ashlih nafsaka yashluh lakan naas tulisan arab

Ashlih nafsaka yashluh lakan naas perbaiki diri orang akan baik padamu

Share

Ashlih nafsaka yashluh lakan naas tulisan arab mahfudzot yang maknanya memperbaiki diri maka orang orang akan berlaku baik pula kepada anda.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, bagi anak pondok pesantren tentu banyak yang sudah paham dengan mahfudzot ini yaitu perbaikan diri maka orang lain akan baik pula.

Pelajaran ini biasanya pada masa awal pendidikan pada jenjang MTs atau Takhashush pada pondok pesantren.

Sekedar mengingat kembali, berikut tulisan arab ashlih nafsaka yashluh lakan naas beserta artinya dan terjemah bahasa Indonesia.

Tulisan arab Ashlih nafsaka yashluh lakan naas

Berikut adalah tulisan Arab gundul dan juga teks dalam versi lengkap dengan harakat dan syakal mahfudzot memperbaiki diri supaya orang lain menjadi baik kepada kita.

Ini dia tulisannya dalam versi Arab gundul.

أصلح نفسك يصلح لك الناس

Sedangkan dalam versi berharakat yang bisa anda copy paste (copas) lengkap dengan syakalnya bisa anda simak sebagaimana berikut.

أَصْلِحْ نَفْسَكَ يَصْلُحْ لَكَ النَّاسُ

Arti mahfudzot aslih nafsak yashluh an naasu

Apa arti mahfudzot ini? Bagaimana mengartikan mufrodat perkata?

Secara umum anda dapat menerjemahkannya dengan “Perbaikilah dirimu sendiri, niscaya orang-orang lain akan baik padamu’

Baca : mahfudzot tentang Adab

Adapun artinya perkata atau mufrodat yang ada yaitu;

Tulisan ArabTeks LatinArtinya
أَصْلِحْAshlihPerbaikilah
نَفْسَكَNafsakaDirimu sendiri
يَصْلُحْYashluhMenjadi baik
لَكَLakaUntukmu
النَّاسُAn naasOrang-orang

Itulah artinya dalam tata bahasa Arab yang secara bebas anda bisa mengartikan “perbaikilah dirimu maka orang orang akan berbuat baik kepadamu.

Penjelasan dan makna mahfudzot

Dalam bahasa Inggris ada istilah what you give you get back, secara umum bisa mempunyai makna yang sama dengan pepatah kata mutiara arab ini.

Yaitu jika kita menginginkan orang lain berbuat baik dan berperilaku menyenangkan kepada kita maka langkah pertama dan paling utama yaitu membaguskan terlebih dahulu diri kita.

Baca : Mahfudzot tentang Akhlak

Memulai dengan memperbaiki perkataan, perbuatan serta perilaku, umumnya kita menyebutnya dengan akhlak dan adab.

Setelah proses perbaikan diri sendiri yang berlangsung secara konsisten dan terus menerus maka tentunya orang lain akan berperilaku baik kepada kita.

Begitulah rumusan jika kita menginginkan orang lain berlaku baik kepada kita maka langkah yang perlu dilakukan yaitu melakukan perbaikan diri sendiri terlebih dahulu.

Demikian mahfudzot kata mutiara mengenai diri sendiri dalam hal memperbaiki akhlak dan perilaku, semoga mengingatkan pelajaran pada masa di pondok pesantren. Salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.