Isi Kandungan Surah Al ‘Ashr ayat 1-3 artinya Tulisan Arab Latin

al qur'an terjemah bahasa Asing
Share

isi kandungan surah al ‘ashr ayat 1-3 dan artinya tulisan Arab latin termasuk golongan surah Makkiyah terdiri dari berapa ayat? 3 ayatnya turun di kota Makkah.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, apabila ada pertanyaan yang berbunyi “jelaskan maksud isi kandungan surah al ashr ayat ke-1 demi masa”.

Atau sebuah soal yang berbunyi “sebutkan tiga isi kandungan surat al ashr!”

Maka anda bisa menjawabnya dengan jawaban sebagai berikut;

isi kandungan surah al ‘Ashr ayat 1-3

maka dalam buku kelas 4 MI mata pelajaran al-Qur’an Hadits menyebutkan isi kandungan Ayat 1, menjelaskan bahwa al-„Aṣhr artinya zaman atau masa yang padanya Bani Adam (keturunan nabi Adam as) bergerak melakukan perbuatan baik dan buruk.

Sedangkan isi kandungan surat al ‘ashr Ayat 2, menjelaskan bahwa Allah Swt. bersumpah dengan menyebutkan bahwa manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, yakni rugi dan binasa.

Adapun penjelasan mengenai isi kandungan surat al ashr Ayat 3, menjelaskan bahwa yang terhindar dari kerugian di kecualikan bagi manusia yang beriman hatinya dan mengerjakan amal perbuatan yang saleh, menunaikan dan meninggalkan semua yang di haramkan, tabah menghadapi musibah dan malapetaka serta gangguan yang menyakitkan dari orang-orang yang ia perintah melakukan kebajikan dan ia larang melakukan kemungkaran.

Tulisan Arab Latin Al Ashr beserta artinya perkata

Teks Bacaan tulisan latin surah al ‘ashr

  1. wal-‘aṣr
  2. innal-insāna lafī khusr
  3. illallażīna āmanụ wa ‘amiluṣ-ṣāliḥāti wa tawāṣau bil-ḥaqqi wa tawāṣau biṣ-ṣabr

arti terjemah dalam Bahasa Indonesia

  1. Demi masa.
  2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
  3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Rangkuman singkat

Surah al-‘Aṣhr terdiri dari 3 ayat, dan merupakan urutan surah ke 103 dalam al-Qur’an, di turunkan sesudah surat al-Insyirah.

Surah al-‘Aṣhr termasuk dalam kategori surat Makkiyah karena turun di kota Mekah.

Yaitu pada waktu sebelum Nabi Muhammad Saw hijrah ke Madinah.

Al-‘Aṣhr artinya adalah “Demi masa”, yaitu menerangkan tentang memanfaatkan waktu dan mengisinya dengan perbuatan yang bermanfaat, bagi diri sendiri dan orang lain.

Demikian informasi singkat mengenai surat al ashr ayat 1-3 tulisan latin arti dan terjemahnya beserta isi kandungan mata pelajaran Qur’an Hadits kelas 4 MI, wilujeng siang, salam kenal dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *