Aja Uncal Uwuh Tegese Gugon Tuhon

Aja Uncal Uwuh Tegese Gugon Tuhon

Aja uncal uwuh tegese yaiku Nguncalale uwuh bisa nggregedi lingkungan, becike uwuh dikumpulake banjur dibuwang ing papan sing samesthine (gugon tuhon Basa Jawa).

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, dalam gugon tuhon ini artinya jangan melempar sampah artinya atau maksudnya adalah melemparkan sampah dapat mengotori lingkungan, baiknya sampah dikumpulkan kemudian dibuang di tempat yang semestinya.

Tegese uwuh yaiku regedan awujud godhong, plastik, tilas panganan, lan sak piturute. Uwuh artinnesia adalah sampah, semisal dedaunan, plastik, bekas makanan dan lain-lain.

Dalam ajaran gugon tuhon kali ini sesuai dengan banyak peringatan pada papan yang berbunyi jangan buang sampah sembarangan, atau buanglah sampah pada tempatnya.

Dengan tidak membuang sampah secara sembarangan maka lingkungan menjadi lebih bersih, bisa meminimalisir macam penyakit, mengurangi bau yang tidak enak serta sungai dan aliran air bisa berjalan dengan lancar.

Apabila membuang sampah dengan sembarangan bisa mengakibatkan berbagai bencana semisal banjir, wabah penyakit dan tentunya tidak baik untuk kesehatan dan kurang nyaman bagi para penghuninya.

Maksud dan Arti Aja Uncal Uwuh Tegese Gugon Tuhon

Singkatnya ungkapan gugon tuhon aja uncal uwuh memiliki maksud untuk menjaga kebersihan dan lingkungan. Tentunya dalam rangka untuk kenyamanan dan kesehatan masyarakat secara umum.

Apa sih yang dimaksud dengan gugon tuhon serta pengertiannya dalam Bahasa Jawa?

gugon-tuhon utawa kapercayan, yaiku piwulang sing ora tinemu nalar nanging digugu lan dituhoni (digatekake lan dituruti) dening masyarakat. Gugon tuhon atau kepercayaan adalah ajaran yang tidak masuk akal namun diikuti dan dicamkan oleh masyarakat.

Bareng karo kemajuane ilmu pegetahuan, masyarakat Jawa sing maune ngugemi gugon tuhon tanpa dinalar. Saiki anggone ngugemi gugon tuhon nganggo dinalar.

Setelah adanya kemajuan ilmu pengetahuan, masyarakat Jawa yang tadinya memegang erat gugon tuhon tanpa nalar. Masa sekarang dalam memegang gugon tuhon ini dengan menggunakan akal.

Kanthi migunakake nalare, masyarakat Jawa bisa nemokake ajaran moral sajerone g guon tuhon mau. Dengan menggunakan akalnya atau nalar, masyarakat Jawa bisa menemukan ajaran moral dalam gugon tuhon tadi.

Demikianlah informasi mengenai arti gugon tuhon aja nguncalke uwuh tegese yaiku Nguncalale uwuh bisa nggregedi lingkungan. Terima kasih sudah mampir, maturnuwun, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*