikan wajah cantik dan fisik mempesona yang membuat para pria dengan terpaksa jujur untuk melontarkan ucapan jujur bahwa dia cantik manis mempesona.

pontren.com – assalamu’alaikum, yang pertama sampean kudu bersyukur apabila ada yang ada yang memuji bahwa anda memiliki senyum dan berwajah manis, tentu ada alasan orang memuji seperti ini.

Alasan yang pertama yaitu murni dari isi hati karena keadaan. Maksudnya memang kondisi sampean mempunyai apa yang ada dalam pujian yaitu manis secara wajah atau senyuman.

Yang kedua karena alasan dia naksir, ibarat kata tai kucing rasa coklat.

Entah bagaimana kondisi anda kala itu bangun tidur masih kusut tetap saja bagi pemuja anda nampak merupakan wanita paling cantik di negeriku Indonesia.

Alasan ketiga yaitu ada modus supaya orang yang memuji anda mendapatkan uluran tangan.

Baik bantuan mengerjakan ujian, tugas, atau bahkan meminjamkan uang.

Anggap saja kita akan mengulas jawaban ketika mendapat pujian ketika dibilang manis ucapan jujur seorang pria karena pesona cetar membaha sampean.

Kata kata untuk membalas pujian sebagai jawaban ketika dibilang manis

Ada banyak kata-kata untuk membalas pujian, anda bisa memilah dan memilih jawaban respon menjawab ungkapan manis melihat siapa yang melontarkannya.

Untuk menjawab pujian karena alasan kedua dan ketiga (orang yang cinta kepadamu dan yang modus mendapatkan bantuan) anda bisa mengabaikannya.

Atau tetap sopan menjawab sebagaimana model pertama, yaitu yang memuji secara tulus.

Maksudnya mengabaikan bagaimana?

Kalau yang naksir sampean dan anda tidak ada setrum setrumnya pada dia. Anda bisa memberi jawaban lucu ketika dipuji cantik atau manis.

Misalnya, memang ngomong itu tidak perlu kulakan dipasar.

Maksud loe? Gue mirip kucing gitu?

Ya kudu cantik dan manislah, untuk ngimbangin cowok gue yang ganteng dan kyut.

Wah selera kamu dalam menilai orang memang tepat, dan pandangan matamu masih prima serta tajam, bisa mengetahui orang yang cantik manis. 😀 😀

Baru nyadar lu ya kalo gue manis?

gue lagi bokekkk!!!

Nah itu untuk respon orang yang anda kenal dan anda kurang begitu peduli kepadanya karena dia naksir tapi sampean tidak ada rasa balik.

Atau jawaban kepada para modus dengan tujuan tertentu.

Memberikan Sinyal yang jelas Supaya dia Nembak bilang Cinta

bahasa arabnya aku kamu dia

Bagaimana untuk menjawab yang sopan? Atau memancing dia untuk menembak anda menjadikan sampean pacarnya?

Nah, sebenarnya jawabannya sederhana, singkat dan pendek saja.

Untuk menjawab sopan dan anda tidak menolak sebutan manis atau cantik serta tidak nampak ge er besar kepala. Respon saat dipuji orang pilihan jawaban adalah ucapkan kalimat “terima kasih” atau makasiih.

Jawaban ini sederhana akan tetapi apresiasi anda kepadanya yang telah berkata jujur mengatakan anda cantik. Sebagai jawaban ketika dibilang manis.

Trus gimana nih supaya kita memberikan kunci kepada cowok yang bilang begitu biar dia nembak ke kita?

Jawabnya begini, sayangnya sampai sekarang masih aja jomblo heheheee.

Nah, dengan begitu anda memberikan sinyal bahwa anda dalam situasi sendiri alias lajang tidak punya pacar.

Masih belum mempan juga?

Pakai jurus terakhir saja yang membuka pintu lebar – lebar supaya dia masuk untuk menjadi gebetan anda.

Gimana caranya?

Somehow, lanjutkanlah obrolan dan bilang seperti ini kira kira.

Yah begitulah, urusan jomblo atau tidak hanya yang diatas yang tau, kalau namanya jodoh siapa yang tau,

bisa saja kamu nanti yang bisa membuatku untuk melepaskan lajang. Siapa tahu?

Kalau dia tetap tidak nembak nembak meski sudah anda bilang seperti itu, ya sudahlah.

Pintu asmara sudah anda buka lebar, bisa jadi dia memang belum ada sinyal kepada anda atau masih ingin meraih impiannya lebih serius. Alias belum memikirkan pacaran.

Nah ini hanya sebuah jurus yang menimpa saya, (mengenai masa depan tidak tahu).

Maksudnya?

Maksudnya saya adalah korban dari kata kata itu hahahahaa. Wilujeng dalu, wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Kata Cinta Ala Santri Salafi dan Salaf

lambang cinta

Pontren.com – informasi tentang untaian rangkaian kata cinta yang romantis mendayu dayu bagi pujaan hati kekasih santri pondok pesantren yang kadang terhalang oleh tembok asrama sehingga hanya bisa membikin kata puitis untuk penyalur ungkapan rasa sayang pada seseorang yang dicintai.

Kata kata perasaan ungkapan hati ini diambilkan dari berbagai mahfudhot atau pepatah arab yang ditulis dalam bahasa arab disertai artinya, oh iya jangan coba coba dipakai untuk merayu ya, bisa berbahaya karena menyebabkan efek yang tidak terduga.

Efek pertama : di ketawakan diabaikan dan dijadikan bahan tertawaan santriwati atau santriwati kompleks sebelah karena berani mengirimkan surat cinta dengan kata mutiara arab dengan media pada kertas dan pena khat

Efek kedua : ada seseorang yang klepek klepek melayang jatuh cinta karena dobosan bersilat lidah yang mengambil dari berbagai sumber digunakan sebagai pemikat wanita yang di idamkan. Haduh kasian kalau sampai di PHP alias pemberi harapan palsu

Kata cinta ala Santri dalam bahasa arab

Berikut beberapa contoh untaian kata dalam bahasa arab yang menunjukkan atau ungkapan permisalan cinta maupun kedalaman kasih sayang terhadap yang disukai.

الحبّ كالحرب فمن السّهل أن تشعلها ولكن من الصّعب أن تخمدها

Cinta itu laksana sebuah perang, amat mudah mengobarkannya, namun amat sulit untuk memadamkannya

Itulah cinta, seperti kata teman saya, cukup setengah jam untuk mengenalmu, sekejap saja guna jatuh cinta, dan waktu seumur hidup untuk melupakanmu.

Makanya hati hati dengan jatuh cinta atau memberi harapan.

عِندمّا نُحبْ تَرتبِط مشآعِرُنّا بِ [الخَوف] ، نَخافُ الفقدْ .. نَخافُ الفُرآق ؛ وَ نخافُ [النَصِيب] أكثَر

Ketika kita mencintai, perasaan kita akan merasakan ketakutan; takut kehilangan, takut perpisahan dan takut berbagi.

Hayo bener apa tidak? Disaat cinta sama seseorang, pas sedang berjauhan dan mendengar sang kekasih sedang bersama lawan jenis yang lain, ada rasa cemburu dan takut direbut oleh orang lain, hayoo ngaku yang pernah cinta atau jatuh hati.

لو أن الحب كلمات تكتب ,, لانتهت أقلامي ,, لكن الحب ,أرواح توهب

Kalaulah cinta itu kata yang harus ditulis, niscaya penaku sudah habis. Tapi untunglah cinta itu adalah udara yang terus berhembus.

Nah inilah permisalan bagi orang yang sedang menderu deru rasa cintanya, segala macam pemisalan akan berhamburan sehingga ada saja contoh yang digunakan untuk menggambarkan betapa besar dan dalam sang pecinta (biasanya saat awal pedekate atau awal jadian, wuih dunia berasa milik berdua saja santriwan dan satriwati cie ciee.)

ليس الحب أن نبقى دائما بجانب من نحب ولكن الحب أن نبقى في قلب من نحب

Cinta bukan berarti kita selalu berada di sisi orang yang kita cintai… Tapi cinta itu adalah tatkala kita berada dalam hati orang yang kita cintai

Nah ini dia bagi yang patah hati atau santri melihat pujaan hati menikah dengan yang lain sehingga santri baik salaf ataupun salafy merasakan merana di hati dan kehilangan yang sangat besar. Seakan langit runtuh kehilangan incaran calon pendamping hidup.

يحلم الرجل بأمرأة كاملة و تحلم المرأة برجل كامل و لا يعلمون أن الله خلقهم ليكملا بعضهم البعض

Seorang laki-laki selalu mengidam-idamkan seorang wanita yang sempurana dan wanita pun begitu selalu mengidam-idamkan laki-laki sempurna. Padahal mereka tidak faham bahwa Alloh menciptakan mereka untuk saling melengkapi satu sama lain.

Ini rayuan bagi seseorang yang merasa memiliki kekurangan atau kalah saing karena ada hal minus pada dirinya sehingga diperlukan boster atau stimulan bagi incaran supaya mau menoleh atau berpaling padanya.

Bisa juga sebagai dorongan atau meyakinkan seseorang karena kekurangannya sehingga merasa tidak layak untuk menjadi partner dalam kehidupan keluaga.

pesan bojo ojo dicolong

Dah sementara itu dulu aja kata kata mutiara bagi santri pondok pesantren salaf salafy santriwan santriwati putra putri.

Abis karena nulis ini bikin baper sendiri sich… heheh…
Makasih untuk blog diedit atas comotan beberapa katanya.

peringatan keras : untuk yang masih anak anak, boys and girls, please don’t try this at home.