Panduan Peringatan Hari Santri Nasional 2020


Informasi tentang panduan hari santri nasional tahun 2020 yang biasa disingkat HSN 2020 dari Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Dilengkapi pula file softcopy panduan peringatan hari santri, bukan panduan dari RMI.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, malam hari saat hendak ronda acara kegiatan rutin di lingkungan mendapatkan informasi dari instagram resmi milik Dirjen Pendis Kemenag RI.

Informasinya berupa logo hari santri tahun 2020 beserta softcopy panduan peringatan hari santri nasional 2020.

Kemudian hari santri nasional ini lazim disingkat dengan HSN diikuti dengan tahunnya, misalnya HSN tahun 2020.

Dalam booklet file softcopy tersebut berisi tentang dasar pemikiran, perjalanan hari santri dari tahun ke tahun, tema, logo, rangkaian kegiatan, dan protokol kesehatan.

Adapun isi dari panduan tersebut adalah sebagai berikut;

Dasar Pemikiran Peringatan Hari Santri 2020

Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik 10 Nopember 1945 yang kini diperingati sebagai Hari Pahlawan. Oleh karena itu, peringatan Hari Santri 2020 secara khusus mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”. Isu kesehatan diangkat berdasar fakta bahwa dunia internasional, tak terkecuali Indonesia, saat ini tengah dilanda pandemi global Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Di Indonesia, pandemi COVID-19 telah ditetapkan sebagai Bencana Nonalam melalui Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Pengalaman terbaik beberapa Pesantren yang telah berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan dampak pandemi COVID-19 menjadi bukti nyata bahwa Pesantren juga memiliki kemampuan di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimilikinya.

Modal utamanya adalah tradisi kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri, keteladanan dan sikap kehati-hatian Kiai dan Pimpinan Pesantren.

Karena mereka tetap akan mengutamakan keselamatan santrinya dibanding proses belajar di Pesantren.

Perjalanan Peringatan Hari Santri

Dalam file ini menceritakan tentang perjalanan hari santri dimulai dengan Keppres dan dilanjutkan tema peringatan HSN dari tahun ketahun.

Berikut urutan perjalanan peringatan hari santri;

Tahun 2015, Keputusan presiden nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri.

Tahun 2016, Hari Santri untuk pertamakalinya digelar dengan mengusung tema: “Dari Pesantren untuk Indonesia”

Tahun 2017, Kemudian diteruskan di tahun berikutnya dengan tema: “Wajah Pesantren Wajah Indonesia”

Tahun 2018, Kemenag RI melalui Dit PD Pontren kembali menggelar perayaan Hari Santri Nasional dengan tema: “Bersama Santri Damailah Negeri”

Tahun 2019, Dan pada tahun kemarin, gelaran Hari Santri diperingati dengan mengusung tema: “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”

Kemudian dilanjutkan pada tahun ini yaitu ditahun 2020 dengan tema yang dapat anda baca sampai selesai artikel ini.

Tema Peringatan Hari Santri 2020

Tidak jauh jauh dari kondisi sekarang yaitu tahun 2020 dimana wabah covid-19 alias virus corona melanda, tema yang diambil pada peringatan hari santri 2020 adalah

“Santri Sehat Indonesia Kuat”

tema hari santri tahun 2020

Logo Hari santri 2020

Logo HSN pada tahun 2020 adalah tulisan arab pegon dengan latar belakang warna putih, didalam tengah tengah logo terdapat tanda cross.

Gambar tulisan arab pegon tersebut berbunyi

سنتري اندونيسيا

Yang dibaca atau ditulis dengan huruf latin dengan “SANTRI INDONESIA”

Tentunya logo ini bisa dikatakan dipahami oleh kalangan pondok pesantren saja, sedangkan masyarakat umum yang tidak bisa membaca Arab pegon kurang ngeh dengan apa maksud dari logo ini kecuali dijelaskan secara mendetail.

Kemudian pada bagian bawah terdapat tulisan “hari santri nasional 2020” dan dibawahnya lagi tertulis tema hari santri nasional tahun 2020 yaitu “Santri Sehat Indonesia Kuat”.

Seperti apa penampakannya, berikut adalah logo hari santri.

logo hari santri 2020

Rangkaian Kegiatan Hari Santri 2020

Dalam buku panduan peringatan HSN tahun 2020 disebutkan kegiatan hari santri adalah;

Upacara Bendera Peringatan Hari Santri 2020 yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 22 Oktober 2020

Dzikir, doa, salawat dan tausiah untuk mendoakan santri, masyarakat Indonesia dan dunia agar diberikan kesehatan dan kekuatan di masa pandemi COVID-19

Sosialisasi melalui website, media sosial, spanduk/baliho/standing banner dengan menyertakan Tema dan Logo Peringatan Hari Santri 2020

Protokol Kesehatan Peringatan Hari Santri 2020

Tentunya dimasa wabah corona yang belum dapat ditanggulangi ini ada prosedur tentang pelaksanaan peringatan hari santri dalam hal protokol kesehatan.

Pastinya dalam rangka mitigasi penyebaran virus corona covid-19.

Berikut adalah protokol kesehatan HSN tahun 2020

Seluruh pelaksanaan Peringatan Hari Santri 2020 disesuaikan dengan kemampuan masing-masing, mengedepankan prinsipprinsip kesederhanaan dan kekhidmatan, dengan tetap berpedoman pada Protokol Kesehatan dalam rangka pengendalian dan pencegahan COVID-19

Untuk mengunduh file ini dalam format PDF anda dapat mengikuti tautan panduan peringatan hari santri tahun 2020.

Demikian informasi pagi ini, semoga menambah wawasan tentang pelaksanaan hari santri, wilujeng enjang, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: