Proposal Bantuan Operasional Masjid Mushalla terdampak Covid-19

proposal bantuan operasional masjid
Share

Proposal Bantuan Operasional Masjid Mushalla terdampak Covid-19 download contoh format doc ms word bisa edit untuk mengajukan dana sebesar 20 juta bagi masjid dan 10 juta untuk mushalla dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam tahun 2021.

pontren.com – Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, alhamdulillah atas jasa Pak Nuryadi, SH contoh proposal bantuan operasionaal Masjid atau Mushalla yang terdampak kena paparan covid-19 karena virus corona sampai ke hadirat bapak ibu takmir masjid sekalian.

File ini mengacu kepada proposal yang di buat oleh Pondok Pesantren Darul Mubtadi-ien yang mengajukan masjidnya guna mendapatkan bantuan sebagaimana saat ini yang santer kita dengar beritanya.

Katanya cepet-cepetan, siapa cepat dia dapat, tentunya dalam koridor kelengkapan administrasi sesuai dengan petunjuk teknis.

Urusan kenyataannya berbeda ya Wallahu ‘A’lam.

Setelah anda mengunduh file contoh proposal pengajuan bantuan operasional masjid ke Kemenag ini sebaiknya anda mengunjungi artikel untuk mengunduh RAB nya. Yaitu rencana Anggaran biaya pada artikel RAB Bantuan Operasional Masjid terdampak Covid-19

rab bantuan operasional masjid

Selanjutnya, salah satu syarat mengajukan bantuan yaitu keberadaan rekomendasi.

Kami juga sudah menyiapkan contoh permohonan kepada Kepala KUA maupun Kankemanag untuk mendapatkan rekomendasi yang bisa anda unduh file nya dalam artikel Surat Permohonan Rekomendasi Bantuan Operasional Masjid

Baiklah, ada baiknya anda membaca secara teliti apa yang ada pada pengajuan ini supaya bisa sampean lakukan ubahan pada alamat, nama masjid, beserta susunan pengurusnya.

Jika asal unduh khawatirnya ada hal fatal yang menyebabkan pengajuan anda tidak di ACC.

Selamat menyimak.

Teks Proposal Pengajuan bantuan Operasional Masjid Mushalla tahun 2021

TAKMIR MASJID DARUNNAJAH JOMBLANG, KALIWULUH, KEBAKKRAMAT, KARANGANYAR

Sekretariat :Jomblang RT. 001 RW. 010, Kaliwuluh, Kebakkramat, Karanganyar Pos. 57762. HP. 08222222234

Karanganyar, 30Agustus 2021
No : 015/Msj.DN/VIII/2021
Lamp : 1 Bendel
Hal : PermohonanBantuanOperasionalMasjid Terdampak Covid-19

KepadaYth.
Menteri Agama Republik Indonesia
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam/
Direktur Urusan Agama Islam Dan Pembinaan Syariah
Jl. M.H. Thamrin No.6- Jakarta 10340.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua dan semoga setiap langkah kita senantiasa mendapat ridho serta perlindungan dari-Nya. Amien.

Sholawat dan Salam semoga selalu terlimpahkan kepada Uswah Khasanah Nabi Agung Muhammad Saw. Semoga kita akan mendapatkan syafa’atnya besok di Yaumul Kiyamah.

Bersama dengan ini Kami Pengurus Masjid Darunnajah dengan alamat Dusun Jomblang Desa Kaliwuluh, Kec. Kebakkramat, Kab. Karanganyar Provinsi Jawa Tengah mengajukan permohonan Bantuan Operasional Masjid yang terdampak Covid-19 sebesar Rp. 20.000.000,00 (Dua Puluh Juta Rupiah) dengan rincian anggaran biaya sebagaimana pada lampiran proposal ini.

Demikian proposal kami ajukan, atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini kami sampaikan terima kasih dan mohon ma’af yang sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Ketua

( Sutarno, S. H )

KATA PENGANTAR

proposal surat keterangan terdaftar masjid

Assalamu’alaikumWr. Wb.
Puji syukur kepada Allah Swt, yang telah memberikan Karunia-Nya kepada kita semua sehingga kita masih selalu dalam lidungan-Nya.

Sholawat dan Salam semoga selalu terlimpahkan kepada Uswah Khasanah Nabi Agung Muhammad Saw, keluarga, shohabat serta umatnya yang selalu istiqomah dalam menjalankan sunah-sunahnya. Semoga kita mendapatkan syafa’atnya besok di Yaumul Kiyamah.

Pendidikan adalah suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, dimana pendidikan merupakan suatu proses untuk pembentukan kepribadian. Dipandang sebagai salah satu aspek yang memiliki peran penting dan pokok dalam pembentukan kepribadian generasi yang akan datang. Pendidikan diharapkan dapat menghasilkan manusia yang berkualitas dan bertanggungjawab serta mampu mengantisipasi masa depan.

Pendidikan Keagamaan Islam Masjidyang berada di dukuh Jomblang desa Kaliwuluh Kec. Kebakkramat Kab. Karanganyar Jawa Tengah merupakan salah satu masjid yang selalu eksis dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar serta kegiatan ibadah guna mewujudkan salah satu tujuan nasional

Indonesia yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa lewat pendidikan umum maupun agama. Oleh karena itu berbagai upaya kami lakukan guna tercapainya cita-cita tersebut antara lain pemenuhan sarana dan prasarana belajar dan ibadah.

Kegiatan belajarmengajardan ibadah pada saat ini pada masa Pandemi Covid-19 agar tetap eksis berjalan dengan baik dan lancar.

Salah satu upaya yang dilakukan masjid adalah pemenuhan kebutuhan-kebutuhan dalam rangka menunjang kesehatan di masa pandemi covid-19 pada saat ini. Karena keterbatasan sarana dan prasarana masjid maka pengurus masjid memohon pihak-pihak terkait dengan Kegiatan belajar dan ibadah untukmembantu kami.

Akhirnya hanya do’a yang dapat kami haturkan, semoga Allah SWT memberikan imbalan kebaikan kepada semua pihak yang telah membantu perkembangan kegiatan masjid kami dengan pahala yang berlipat ganda. Amin

Dalam penulisan proposal ini, tentu tidak lepas dari segala kekurangan, maka kritik dan saran demi kesempurnaan proposal ini, sangat kami harapkan. Semoga proposal ini dapat di jadikan periksa.

Wassalamu’alaikumWr. Wb.

Karanganyar, 30 Agustus 2021

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Sebagai wujudn yata keikutsertaan masyarakat dalam rangka mensukseskan pembangunan nasional. Khususnya pembangunan manusia seutuhnya baik mental maupun spiritual untuk mencapai masyarakat adil, makmur dan sejahtera diperlukan pendidikan moral sejak dini.

Dimana hal itu bertujuan sebagai upaya meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT serta untuk meningkatkan pembinaan Islami kepada warga masyarakat serta generasi muda untuk membentuk manusia yang beriman, bertaqwa, berbudi luhur dan berakhlak mulia di hadapan Allah SWT.

Demi tercapainya tujuan tersebut maka diperlukan sarana dan prasarana yang digunakan untuk mewadahi berbagai macam kegiatan tersebut, agar dalam pelaksanaannya dapat terlaksana dengan nyaman, aman dan tenteram.

Pada masa pandemi Covid-19 ini perlu sekali adanya sarana prasarana dalam menunjang kesehatan yang memadai, agar kegiatan ibadah dan belajar mengajar dimasjid terlaksana dengan baik dan aman.

Kegiatan masjid Darunnajah yang berada di dukuh Jomblang desa Kaliwuluh Kec. Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah masuk dalam zona wilayah terpapar Covid-19 perlu sekali bantuan operasional masjid terdampak Covid-19 guna pemenuhan sarana dan prasarana pembelajaran dalam menunjang kesehatan yang memadai. Hal ini dikarenakan kurangnya dana untuk pengadaan sarana prasarana pada masa pandemi covid-19 sekarang ini.

Oleh karena itu upaya pemenuhuhan sarana Kegiatan belajar dan ibadah di masjid Darunnajah harus segera dilaksanakan demi terwujudnya program belajar mengajar dan ibadah yang kondusif.
Kegiatan ini mempunyai beberapa tujuan yang akan dicapai, antara lain :

Tujuan Umum

Dengan adanya sarana prasarana penunjang ibadah dan belajar di masjid yang memadai akan menciptakan suasana ibadah dan belajar yang baik sehingga dapat meningkatkan kualitas.

Tujuan Khusus

Dengan sarana prasarana penunjang ibadah dan kegiatan belajar yang memadai menjadikan para ustadz dan jamaah dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan dimasjid dapat berjalan dengan baik.

Nama Kegiatan

Bantuan Operasional Masjid terdampak Covid-19 “Masjid Darunnajah Jomblang”

SusunanPengurus

Penasihat
Ketua : Sutarno, SH
Sekretaris : Suharno, S.Pd.I
Bendahara : AzisWahyudi
Ketuabidangidarah, : Muh Nur Muslih
ketuabidangImarah : Kummarudin
KetuaBidangRi’ayah : Suryanto

  1. Sie Pembangunan : Santoso
  2. Sie Pendidikan : Radityawati
  3. Sie Kebersian : Muhammad Itmamul Ihsan
  4. Sie Humas : Sarmadi

D. RencanaAnggaranBiaya ( RAB )

Rencana Anggaran Biaya Operasional Masjid terdampak Covid-19 Masjid DarunnajahJomblang

PENUTUP

dkm masjid

Kegiatan ibadah dan belajar mengajar di Masjid Darunnajah Jomblang Desa Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar selalu berusaha dalam pengembangan dan meningkatkan mutu jamaah. Salah satu usaha yang dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19 adalah pengadaansarana dan prasaranapenunjangibadah dan kegiatan belajar di Masjid.

Disadari bahwa sarana prasarana masih kurang memadai dengan demikian usaha ini bila terlaksana banyak sekali manfaat yang bisa diambil bagi masjid khususnya dan bagi bangsa Indonesia pada umumnya antara lain ibadah dengan nyaman, sehat juga belajar lebih efektif dan efisien, meningkatkan kualitas ibadah, terciptanya suasana ibadah dan pembelajaran yang kondusif dan mampu membantu menciptakan tujuan pembangunan nasional dan lain lain.

Berdasarkan kesimpulan di atas maka harapan warga masjid Darunnajah Jomblang kepada Bapak Menteri Agama Republik Indonesia melalui Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam/Direktur Urusan Agama Islam Dan Pembinaan Syariah kiranya berkenan membantu kami.
Demikian proposal ini kami sampaikan atas perhatian, dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Karanganyar, 30 Agustus 2021

Ketua

( Sutarno, S.H )

Download contoh proposal

File ini memakai word 2010, jika anda membuka pada ms office 2007 mungkin morak marik.

Berikut ini merupakan tautan untuk anda mengunduh atau download contoh proposal bantuan masjid sebagai dana operasional karena dampak covid-19 virus corona.

Sebelum anda mengunduhnya, kami siapkan tampilan preloved yang bisa anda lihat tanpa mengharuskan panjenengan sekalian untuk menyimpan pada drive komputer maupun hape sampean.

Ini dia penampakannya.

Pada file ini kami merancang menggunakan ukuran kertas A4 alias kuarto.

Pertimbangannya kebanyakan scanner alat pemindai pada printer hanya support untuk kertas A4.

Untuk itulah beberapa bulan terakhir hampir selalu kami membuat beberapa contoh berkaitan dengan surat menyurat maupun keterangan memakai ukuran kuarto.

Untuk mengunduhnya berikut tautan file proposal ini.

Download contoh proposal bantuan masjid tahun 2021

Saya kira sudah banyak tulisan yang anda baca, terima kasih sudah mampir pada blog ini, semoga manfaat dan selalu mendapat barakah fid dunya wal akhirah.

Dalam masa pandemi ini, semoga kesehatan keselamatan senantiasa Allah berikan kepada anda, keluarga, rekan handai taulan semuanya.

Dan semoga Allah segera mengangkat wabah covid-19 sehingga kita semua bisa beraktivitas dengan normal kembali.

Akhirnya selamat malam, wilujeng dalu, salam kenal dan wassalam.


Share

21 tanggapan pada “Proposal Bantuan Operasional Masjid Mushalla terdampak Covid-19”

  1. Alhamduillah, semoga berkah berkah berkah dan menjadi amal jariyah sudah membantu mempublikasikan apa yg dibutuhkan, terima kasih ya min. semangat terus buat berbagi, biar masjid yg lain bisa mengajukan bantuan tersebut juga.

    1. sepakat mas, betul2 membantu gak bikin ribet file nya pke di kunci segala. syukron ustadz,, berkah ilmux dunia akhirat. Aamiin
      Tetap semangat menebar kebaikan..

      1. memangnya file yang pake kunci segala tuh gmna ya? amiin semoga barakah bagi para takmir masjid dan mushalla, semoga semakin mendapatkan rahmat Allah SWT bagi kita semuanya.

      2. AHAMDULILLAH….Terima Kasih Banyak saudaraku… semoga segala amal kebaikan Anda dibalas Alloh…. Amiiin…

      3. assalamu’alaikum, mohon ijin untuk mendownload file bantuan masjid nggeh bapak, terimaksih sekali sangat membantu

      4. Syukron laka katsiiron…………
        sangat membantu kami untuk pengajuan bantuan opersional masjid/Musholla
        walaupun sebagian sy edit sendiri,karna tempat kami musholla
        s’moga amal baik nya di terima dan mendapat balasan yang berlipat – lipat dari Allah SWT aamiiiin……..

      5. Jazakumullah khoiron…semoga amal baik panjenengan dibalas oleh Allah swt dg balasan yg berlipat2. Mohon ijin download gih..

      6. Agus Khoermuklis

        Jazakallohu Ust, sangat bermanfaat, mudah-mudahan berkah dan dapat direalisasikan oleh kemenag dan kami selaku pengurus masjid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *