Asmane Bapake Ibune Pandhawa Lima

Asmane Bapake Ibune Pandhawa Lima

Sapa jenenge ramane lan biyunge pandawa lima? Asmane bapake para pandawa yaiku Prabu Pandu Dewananta. Jenenge ibune ana loro, ibune Yudhistira, Werkudara, Arjuna asmane yaiku Dewi Kunthi. Ibune kembar Nakula lan Sadewa asmane Dewi Madrim.

pontren.com – Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, nama ayah Pandawa Lima yaitu Raden Pandu. Merupakan seorang raja di Kerajaan Hastina. Prabu Pandu Dewanta ratu ing Astina Utawa Ngastina.

Dalam cerita wayang, prabu pandu menikah dengan dua orang yaitu Dewi Kunti dan Dewi Madrim.

Dewi Kunti kagungan putra cacahe telu (3) orang pandawa yaitu anak pertama (pambarepe) Yudhistira atau Puntadewa, kemudian anak kedua (panggulune) yaiku Werkudara dan anak tengah tengah (panengahe) yaiku raden Arjuna atau nama lainnya yaitu Janaka.

Prabu pandhu lan Dewi kunti nduweni putra sing cacahe telu diarani Pandawa meski hanya tiga dari lima anak Raja Pandhu.

Kemudian dari Dewi Madrim melahirkan anak bontot atau wuragile yang kembar Nakula dan Sadewa.

Jadi urut-urutan pandhawa lima bisa anda baca dalam artikel berjudul Pambarepe Panggulune Panengahe Wuragile Pandhawa Yaiku

Asmane Bapake Ibune Pandhawa Lima Yaiku

dalam Bahasa Jawa asmane memiliki arti namanya. Jadi dalam hal ini menanyakan siapakah nama ayah dan ibu Pandawa dalam kisah wayang.

Ramane atau rama merupakan kata halus dalam Bahasa Jawa yang memiliki arti ayah atau bapak.

Sedangkan biyunge berasal dari kata biyung yang mempunyai arti orang yang melahirkan kita. Sebutan lainnya adalah ibu, simbok, mama dan lain sebagainya.

Kapan bapake Pandawa Seda? Prabu Pandu Dewananta lan Dewi Madrim seda nalika pandawa isih cilik – cilik.

Prabu Pandu atau ayah dari para pandawa ini meninggal pada saat anak-anaknya masih kecil-kecil.

Dewi Madrim iku putra ratu saka ngendi? Wangsulan yaiku putra saka ratu Prabu Mandrapati lan permaisuri Dewi Tejawati. Ratu ing Mandaraka.

Adapun Dewi kunti juga seorang bangsawan berdarah biru anak dari seorang raja.

Sinten Dèwi Kunthinalibrata menika? Garwane prabu Pandhu, putri Prabu Kuntiboja kang kagungan pasuryan ayu, pinter ugi ulet lan sregep ngangsu kawruh. Artinya adalah ; dia merupakan istri Prabu Pandhu, juga anak dari Raja kuntiboja, mempunyai paras cantik dan cerdas serta ulet dalam belajar.

Demikianlah informasi tentang asmane bapake ibune pandhawa lima dalam kisah wayang Basa Jawa beserta sekilas keluarganya

Jadi para tokoh wayang pandawa ini merupakan keturunan ningra dan bangsawan yang berdarah biru. Baik dari jalur ayah maupun ibunya. Bahkan kakek dari ayah maupun ibu juga menjadi raja pada masing-masing kerajaannya. Maturnuwun dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*