Bantuan Bahtsul Masail Ma’had Aly dari Kemenag 2021 (60 jt)

Share

Informasi dan download juknis bantuan bahtsul masail pondok pesantren setingkat universitas (ma’had Aly) tahun 2021 dari Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Republik Indonesia di Jakarta.

pontren.ccom – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh. Bantuan dialokasikan dalam DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun Anggaran 2021, dengan alokasi setiap penerima bantuan sebesar Rp.60.000.000,00 (enam puluh juta rupiah).

Bagi Ma’had Aly yang berminat agar mengajukan usulan/proposal Bantuan Penyelenggaraan Bahtsul Masail pada Ma’had Aly Tahun Anggaran 2021 yang dilengkapi dengan persyaratan administratif dan akademik sebagaimana dalam Petunjuk Teknis Bantuan.

Syarat dan Ketentuan Bantuan Bahtsul Masail Ma’had Aly 2021

bantuan-pondok-pesantren

Penerima Bantuan Penyelenggaraan Bahtsul Masail adalah pendidikan pesantren dalam bentuk satuan pendidikan Mahad Aly yang:

Penerima Bantuan adalah lembaga pendidikan pesantren dalam bentuk satuan pendidikan Mahad Aly yang memenuhi persyaratan umum dan persyararat khusus.

Persyaratan umum sebagaimana dimaksud dalam ketentuan ini yaitu;

  1. aktif menyelenggarakan pendidikan dengan izin pendirian/penyelenggaraan yang masih berlaku;
  2. terdaftar dalam EMIS dan memiliki nomor statistik;
  3. memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama lembaga; dan
  4. memiliki rekening bank yang aktif atas nama lembaga.

Adapun Persyaratan khusus sebagaimana dimaksud pada nomor 1 yaitu:

  1. Mempunyai masail/agenda bahasan/problem Bahtsul Masail yang akan dibahas sesuai dengan program takhasus pada Ma’had Aly;
  2. memiliki rencana publikasi hasil Bahtsul Masail;
  3. Punya kegiatan dan aktivitas rutin untuk mendukung kegiatan Bahtsul Masail dalam rencana kerja tahunan Ma’had Aly, misalnya training/short course/workshop metode Bahtsul Masail, kajian maraji dan kutubul fuqaha, klasifikasi kutub al-mu’tabarah, serta aktivitas yang semisal;
  4. Mempunyai sumber daya internal Pesantren ataupun mitra baik itu sifatnya perseorangan dengan kualifikasi minimal doktor atau guru besar sebagai narasumber maupun lembaga yang berkaitan langsung dengan tema Bahtsul Masail selama jangka waktu yang diusulkan, dibuktikan dengan surat kesediaan bermitra dari orang/lembaga yang bersangkutan; dan
  5. Memiliki fasilitas yang memadai untuk menyelenggarakan Bahtsul Masail, sekurangnya berupa ruang pertemuan di lingkungan Pesantren atau memiliki izin tertulis untuk mempergunakan fasilitas yang tersedia di daerahnya untuk penyelenggaraan Bahtsul Masail.

Penerima Bantuan Penyelenggaraan Bahtsul Masail menyiapkan usulan/proposal yang terdiri dari Surat Pengajuan yang dilengkapi dengan Rencana Penggunaan dan Persyaratan Administratif dalam bentuk cetak dan menyiapkan salinan digital (file) usulan/proposal dalam format *.pdf sesuai ketentuan dalam Petunjuk Teknis.

Pengajuan Proposal paling lambat via email tanggal 18 Oktober 2021.

Pengajuan usulan/proposal Penerima Bantuan Penyelenggaraan Bahtsul Masail dilakukan secara daring melalui Email: ditpdpontren.pdfma@kemenag.go.id

Sekilas tentang Bantuan

Bantuan Penyelenggaraan Bahtsul Masail pada Ma’had Aly Tahun Anggaran 2021 adalah bantuan pemerintah dalam bentuk bantuan Kasubdit Pendidikan Diniyah dan Ma’had Aly Direktur PD Pontren Sesditjen Pendis kegiatan yang diberikan kepada Ma’had Aly dalam rangka meningkatkan mutu akademik pada Ma’had Aly

Bahtsul masail adalah forum diskusi keagamaan untuk merespon dan memberi solusi atas problematika aktual yang muncul dalam kehidupan masyarakat

Latar Belakang Bantuan

Berikut adalah sebagian dari informasi tentang latar belakang pemberian bantuan kepada Ma’had Aly khususnya Bahtsul Masail di Tahun Anggaran 2021 ini. Berikut informasinya.

santri belajar di kelas
santri belajar di kelas

Sebagai wujud kepedulian Pemerintah terhadap pengembangan pendidikan keagamaan Islam, khususnya bagi Ma’had Aly, pengembangan Ma’had Aly menjadi bagian dari upaya pencapaian sasaran Kegiatan Peningkatan Akses, Mutu, Kesejahteraan dan Subsidi Pendidikan Keagamaan Islam dalam Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Agama Tahun 2015 – 2019 yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Agama Nomor 39 Tahun 2015.

Untuk melaksanakan Renstra tersebut, Kementerian Agama mengalokasikan anggaran bantuan operasional yang diperuntukkan bagi pengembangan kegiatan pada Ma’had Aly dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)-nya.

Semisal kegiatan bahtsul masail di Ma’had Aly yang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari tradisi akademik dan literasi kitab kuning pondok pesantren dan Ma’had Aly ini, belum mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah, sehingga Kementerian Agama harus hadir di tengah-tengah geliat akademik (baca: bahtsul masail) tersebut dalam bentuk Bantuan Penyelenggaraan Bahtsul Masail pada Ma’had Aly Tahun Anggaran 2021.

Tujuan Penggunaan Bantuan

Tujuan penggunaan Bantuan Penyelenggaraan Bahtsul Masail pada Ma’had Aly Tahun 2021 adalah untuk pembiayaan kegiatan bahtsul masail yang dilakukan oleh Ma’had Aly:

  1. Kegiatan pengembangan kualitas akademik, bakat, minat, dan potensi civitas akademika Ma’had Aly;
  2. Kegiatan pengembangan kreativitas, kepekaan, daya kritis terhadap setiap permasalahan yang muncul di masyarakat; dan/atau
  3. Kegiatan pengembangan tradisi literasi civitas akademika Ma’had Aly.

Sistematika Proposal Pengajuan Bantuan Bahtsul Masail Ma’had Aly

Berikut adalah urutan sistematika susunan proposal pengajuan bantuan dimaksud;

SISTEMATIKA PROPOSAL
Proposal ditulis dengan huruf (font) Times New Roman atau Arial ukuran 12, menggunakan kertas A4, 1,5 spasi, dibuat rangkap dua dengan sampul warna hijau.
Proposal disusun menurut sistematika berikut:

HALAMAN JUDUL
SURAT PENGAJUAN BANTUAN
SURAT REKOMENDASI

A. PENDAHULUAN
B. MASAIL/PROBLEM MASALAH DALAM BAHTSUL MASAIL
C. METODE PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN BAHTSUL MASAIL
D. BENTUK PENYELENGGARAAN BAHTSUL MASAIL
E. RESOURCES/SDM YANG BERPENGALAMAN
F. RENCANA PUBLIKASI HASIL BAHTSUL MASAIL
G. RENCANA PEMBIAYAAN
H. SARANA PRASARANA DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN
I. DAFTAR MITRA BAHTSUL MASAIL
J. PENUTUP

LAMPIRAN I: SALINAN BUKU REKENING BANK
LMPIRAN II: SALINAN NOMOR POKOK WAJIB PAJAK (NPWP)
LAMPIRAN III: SURAT KETERANGAN DAPAT MEMPERGUNAKAN FASILITAS PERPUSTAKAAN

Download Juknis Bantuan Bahtshul Masail Ma’had Aly Pd Pontren Pusat

Berikut adalah penampakan dan link untuk bantuan dimaksud yang didalamnya terdapat contoh pengajuan proposal berikut blangko blangko.

Juga lampiran baik kontrak perjanjian kerja, kuitansi tand terima, format berita acara serah terima maupun administrasi terkait dengan bantuan.

Tinggal unduh, copy dan paste, kemudian edit dirapikan. Jadi dah proposalnya.

untuk lebih jelasnya bisa anda simak pada penampakan sebagaimana berikut ini;

untuk mengunduhnya secara langsung file yang kami unggah, anda bisa ndownload melalui file Juknis Bantuan Bahtsul Masail Ma’had Aly tahun 2021

sedangkan juknis yang lama alias tahun 2019 sebagai berikut.

Selamat mencoba untuk mengajukan bantuan. Catatan, bantuan ini hanya berlaku untuk pesantren ma’had Aly yang telah terdaftar, bukan yang belum terdaftar maupun pondok pesantren yang bukan ma’had Aly.

Demikian informasi, jangan lupa batas akhir paling lambat pengiriman proposal adalah Sebagiamana dalam petunjuk teknis.

Selamat mencoba, sukur-sukur ada malaikat yang turut berandil dalam kemudahan mendapatkan bantuan. wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Ibnu Singorejo

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *