Supaya Enggal Bisa Nulis Teks Dheskripsi Basa Jawa

Supaya Enggal Bisa Nulis Teks Dheskripsi Basa Jawa

Kepriye carane Supaya enggal bisa nulis teks dheskripsi! Sebutna bab kang perlu digatekake supayane iso nulis teks dheskripsi Basa Jawa. Bagaimana cara agar bisa segera dapat menulis teks deskripsi Basa Jawa!

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, dalam buku tantri Basa Jawa kelas 4 SD MI ada yang membahas bagaimana caranya supaya bisa segera menulis teks deskripsi.

Ada 5 (lima) hal atau bab yang perlu dilakukan sebagai cara agar dapat segera menulis teks deskripsi dalam Bahasa Jawa.

Kelima hal tersebut adalah sebagai berikut;

Supaya enggal bisa nulis teks dheskripsi, saiki tindakna ayahan iki! Agar segera dapat menuliskan teks deskripsi, sekarang lakukanlah pekerjaan ini!

5 Bab Supaya enggal bisa nulis teks dheskripsi

Pilihen objek sing migunani, wigati, lan bisa ndudut ati! Pertama, Pilihlah obyek yang berguna, penting, dan bisa menarik hati.

Tepungake objek sing kok dheskripsekake, kanthi ukara pambuka sing mentes lan pantes. Kedua, Perkenalkan obyek yang kamu deskripsikan, dengan kalimat pembuka yang singkat padat dan jelas serta pantas.

Sangkuten pancadriya (pandeleng/mripat, pangambu/irung, panggrayang/kulit, panyecep/ilat, lan pangrungu/kuping). Utamakake pancadriya pandeleng, awit pandeleng mujudake piranti ngrasakake sing paling dominan. Tulisen ukara sing nggambarake kahanan sing bisa karasakake kanthi dideleng!

Ketiga, Kaitkanlah pancaindera (penglihatan/mata, penciuman/hidung, peraba/kulit, perasa/lidah dan pendengaran/telinga. Utamakan pancaindera penglihatan, karena penglihatan mewujudkan alat merasakan yang paling dominan. Tulislah kalimat yang menggambarkan situasi yang bisa dirasakan dengan dilihat.

Dheskripsekna pangrasane paraga utama marang kahanan sing ana lan dumadi! Keempat, deskripsikanlah apa yang dirasakan oleh tokoh utama dalam situasi yang ada dan yang terjadi.

Gunakake pepindhan (persamaan/perbandhingan) kanggo nguripake gambaran. Kelima, gunakanlah pemisalan atau perbandingkan untuk menghidupkan gambaran dalam teks yang anda buat).

Dudutan (Kesimpulan)

Agar dapat segera bisa menuliskan teks deskripsi dalam Bahasa jawa maka hendaknya;

  • Memilih obyek dengan baik;
  • Mengenalkan obyek yang di deskripsikan;
  • Mengaitkan dengan pancaindera;
  • Menggambarkan rasa tokoh utama;
  • Menggunakan pemisalan.

Demikian tambahan tulisan pada malam ini dalam tantri Basa Jawa Klas 4 SD MI, semoga menambah wawasan dalam basa Jawa. Terima kasih, maturnuwun dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*