Singkatan Porsadin lomba Madrasah Diniyah

kepanjangan porsadin singkatan dari
Share

Informasi tentang singkatan porsadin (sebenarnya lebih tepat kalau kita menyebut dengan kata kepanjangan) mengenai lomba untuk lembaga pendidikan Islam nonformal yang biasanya penyelenggaraannya adalah dua tahun sekali (bisa saja berubah durasinya berapa tahun sekali).

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng siang para romo kiai, ibu Nyai, Gus Ning ustadz ustadzah yang mengelola lembaga pendidikan islam nonformal Madin (Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Akronim atau singkatan Porsadin adalah Pekan Olahraga Dan Seni Antar Diniyah.

Sekarang sudah paham nggih apa kepanjangan dari Porsadin Madin yaitu merupakan kegiatan yang memperlombakan olahraga serta seni antara santri yang belajar pada lembaga Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Apabila ada seleksi secara baik dan berjenjang, kegiatan ini mulai pada tingkat Kabupaten atau Kota kemudian pada tingkat Provinsi dan puncaknya berupa Porsadin Nasional.

Untuk porsadin V (kelima) tahun 2022 pelaksanaanya di Provinsi Jawa Barat.

Adapun tema pada pekan olahraga dan seni antar diniyah tahun tersebut yaitu Kembangkan Potensi, Bersama Raih Prestasi.

Penjelasan perkata singkatan Porsadin

Iseng sekedar menambah wawasan kita dalam mengetahui setiap makna dalam kepanjangan dari porsadin ini dengan melihat pada kamus bahasa Indonesia (KBBI) secara online.

Berikut ini adalah makna secara harfiah yang terkandung dalam kepanjangan atau singkatan untuk lomba antar santri Diniyah Takmiliyah.

Pekan ; kata ini memiliki beberapa arti, ada yang mempunyai arti pasar, artinya juga bisa berarti satu minggu (7 hari). Tentunya maksudnya pekan disini adalah jumlah hari yaitu kegiatan selama satu pekan.

Olahraga dalam KBBI penjelasannya adalah gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh (seperti sepak bola, berenang, lempar lembing, futsal, dan lain sebagainya);

Seni; yang jelas maksudnya bukan air, namun memiliki arti penjelasan yaitu asal kata dari kesenian. Intinya yaitu keindahan, dalam porsadin berupa seni hadrah menggambar melukis qiraah dan lain sebagainya.

Antar maksudnya yaitu bentuk terikat dalam lingkungan atau hubungan yang satu dengan yang lain, dalam hal ini sesame lembaga pendidikan nonformal Diniyah Takmiliyah.

Diniyah; kalau dalam KBBI ejaan yang benar adalah diniah (tanpa huruf “Y”), maksudnya yaitu berhubungan dengan agama; bersifat keagamaan. Dalam hal kepanjangan porsadin maksudnya adalah lembaga Madin.

Adapun pengertian madrasah diniyah takmiliyah adalah satuan pendidikan keagamaan Islam bukan formal yang menyelenggarakan pendidikan keagamaan Islam. Fungsinya sebagai pelengkap pelajar pada jenjang SD SMP SMA maupun perguruan tinggi yang sederajat.

Demikianlah informasi mengenai singkatan Porsadin untuk kegiatan dwi tahunan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Yang penyelenggaraannya biasanya berjenjang dari tingkat Kabupaten/Kota kemudian Provinsi dan lanjut ke tingkat Nasional.

Akhirnya terima kasih sudah mampir, maturnuwun salam kenal dan wassalaamu’alaikum. Selamat bertanding dan berlomba!!!


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.