Paribasan Ora Duwe Apa-apa Ora Prigel Nanging Kepengen dadi Panguwasa

paribasan sing tegese ora duwe apa-apa lan ora prigel apa-apa nanging kepengin dadi panguwasa
Share

paribasan sing tegese ora duwe apa-apa lan ora prigel apa-apa nanging kepengin dadi panguwasa yaiku cebol nggayuh lintang artinya adalah peribahasa Bahasa Jawa tidak memiliki apapun dan tanpa keahlian namun memiliki keinginan menjadi penguasa, yaitu orang cebol meraih bintang.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng siyang, selamat menikmati istirahat ataupun maksi. Utamanya para siswa siswi pada Madrasah Ibtidaiyah Tsanawiyah dan Aliyah, begitu pula para murid pada Sekolah Dasar, Menengah Pertama maupun Atas.

Kali ini kita akan membahas tentang peribahasa dalam Basa Jawa yang menggambarkan seseorang ingin menjadi penguasa, kepala, pimpinan dan lain sebagainya namun tidak memiliki apa-apa.

Maksudnya tidak memiliki apapun dalam hal ini yaitu modal untuk maju menjadi penguasa, baik berupa harta benda untuk kampanye atau gizi, kemampuan otak, kenalan, massa dan lain sebagainya.

Dan dalam soal pertanyaan pada mapel B. Jawa menambahkan kata tidak mau berusaha, yang bahasa jawanya yaitu ora gelem ikhtiyar. Ikhtiyar tegese yaiku usaha.

Maka perilaku seperti ini peribahasanya atau paribasane yaiku cebol nggayuh lintang, artinya orang pendek atau bertubuh mini hendak meraih bintang, maksudnya adalah sesuatu hal yang mustahil, tidak mungkin. Dalam Bahasa Jawa bab kang ora mungkin, tangeh lamun.

Paribasan Ora Duwe Apa-apa Ora Prigel, ora gelem ikhtiyar Nanging Kepengen dadi Panguwasa artinya

Dalam ungkapan ini mungkin saja ada beberapa istilah yang kurang familiar pada telinga kita.

Mari kita mengupasnya satu persatu.

Tegese Paribasan yaiku unen-unen kang ajeg panganggone, mawa teges entar lan ora ngemu surasa pepindhan. Artinya pengertian paribasan adalah kata-kata (dalam bahasan Jawa) yang tetap dalam penggunaannya, yang memiliki makna (kiasan) dan tidak mengandung makna pengandaian (kiasan).

Ora prigel tegese yaiku ora pinter, ora ulet, ora trengginas, artinya adalah tidak cakap, tak rajin, tidak memiliki perilaku pantang menyerah.

Ikhtiyar tegese yaiku usaha, artinya berusaha (supaya bisa).

Cebol tegese yaiku cêndhèk sikile cêkak tumrap dêdêg-piadêg artinya adalah pendek kakinya dalam hal tinggi badan.

Nggayuh tegese yaiku ngranggèh; njangka, ngarah prakara sing luhur; artinya meraih, mengukur, mengincar perkara yang tinggi kedudukannya.

Lintang tegese yaiku maujud ing langit ing wayah bêngi katon pating kêrlip artinya maujud, ada di langit pada waktu malam hari tampak kerlap kerlip.

Demikianlah paribasan sing tegese ora duwe apa-apa lan ora prigel apa-apa, ora gelem ikhtiyar nanging kepengin dadi panguwasa yaiku cebol nggayuh lintang artinya orang tanpa memiliki apapun, tidak punya keahlian, tidak mau berusaha namun punya keinginan menjadi penguasa.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.