Tema Hari Santri 2023 “Jihad Santri Jayakan Negeri”

Tema hari santri tahun 2023 adalah “Jihad Santri Jayakan Negeri”. dalam file PDF rilis dari Kementerian Agama (Kemenag RI Pusat Jakarta) menyebutkan bahwa “dalam peringatan hari santri tahun ini merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan melawan kebodohan.

Tema Jihad Santri Jayakan negeri mengangkat makna yang dalam serta relevan pada masa sekarang. pada zaman penuh tantangan serta kompleksitas, jihat tidak melulu merujuk pada pertempuran secara fisik. melainkan juga dalam perjuangan intelektual yang penuh semangat.

Dalam hal ini santri merupakan penjaga terdepan dalam pertempuran melawan berbagai ketiadapahaman, kebodohan, ketertinggalan. mereka adalah pejuang ilpeng (ilmu pengetahuan).

pada tradisi Islam, jihad intelektual merupakan cara membela nilai-nilai keadilan, perdamaian, dan ppengetahuan.

Santri merupakan teladan dalam menjalani model jihad seperti ini. Dengan media buku, bacaan model lain sebagai senjata serta pena dan tulisan, mereka memperdalam ilmu serta menebarkan cahaya pengetahuan.

Tema Hari Santri tahun 2023 seperti di atas dan Tema tahun 2022 untuk kenangan masa lalu

download logo hari santri 2022

Informasi tentang tema hari santri tahun 2022 yaitu “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” dan juga mengingat kembali tema tema sebelumnya dari masa kemasa dimulai dari tahun 2016 sampai dengan 2021 sebagai perbandingan dan pengingat dan tak melupakan sejarah.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh. Selamat siang para peminat lembaga pondok pesantren dan santri yang sering disebut dengan kaum sarungan.

Karena lekatnya pakaian khas kain lebar yang dijahit baik dalam pelaksanaan sholat ngaji maupun dipakai dalam kegiatan santai atau formal di lingkungan pondok pesantren.

Baca;
Logo Hari santri 2023
Teks syair Lagu Hari Santri
Hari Santri Nasional 22 Oktober 2023

Sebagaimana judul dalam postingan ini, akan disampaikan informasi tentang tema yang diambil untuk peringatan hari santri 22 Oktober tahun 2022.

Dan juga untuk mengingat kembali tema tema sebelumnya yang pernah di pergunakan dari tahun ke tahun semenjak tanggal 22 oktober penetapannya sebagai hari santri.

Sayangnya dalam penetapan 22 oktober hari santri ini bukanlah masuk dalam kalender libur nasional.

Sehingga anak anak sekolah entah itu santri atau murid sekolah umum maupun para pekerja buruh pabrik PNS maupun karyawan swasta tidak dapat memaksimalkan perayaannya karena ketiadaan hari libur.

Tema Hari Santri 2021

Untuk tema hari santri tahun 2021 ini mengusung tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.

Tema ini jika anda menyimak, akan merasakan semangat santri Indonesia dapat turut serta berperan aktif dalam berbangsa dan bernegara, utamanya pemberdayaan dan peran serta dalam menjaga martabat kemanusiaan.

Pengangkatan tema ini di angkat karena berdasarkan keyakinan yang di yakini bahwa sebenarnya pesantren merupakan pilar dalam mempertahankan NKRI.

pada tema sebelumnya tahun 2019 mengusung tentang perdamaian dunia.

pada penjelasan tema pada tahun tersebut menyebutkan status sebagai laborat perdamaian, pesantren merupakan lokasi tempat untuk menumbuhkembangkan ajaran Islam yang ;

  1. Rahmatan Lil ‘Aalamiin.
  2. Islam Ramah dan Moderat (wasathiyah).

Dengan semangat kedua ajaran di atas yang dapat menjadi ispirasi santri guna kontribusi dalam perawatan perdamaian dunia.

Tema HSN dari Tahun ke Tahun (2016-2023)

tema hari santri
tema hari santri tahun 2019

Seperti diketahui bahwasanya hari santri di tetapkan pada tahun 2015.

Dari pihak Kementerian Agama lewat Ditpdpontren Dirjen Pendis selalu menyelenggarakan peringatan hari santri setiap tahun dengan tema yang selalu berbeda.

Berikut adalah tema hari santri dari tahun ketahun secara berurutan semenjak tahun 2016.

  • Tahun 2016 dengan tema “Dari Pesantren untuk Indonesia”
  • Tahun 2017 dengan tema “Wajah Pesantren Wajah Indonesia”
  • Thn 2018 dengan tema “Bersama Santri Damailah Negeri”
  • Tahun 2019 dengan tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”
  • tahun 2020 “memiliki tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”
  • tema HSN 2021 dengan tema “Santri Siaga Jiwa Raga”
  • tema hari santri 2022 “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”
  • HSN 2023 temanya yaitu “Jihad Santri Jayakan Negeri”

Itulah tema-tema yang di pergunakan dalam rangka hari santri dari tahun ketahun.

Tepatnya Semenjak tahun 2016 sampai dengan tahun 20122.

Perbedaan tema tahun 2023 dengan tahun tahun sebelumnya

Di tahun ini 2023 ada karakteristik perbedaan dalam tema hari santri, jika anda mencermati tema tema sebelumnya utamanya pada masa wabah covid-19.

Pada masa pandemi, tema mengangkat mengenai usaha dalam melakukan mitigasi serta peran langsung dalam menjaga bangsa dari wabah yang melanda dunia ini.

Masa sekarang setelah usai tentang kesehatan, menuju pada penguatan santri dalam era digital serta menguasai teknologi. baik secara informasi maupun pembuatan aplikasi.

Sebenarnya ada santri yang mumpuni dalam hal ini, namun secara umum lazimnya santri banyak yang masih sekedar sebagai obyek mendapatkan berita informasi daripada news maker itu sendiri. dalam hal ini maksudnya news maker adalah mereka yang membuat narasi informasi.

Itulah informasi tentang tema dalam rangka peringatan hari santri tanggal 22 Oktober tahun 2023. Di mana pada tahun ke enam ini tema memiliki cakupan tentang kesiapan santri secara jiwa dan raga.

Semoga dengan tema ini semakin menguatkan peranan para santri dalam merawak kebhinekaan dan juga dapat mewujudkan perdamaian dunia dengan kongkrit dan nyata.

Cukup sekian info kali ini, wassalamu ‘alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Tinggalkan komentar