Man Zolama Zulima Artinya, Tulisan Arab

Share

مَنْ ظَلَمَ ظُلِمَ arti dari kalimat ini adalah man zolama zulima yaitu barang siapa yang menzalimi maka akan dizalimi atau juga dengan kata lain artinya adalah Barang siapa menganiaya niscaya akan dianiaya. Kata zalama memiliki arti zalim, aniaya, melakukan sesuatu yang keluar dari kebenaran, baik karena kurang ataupun melebih batas.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, banyak sekali pepatah dalam berbagai bahasa yang menyebutkan tentang balasan untuk suatu perilaku yang baik ataupun perbuatan buruk.

Dalam bahasa Indonesia kita mengenal dengan barang siapa menanam dia yang menuai. Peribahasa ini berlaku untuk hal baik maupun buruk. Dalam Bahasa Jawa kita mengenal dengan bebasan atau paribasan yang berbunyi “sapa nandur bakal ngunduh”.

Untuk lebih spesifik tentang perbuatan buruk aniaya atau jahat misalnya yaitu “menabur angin menuai badai”. Artinya dia akan mendapatkan angin berlipat kencangya apabila membuat angin biasa saja.

man zolama zulima

Begitu pula dalam bahasa Inggris, ada istilah yang menjadi judul lagu grup band asal jerman Scorpions dengan judul “what you give you get back” yang artinya apa yang kamu berikan, kamu akan mendapatkan kembali.

Dalam mahfudzot pepatah ungkapan bijak kata mutiara bahasa Arab yaitu man zalama zulima, arti dan maknanya adalah siapa orang yang berlaku aniaya terhadap orang lain, maka dia akan dianiaya (nantinya).

man zolama zulima Tulisan Arab Arti dan Penjelasan

Adapun tulisan Arabnya adalah sebagaimana berikut dalam versi lengkap berharakat maupun gundul tanpa harakat.

Ini dia tulisan Bahasa Arabnya.

من ظلم ظلم
مَنْ ظَلَمَ ظُلِمَ

barang siapa berlaku anaiaya akan dianiaya pula
  • Man artinya (barang) siapa
  • Dholama artinya berlaku aniaya atau zalim
  • Dhulima artinya dizalimi (mendapatkan kedzaliman)

Ungkapan atau kata bijak dalam bahasa Arab tentang karma ini ada dalam materi pelajaran mahfudzot kelas 1, biasanya pondok pesantren Gontor yang menjadi pioneernya dalam mapel ini.

Jadi penjelasan mahfudzot ini adalah perilaku seseorang nanti akan kembali kepada dirinya sendiri.

Apabila dia berlaku jahat, suatu saat nanti dia akan mendapatkan balasan yang jahat pula.

Senada dengan mahfudzot yang berbunyi fajazaau sayyiatin sayyiatun mitsluhaa.

Dalam tulisan arab sebagai berikut;

فَجَزَاءُ سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِثْلُهَا

Artinya dalam Bahasa Indonesia yaitu “Balasan suatu kejahatan itu adalah kejahatan yang sama:.

Demikianlah informasi tambahan malam ini tentang man zalama zulima artinya serta tulisan teks arab beserta penjelasan singkat mengenai pepatah hukum karma dalam berbagai bahasa (Indonesia, Jawa, Arab, Inggris).

Terima kasih sudah mampir, salam kenal, wilujeng dalu dan wassalamu’alaikum.


Share

Oleh Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.