Malas Adalah Penyakit Alkasalu Daaun (Mahfudzot Maqolah Arab)

Malas Adalah Penyakit Alkasalu Daaun (Mahfudzot Maqolah Arab)

Malas adalah penyakit bahasa Arabnya yaitu alkasalu daaun (ada yang menulisnya daun saja, adapula daa’un dan bermacam macam versi penulisannya dalam mahfudzot Bahasa Arab atau maqolah ini.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi. Pastinya para guru, orang tua banyak yang memberikan nasehat wejangan kepada anak-anak untuk bersungguh – sungguh dan tidak malas.

Dalam kamus bahasa Indonesia, pengertian malas adalah tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu. Dampaknya adalah ada pekerjaan yang tentunya tidak akan selesai tuntas dan berakibat pada mangkraknya sesuatu hal.

Makanya dalam maqolah berbahasa Arab menyebutkan bahwa malas itu merupakan penyakit.

Jika kita membagi penyakit dapat memilahnya menjadi dua bagian besar yaitu penyakit pada jasmani atau raga, misalnya batuk, pilek, gatal-gatal dan lain sebagainya.

Namun adapula penyakit yang hingap pada rohani manusia, misalnya sakit mental, gila dan ada yang menyebut bahwa kemalasan juga merupakan penyakit secara jiwa manusia.

Apa itu penyakit? Yaitu sesuatu yang menyebabkan gangguan pada makhluk hidup.

Tulisan Arab Malas Adalah Penyakit (Alkasalu Daaun) dan Artinya (Mahfudzot)

Berikut ini adalah tulisan Bahasa Arab malas merupakan penyakit (bagi manusia) yeng text arabic nya adalah sebagai berikut ini;

اَلكَسَلُ دَاءٌ

Jadi secara terjemahan harfiah (اَلكَـسَلُ ) al kasalu artinya adalah malas, sedangkan artinya (دَاءٌ) daa-un artinya adalah sakit atau penyakit.

Malas merupakan suatu sifat. Saat saya sedang ngobrol dengan tetangga, dia menyebutkan bagaimana suatu sifat manusia susah untuk merubahnya.

Jadi unen unen Basa Jawa ini berbunyi;

Nek watuk isih ono obate, ananging watak iku angel tambane. Artinya adalah apabila batuk masih ada obatnya, namun apabila watak (sifat, watak) itu susah pengobatannya.

Jadi karena kemalasan berdampak akibat yang buruk dalam segala aspek dan juga hal, makanya ini adalah merupakan suatu penyakit. Jadi akibatnya yang buruk menjadikan sifat malas merupakan penyakit.

Bahkan Dalam British Journal of Sports Medicine, Dr. Richard Weiler mengatakan bahwa kemalasan harus mulai dikategorikan sebagai penyakit.

Dampak dari kemalasan secara fisik adalah jarang bergerak, sedikit aktivitas. Akibatnya misalnya yaitu obesitas, darah tinggi dan lain sebagainya.

Itu baru dari dampaknya kepada jasmani. Akibat lebih luas dalam pekerjaan dan hubungan sosial, bisa mengakibatkan kerugian ekonomi bagi orang yang bermalas-malasan ini.

Bahkan dalam suatu maqolah mahfudzot menyebutkan bahwa Malas itu perbuatan syetan yang bahasa Arabnya yaitu al kasalu min ‘amali-sy syaithoon.

adapun tulisan teks Arab kemalasan adalah perbuatan setan yaitu sebagai berikut;

اَلــكَــسَلُ مِنْ عَمَلِ الشَيْطَانِ

Demikianlah informasi tentang mahfudzot bermalas malasan atau sifat malas lengkap dengan tulisan arab dan artinya beserta terjemah dalam Bahasa Indonesia.

Maturnuwun sudah mampir, wilujeng enjang salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*