KOP TPQ

ilustrasi guru tpq teladan sedang rapat
ilustrasi guru tpq teladan sedang rapat

Kop TPQ atau TPA sebagai acuan dalam membuat bagian kepala surat dalam tata persuratan dan administrasi pada Lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an.

pontren.com – Kop Surat atau kepala surat Taman Pendidikan al Qur’an (TPQ)adalah bagian teratas pada sebuah lembaran surat.

Kop surat umumnya terdiri atas nama yayasan Nama TPQ, alamat, dan logo dari TPQ yang bersangkutan. Adakalanya logo juga bisa diletakkan pada bagian latar belakang surat secara sedikit transparan.

Baca :

Fungsi Kop Surat pada Taman Pendidikan Al Qur’an

Berikut adalah beberapa kegunaan dari KOP surat pada Lembaga Pendidikan Alquran

Sebagai Sarana Pengenal

Agar Taman Pendidikan Alquran mudah dikenal oleh masyarakat atau instansi, sebaiknya kop surat dicetak dengan ciri tulisan yang khusus dan baik diatas kertas yang berkualitas baik dengan logo yang memiliki ciri khas khusus sebagai lambang TPQ.

Dengan hanya melihat logonya saja di kop suratnya orang sudah pasti tahu kalau Surat itu dari Lembaga TPQ.

Sebagai Sarana Pemberian Informasi

Sebuah kop surat yang lengkap berisikan, nama yayasan atau lembaga yang menaungi, nama Lembaga TPQ itu sendiri, logo, dan alamat lengkap dengan nomor telpon dan fax serta website maupun email.

Kesemua ini merupakan informasi bagi santri wali orang tua murid atau masyarakat dari lingkungan tersebut.

Atau sebaliknya dengan membuat kop surat yang lengkap merupakan pemberian informasi kepada mitra lembaga pemerintah ataupun yayasan yang lain.

Sebagai Sarana Promosi dan Perkenalan

Pada umumnya lembaga Pendidikan banyak yang memanfaatkan kop surat sebagai saran iklan dan alat perkenalan lembaga setiap pembuatan surat keluar.

Hal ini memudahkan para wali murid maupun warga mengenal lembaga.

Terlebih lagi jika ditunjang dengan penataan layout yang bagus serta perpaduan keserasian warna tinta cetak yang sesuai akan mengundang kesan dan penilaian positif dan menjauhkan kritik negatif.

ilustrasi santri TPQ mengaji
ilustrasi santri TPQ mengaji

Hal yang dicantumkan dalam kepala surat TPQ

  • Nama Yayasan/Lembaga (misalnya Takmir Masjid, Pemuda atau remaja Islam, Pengajian Ibu-ibu dll) yang menaungi TPQ (jika ada) beserta nomor sk yayasan.
  • Tulisan Taman Pendidikan Alquran diikuti dibawahnya nama dari Lembaga TPQ (misalnya Taman Pendidikan Al Qur’an Niswatul Hidayati)
  • NOMOR STATISTIK TPQ
  • Status akreditasi
  • Alamat Lembaga Taman Pendidikan Alquran Nomor telpon, no Fax
  • Kode pos atau kotak pos atau PO.BOX,
  • Email/Website (jika ada)
  • Logo (Simbol TPQ).

Jika ada beberapa hal diatas yang tidak dimiliki (misalnya yayasan, akreditasi, email atau website maka tidaklah perlu dicantumkan.

Contoh Kepala Surat / Kop Surat TPA

Berikut adalah contoh kop TPQ bengan beberapa model sebagai acuan contoh dalam membuat KOP surat pada lembaga pendidikan alquran baik yang disebut dengan TPQ atau TPA (saya sendiri lebih suka menyebut dengan TPQ).

Berikut gambar fotonya.
Adapun yang akan dicontohkan yaitu lembaga TPQ dibawah yayasan atau organisasi, TPQ mandiri tanpa yayasan.

KOP-TPA
contoh Kop Surat TPQ dengan Yayasan

contoh-kop-TPQ
Kop Surat TPQ lembaga mandiri

Download kop TPQ

download-file-pontren

Dari gambar contoh kop surat diatas bisa anda unduh pada file dibawah ini dalam format doc berbentuk microsoft office words 2007.

Contohkan model TPQ dengan naungan dibawah yayasan serta TPQ mandiri dalam penyelenggaraannya yang tidak berada dibawah yayasan ataupun takmir masjid. selamat mengunduh.

download TPA dibawah Yayasan

Download KOP TPQ mandiri tanpa yayasan

demikian contoh mengenai kop TPA sebagai acuan maupun rujukan bagi yang menginginkan. contoh ini tidak bersifat mengikat hanya mengacu kepada rumusan pembuatan kop secara umum dan hal lumrah yang tercantum pada kepala surat.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*