Raport Paudqu Pendidikan Anak Usia Dini Al-Qur’an

raport paudqu
Share

Raport Paudqu Pendidikan Anak Usia Dini Al-Qur’an download format doc ms word unduh gratis bisa edit menyesuaikan kebutuhan lembaga yang mengelolanya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, untuk menyampaikan evaluasi pembelajaran santri atau murid pada pendidikan anak usia dini al-Qur’an yang disingkat dengan Paudqu maka perlu keberadaan raport.

Namun entah kemana para pengelola ini mendapatkan contoh raport untuk paudqu. Karena untuk kurikulumnya saja susah mencarinya, sepanjang yang saya tahu, sudah sejak tahun 2020 (dua tahun yang lalu) keberadaan PAUDQU ini belum ada kejelasan seperti apa kurikulumnya.

Jadi kalau ada lembaga yang sudah punya izin dan nomor statistik paudqu kemudian dia berjalan, apa peganganya dalam KBM, kemudian bagaimana dia memberikan hasil evaluasi pembelajaran kepada wali murid, maka acuannya pasti dari pihak lain (setidaknya begitu tafsiran saya).

Kenapa mengacu kepada pihak lain?

Karena acuan dan pedoman khusus paudqu jika merujuk kepada SK Dirjen Pendis no 91 tahun 2020 sangatlah sedikit informasi tentang PAUDQU. Tidak memadai untuk menjadi sandaran dalam mengelolanya utamanya dalam hal kurikulum dan administrasi.

Kemanakah para pengelola paudqu bersandar?

Ada dua macam, yang satu masih intern Kemenag namun bukan dari PD Pontren, satunya lagi ke lintas kementerian.

Bisa jadi pengelola pendidikan anak usia dini menyandarkan kurikulum serta dokumen administrasi kepada Kemendikbud dalam hal ini kepada PAUD TPQ.

Atau bersandar kepada aturan dan ketentuan RA atau BA.

Kapan ketentuan kurikulum administrasi pada PAUDQU muncul? Wallahu a’lam bis shawab. Paling nanti isinya juga sama saja dengan apa yang ada di PAUD TPQ atau RA dan BA.

Mau dicari dimana perbedaannya kayaknya sulit, podo wae nyaris tanpa beda.

Download contoh raport Pendidikan anak usia Dini PAUDQU

Karena belum ada juknis mengenai administrasi PAUDQU, maka belum ada patokan raportnya.

Kalau tidak ada raportnya bagaimana? Ya anak-anak tidak usah dikasih raport, bilang juknisnya belum ada, gitu aja kok repot heheheee….

Jadi ingat pepatah, bagaikan anak ayam yang kehilangan induknya, bingung kemana mau berlindung mencari keabsahan administrasi.

Baiklah, ini adalah adaptasi dari raport Raudhatul athfal, mungkin saja bisa anda adaptasikan pada lembaga paudqu yang anda kelola.

Berikut penampakannya.

Ada banyak lembar serta raportnya ada isi uraian.

Semoga saja memudahkan anda dalam menggarap administrasi lembaga ini.

Meskipun belum ada kurikulum dan panduan administrasi akan tetapi jika anda sudah berjalan tentu orang tua tidak mau peduli dan tak mau tau kendala anda.

Tau mereka mendapatkan pelayanan prima dan laporan pembelajaran setiap semester alias raport.

Berikut tautan untuk mengunduh contoh raport Paudqu

Download raport Pendidikan Anak Usia Dini Al-Qur’an

Tentunya contoh format raport untuk lembaga Paudqu ini nanti akan kita ganti lagi file nya jika sudah ada juknis khusus tentang lembaga ini.

Kalau belum ada juknis yang jelas, ya wis monggo sak karepe sampean mau dibawa kemana lembaganya.

Lha wong namane juga anak ayam yang dilepas dan kehilangan induknya. Sak mlaku mlakune ora kleru yak e.

Akhirnya terima kasih sudah berkunjung, selamat siap2 memasak untuk persiapan buka (kalau anda membacanya pas bulan puasa ramadhan). Wilujeng sonten dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.