Kartu SPP TPQ uang syahriah Bulanan TPA

Kartu SPP TPQ uang syahriah Bulanan TPA
Kartu SPP TPA Kalender Masehi

Kartu SPP TPQ TPA. Salah satu penyokong dana dalam kegiatan belajar dan mengajar di Taman Pendidikan Al Qur’an berasal dari SPP santri TPQ.

Walaupun masih banyak TPQ yang di selenggarakan secara gratis oleh masyarakat ataupun perorangan maupun dari pihak pemuda masjid.

Singkatan SPP

Sebenarnya bukan singkatan SPP yang benar, akan tetapi kepanjangan dari SPP.

Walaupun banyak orang sering menyebut SPP sebagai pembayaran yang di tetapkan oleh lembaga, masih banyak yang belum mengetahui apa itu kepanjangan dari SPP.

Ada beberapa kepanjangan untuk SPP, akan tetapi dalam hal iuran pembayaran bulanan kepada lembaga, kepanjangan yang paling pas adalah Sumbangan Pembinaan Pendidikan.

Jadi secara teknis uang bulanan yang disebut SPP bersifat sumbangan.

Istilah lain bagi SPP

Walaupun umumnya masyarakat sudah terbiasa dengan kata SPP, ada beberapa istilah yang menjadi urf atau adat kebiasaan menyebut Sumbangan Pembinaan Pendidikan ini dengan beberapa istilah.

Untuk masa beberapa saat yang lalu di era 80-90, kartu SPP biasa disebut dengan petho’ (petuk).

Yaitu sebutan untuk kertas atau kartu yang dijadikan sebagai pegangan santri dan orang tua sebagai bukti pembayaran.

Uang Syahriah. Pada beberapa wilayah yang pengetahuan agama nya lebih mendalam, atau di lingkungan pondok, uang SPP sering disebut dengan uang syahriah.

Yang mana syahriah berasal dari kata syahrun. Arti dari sahrun sendiri adalah bulan. Sehingga syahriah adalah uang bulanan.

Kegunaan SPP uang syahriah bulanan bagi lembaga Pendidikan TPA

Seperti pada umumnya lembaga pendidikan keagamaan Islam, masih banyak yang belum mempunyai kekuatan finansial yang mantab dalam menjalankan roda pendidikan.

Minimal ada 3 hal kegunaan pembayaran uang syahriah bulanan. Adapun fungsi dari penarikan SPP bulanan kepada siswa/wali murid adalah :

  1. Membantu keuangan lembaga dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar lembaga, seperti mukafaah atau bisyarah pengajar, pembelian peralatan lembaga. Baik peralatan untuk administrasi ataupun bahan ajar.
  2. Sebagai pengikat santri dan orang tua dalam keseriusan anak-anak santri TPQ dalam belajar. Dengan adanya uang SPP menjadikan keterikatan yang lebih baik sehingga perhatian orang tua untuk mengarahkan anak belajar di TPQ diharapkan lebih kuat.
  3. Peningkatan kualitas lembaga. Dalam hal ini dengan adanya dana dari SPP, maka akan ada alokasi gaji atau bisyarah ataupun uang transport kepada pengajar. Dengan adanya uang kepada ustadz ustadzah TPQ menjadikan pengajar memiliki tanggungjawab yang lebih dalam mengajar dan agak sungkan untuk bolos dalam mendidik anak. Dengan kesadaran dan ketertiban dari ustadz tersebut secara normal mestinya akan membuat lembaga menjadi lebih meningkat secara kualitas.

baca : Logo Taman Pendidikan, fungsi beserta Kegunaannya

baca : Kartu Prestasi TPA beserta Hafalan

Contoh Kartu SPP Syahriah TPQ

Berikut adalah contoh gambar kartu SPP syahriah bagi lembaga Taman Pendidikan Al Qur’an.

Dimana dibuat berdasarkan dua tahun ajaran baru. Kalender Syamsiyah/masehi yang dimulai dengan bulan Juli.

Sedangkan kalender pendidikan secara hijriyah yang dimulai pada bulan syawal.

Selain itu file dari gambar ini bisa di download pada bagian paling bawah dari tulisan ini.

Kartu SPP TPA Kalender Masehi
Kartu SPP TPA Kalender Masehi
kartu SPP TPA kalender Hijriyah
kartu SPP TPA kalender Hijriyah

Kendali SPP Syahriah TPQ untuk Lembaga

Selain kartu pethuk yang diberikan kepada santri/wali murid. Mestinya ada catatan yang dimiliki oleh lembaga.

Bagi lembaga yang sudah maju dan tertata dengan baik biasanya memiliki tenaga sendiri guna mengurus administrasi terkait lembaga.

Akan tetapi umumnya TPQ di Indonesia, ustadz pengajar sering rangkap jabatan sebagai tenaga administrasi bagi lembaga.

Adapun contoh gambar buku kendali bagi lembaga TPQ seperti dibawah ini. Selain itu jika menginginkan untuk download silakan scroll sampai bawah tulisan ini. Dibuat dengan dua buah format yaitu format doc dan format excell.

Buku Kendali SPP TPQ bagi Lembaga
Buku Kendali SPP TPQ bagi Lembaga

Donlot kartu SPP TPA lengkap

contoh SPP TPA doc format word (Masehi)
Download contoh SPP TPA doc format word (Hijriyah)
Unduh Kendali SPP TPA (Masehi)
Download Kendali SPP TPA (Hijriyah)

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

2 Comments on “Kartu SPP TPQ uang syahriah Bulanan TPA

  1. Assalamu’alaikum wr..wbr…
    Wahai saudara/ri,baik kaum bapak ibu sekalian.Perkenal kan nama saya indra ali mursalim,saya dari pasantren darul ihsan.Kec.Bambel.Kabupaten.Aceh tenggara.Saya ingin mengikuti cara pembayaran uang spp TPQ syariah.
    Harap di maklumi.
    Sekian dan terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr…wbr…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*