Singkatan TPA Ngaji Masjid yang Perlu Anda Ketahui

Taman pendidikan al quran in English

Singkatan TPA Masjid atau TPA Ngaji yang mengajarkan belajar membaca huruf Hijaiyah Arab agar anak didik bisa membaca Al-Qur’an.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, lazimnya anak-anak muslim yang rajin belajar dan orang tuanya yang memperhatikan pendidikan al-Qur’an akan concern di sekolah mengaji pada masjid.

Umumnya mereka menyuruh anak-anaknya untuk belajar ngaji di Masjid pada TPA.

Apa sih singkatan TPA? Yang jelas bukan Tempat pemrosesan akhir pada sampah. Sangat menjengkelkan kenapa proses limbah manusia dan lain sebagainya ini mempunyai akronim yang sama dengan tempat belajar mengaji.

Saya agak curiga, apakah duluh yang membuat singkatan ini mempunyai kebencian kepada lembaga Islam ini. Kalau dalam istilah tembung entar atine ana wulune tegese yaiku atine ala, ora apik, dengki.

Dalam Bahasa Jawa ada istilah hatinya ada bulunya, yaitu menggambarkan hati seseorang yang buruk, pendengki dan iri hati.

Singkatan TPA Ngaji Masjid

Jadi singkatan TPA Masjid atau TPA ngaji adalah sama saja yaitu Taman Pendidikan Al-Qur’an. Tidak membedakan apakah mengaji pada lingkungan masjid maupun di gedung yang sendiri.

Namun secara Resmi yang ada pada berbagai petunjuk teknis dan panduan dari Kementerian Agama, singkatan yang benar dari Taman Pendidikan Al-Qur’an Adalah TPQ.

Anda bisa melihat dalam Peraturan Menteri Agama nomor 13 tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam, maupun merujuk pada SK Dirjen Pendis nomor 91 tahun 2020.

Dalam PMA dan SK Dirjen Pendis ini kita dapat mengetahui bagaimana sebenarnya penggunaan akronim Taman Pendidikan Al-Qur’an yang benar.

Lebih jelasnya anda bisa membaca pada artikel : Singkatan TPQ Beserta Cara Penulisan yang Benar

Bagi kalangan yang berkecimpung dalam bidang pendidikan Keagamaan Islam non formal khususnya pada Taman Pendidikan Al-Qur’an tentu sudah banyak yang mengerti dan paham tentang singkatannya yang benar.

Yang jelas TPA sudah menjadi nama generik pada kalangan masyarakat. Hal ini merujuk kepada lembaga yang ada pada masjid yang membimbing anak-anak agar bisa mengaji al-Qur’an.

Bahkan pada kalangan yang paham bahwasanya singkatan yang benar adalah TPQ sering menggunakan TPA dalam percakapan non formal maupun pada saat mengobrol dengan anak didik atau santri.

Dalam hal ini, apabila kita mencermati Kegiatan belajar mengajar pada TPA Masjid saat ngaji Fokusnya kepada cara membaca agar baik dan benar.

Untuk menulis tentu merupakan bab sendiri yang masuk pada ranah level yang lebih tinggi dalam KBM.

Demikianlah sekedar wawasan tambahan mengenai istilah singkatan pada TPA Ngaji ataupun TPA Masjid. Semoga semakin menambah pemahaman mengenai lembaga pendidikan Islam nonformal ini. Wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *