Download kurikulum TPQ Kemenag PDF

Download kurikulum TPQ Kemenag PDF
Kurikulum TPA Masjid maupun TPQ di Desa dari Kementerian Agama sebagai pedoman KBM

Download kurikulum TPQ Kemenag PDF mengacu kepada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (SK Dirjen Pendis) sebagai acuan dan pedoman dalam Kegiatan belajar Mengajar Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA Masjid / TPQ Desa).

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi. Bagi pengelola Lembaga TPQ pribadi maupun TPA masjid yang hendak memajukan lembaganya dan mengelola secara modern maka perlu seperangkat kurikulum.

Ada yang menggunakan kurikulum iqro, tilawati, qiroati, yanbu’a, baghdadiyah, maupun metode cara membaca al-Qur’an lainnya.

Sepanjang yang saya tahu, mengenai kurikulum metode pembelajaran mengaji pada TPQ baik iqro, tilawati, qiroati, yanbu’a, baghdadiyah kurikulumnya adalah berkenaan dengan langkah-langkah cara mengajinya dan berkenaan dengan hafalan baik surat pendek maupun doa-doa dan bacaan sholat.

Bagaimana dengan kurikulum untuk materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Aqidah Akhlak, fiqih, menulis huruf Arab dan lain sebagainya?

Kebanyakan yang saya cermati sepertinya kurikulum yang lebih komprehensif adalah dari Kementerian Agama yang ada dalam SK Dirjen Pendis.

Meski begitu, sepertinya akan ada perubahan lagi karena pada panduan ini tidak mencantumkan jenjang untuk Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an alias TKQ atau TKA.

Meski sifatnya lebih komprehensif, sayangnya dalam kurikulumnya ini tidak membagi atau mengelompokkan dalam jenis mata pelajaran.

Dalam kurikulum Nasional Pendidikan Al-Qur’an ini hanya menyampaikan tentang Kompetens, Materi, Ruang Lingkup. Tidak membaginya dalam mata pelajaran.

Kurikulum Nasional Pendidikan Al-Qur’an (termasuk TPQ) dari Kemenag dalam format PDF

Bentuk dari file ini adalah PDF dan merupakan surat Keputusan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor No 6091 TH 2020.

Yang jelas jangan berharap anda menemukan Kurikulum untuk Taman Kanak-kanak Al-Qur’an karena dalam SK ini tidak mencantumkannya.

Adapun dalam SK ini berisi tentang

Kompetensi Lembaga Pendidikan Al-Quran Kurikulum Pembelajaran pada

  • Paud Al-Quran (Paudqu) PAUD Al-Quran – A (Usia 4 – 5 Tahun)
  • Paud Al-Quran (Paudqu) Paud Al-Quran – B (Usia 5 -6 Tahun)
  • Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Tpq Kelas 1 Sampai Dengan Kelas 4
  • Ta’limul Quran Lil Aulad (TQA) Tpq Kelas 5 sampai kelas 7
  • Rumah tahfidz Al-Qur’an (RTQ) Rumah Tahfidz Al-Qur’an Program 30 Juz.

Lebih lanjut, anda bisa mengunduh file ini dengan membaca artikel yang berjudul;

Download Kurikulum Nasional Pendidikan Al-Qur’an SK Dirjen Pendis No 6091 TH 2020

Dalam artikel itu ada link tautan untuk mengunduh File Format PDF yang bisa menjadi acuan anda dalam melaksanakan kurikulum TPQ Kemenag.

Apabila anda hendak mengunduh file masing-masing kelas mulai kelas 1 sampai dengan kelas 4 dalam format doc ms word, kami siapkan link tautan mengunduhnya pada setiap jenjangnya.

Berikut tautannya;

Kurikulum Pembelajaran TPQ Kelas 1
Kurikulum Pembelajaran TPQ Kelas 2
Download Kurikulum Pembelajaran TPQ Kelas 3
Kurikulum Pembelajaran TPQ Kelas 4

Adapun untuk TPQ kelas 5 sampai denga n kelas 7 merupakan jenis lembaga yang berbeda. Kementerian mengkategorikan TPQ Kelas 5 sampai kelas 7 sebagai lembaga Ta’limul Qur’an Lil Aulad kelas 1 – 3.

Selamat mengunduh file Download kurikulum TPQ Kemenag PDF yang mungkin berguna untuk anda lampirkan dalam mendaftarkan Lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an Ke Kemenag. Demikian sekedar mengarahkan anda ke tautan pengunduhan, maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*