Sambutan Wali Murid Perpisahan Kelas 12

sambutan wali murid perpisahan kelas 12
Share

Contoh pidato sambutan wali murid perpisahan kelas 12 (dua belas) oleh perwakilan orang tua siswa jenjang pendidikan setingkat SMA kelas 3 atau Aliyah yang identik dengan seragam putih abu-abu, pidatonya singkat mudah simpel dan gampang untuk dihafalkan.

pontren.com – assalamu’alaikum mbak Eny Arofah beserta pembaca blog melalui hape laptop maupun gadget canggih lainnya yang berada pada pelosok penjuru negeri, saya kira anda yang membaca tulisan ini adalah orang tua wali muridpada jenjang pendidikan kelas 12.

Perkiraan saya, sangat mungkin andalah yang akan maju sebagai perwakilan orang tua wali murid kelas 6 dalam menyampaikan sambutan perpisahan. Ingat, maju kedepan naik podium dan menyampaikan orasi, eh sambutan maksudku.

Sampean mendapat mandat mewakili rekan sejawat orang tua murid kelas 12 (setingkat kelas 3 SMA atau SMU), bisa karena anda biasa maju berbicara atau terpaksa menghadapinya karena tidak ada yang mau. Tentu sangat isin (malu) jika nanti kurang lancar.

Jika jarang tampil atau belum pernah melakukan sambutan, mulanya pasti bingung, yang mau di omongin apa aja ya?

Tidak perlu sampean khawatir, sebenarnya sederhana saja.

Dalam pidato sambutan wali murid kelas 12 (dua belas) ini unsur yang ada yaitu;

  • Pembukaan (salam, ucapan syukur, alhamdulillah, berselawat kepada nabi serta salam salam)
  • Sapaan kepada hadirin (yang terhormat Yth. Ketua yayasan, kepsek/madrasah, bapak ibu guru, tenaga pendidik, wali murid, siswa siswi dll)
  • Ucapan terima kasih kepada sekolah dan jajaran para guru dan tenaga kependidikan
  • Mohon doa restu supaya anak menjadi soleh solihah dan sukses kedepannya dan mendapatkan kampus yang dituju
  • Mewakili orang tua beserta wali murid, Mohon maaf jika ada salah ucap dan perbuatan sebagai wali selama tiga tahun anak-anak menjadi anak didik pada sekolah ….
  • Penutup yaitu, mohon maaf salah kata, salam

Nah itulah hal pokok dalam pidatoseyogyanya ada dalam pidato sampean.

Trik Jitu serta Kiat sukses dalam Pidato sambutan Wali Murid perpisahan kelas 12 orang tua Siswa

Bukan hal sulit jika anda sudah biasa melakukan sambutan pada forum resmi maupun semi formal, sudah tidak perlu lagi banyak mikir, mendadakpun anda juga siap.

Lain lagi ceritanya jika anda merasa belum biasa dan kurang siap, ada beberapa hal yang perlu sampean lakukan dengan tujuan supaya menjadi pembicara dengan baik.

Apa saja yang perlu dilakukan?

Membuat poin poin yang akan disampaikan

Sebelum anda membuat naskah pidato, anda perlu menentukan pokok materi yang hendak anda ucapkan, anda catat apa saja yang seharusnya disampaikan selaku wakil rekan teman anda sesama wali murid siswa kelas 12.

Setidaknya poin yang sudah saya sampaikan sebelumnya menjadi acuan kerangka bangunan untuk menentukan pokok isi pidato anda.

Fungsu membuat kerangka pidato supaya apa yang anda sampaikan bisa fokus dan tidak melebar kemana mana, singkat namun padat.

Membuat coret coretan tulisan materi Sambutan

Langkah lanjutan setelah menentukan isi pokok sambutan dan menyusun kerangkanya adalah mengembangkan kerangka ini menjadi sebuah pidato yang lengkap.

Caranya dengan mengisi kerangka dengan kalimat yang pantas dan baik, dan ada baiknya formal, bahasa yang mudah dipahami (meminimalisir istilah yang sulit dan bikin ketawa jika sampai anda salah dalam menempatkannya).

Telitilah kemudian bacalah berulang tulisan anda jika sudah selesai menyusunnya.

Tujuannya untuk melakukan pengecekan apakah sudah hilang beberapa patah kata yang janggal atau anda menambahkan jika merasa ada yang ketinggalan.

Latihan pidato sambutan beberapa kali

Paripurna dalam membuat teks pidato secara lengkap, maka saatnya pemanasan eksekusi teks anda yaitu dengan cara berlatih secara langsung.

Practice makes perfect, begitulah pepatah sunda mengatakan, maksudnya latihan bisa membuat penampilan anda sempurna dalam hal ini yaitu memberikan sambutan pidato perpisahan.

sambutan perpisahan oleh wali murid

Sangat disarankan sampean merekam latihan ini pada hape canggih sampean, nantinya sebagai bahan evaluasi setelah anda dengarkan sendiri rekaman tersebut.

Evaluasi hasil latihan sambutan perpisahan

Setelah melakukan latihan dan merekamnya melalui hape, selanjutnya yaitu mendengarkan suara rekaman anda untuk evaluasi.

Simaklah rekaman anda, sampean nilai sendiri apakah sudah pas kecepatan dan ketepatan ucapan, intonasi, apakah terlalu tergesa gesa atau sudah cukup, dan lain sebagainya.

Berbicara tidak tergesa gesa dan intonasi yang jelas akan membuat pidato anda mendapat perhatian para hadirin.

Janganlah dalam berpidato anda kebanyakan memakai hukum idghom semuanya (mendengung dengung yang mungkin anda sendiri yang paham).

Jika suami atau istri anda orang yang baik hati dan rela mendengarkan, saya pribadi menyaraknkan rekaman hasil latihan anda yang sampean anggap sudah memper (layak) anda perdengarkan kepada suami/istri atau gebetan anda.

Selanjutnya anda minta opini dia mana saja yang perlu dilakukan perubahan atau tambahan pengurangan dan juga intonasi dan kecepatan dalam berbicara.

Mintalah pendapatnya bagian mana saja perlu mendapatkan sentuhan supaya lebih patut untuk disampaikan dimuka umum orang banyak.

Jika rekaman yang anda perdengarkan tadi dianggap oke, maka anda bisa bernafas lega, setidaknya dalam berpidato anda telah melewati fase latihan dengan baik.

Dan tentunya sambutan anda layak dan patut serta tidak memalukan apabila anda berdiri pada mimbar podium, atau mungkin melalui daring.

Membuat catatan penting yang disampaikan

Nyontek alias menjiplak jika untuk pelajar bukan hal yang baik, tetapi dalam sambutan perpisahan tiada larangan untuk menjiplak.

Kenapa perlu membuat catatan poin yang penting?

Sebenarnya hal ini merupakan antisipasi saja, supaya jika anda ngeblank tidak mati gaya, anda masih bisa melirik catatan penting urutan untuk pidato pada secarik kertas.

Jika lancar tentulah tidak perlu juga anda keluarkan.

Koq tidak perlu dikeluarkan? Udah ribet buatnya lho.

Catatan ini hanya bersifat pertolongan saat keadaan darurat yaitu jika anda blank atau mati gaya karena lupa.

Jika kejadian seperti itusampean dapat mengeluarkan jimat anda dari kantong untuk menghilangkan kematian gaya sampean.

Nah itulah kiat-kiat sederhana untuk memaksimalkan penampilan anda didepan khalayak ramai pada acara perpisahan kelas 12 (dua belas/3 SMA).

Contoh Teks pidato Perpisahan kelas 12 perwakilan wali murid orang tua Siswa

إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه

Teks latin : Innal hamda lillahi, nahmaduhu wa nasta’iinuhu wa nastaghfiruhu, wa na’uudzu billaahi min suruuri anfusinaa wa min sayyiaati a’maalina.
Man yahdihillahu falaa mudlilla lah, wa man yudhlil falaa haadiya lah, wa asyhadu al laa ilaaha illallaah wahdahuu laa syariika lah, wa asyadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rosuuluh.

  • Yang Kami Hormati Bapak/IbuKetua Yayasan al Muthohharoh
  • Yang kami Hormati Kepala Sekolah/Madrasah SMA Gelatik 1Kota Cirebon
  • Yang Saya Hormati pula Bapak adn Ibu Guru beserta jajaran Tenaga Kependidikan
  • Yang kami cintai dan banggakan putra putri kami siswa kelas 12 SMA Gelatik 1 Kota Cirebon
  • Dan yang sangat kami hormati yaitu diri saya sendiri

Pertama marilah kita mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala rahmat dan Hidayat-Nya kepada kita sehingga saat ini kita bisa bersilaturrahmi dan berjumpa dalam keadaan yang sehat wal afiat.

Yang kedua sholawat beserta salam kepada Nabi Muhammad SAW nabi Akhir zaman yang kita tunggu-tunggu syafaatnya pada hari akhir, Amiin.

Para hadirin acara perpisahan kelas 12 yang terhormat,

Beridrinya kami didepan kali ini sebagai wakil para orang tua dan wali murid, akan menyampaikan beberapa patah kata, namun sebelumnya kami mengucapkan banyak terima kasih atas waktu yang diberikan kepada kami.

Ucapan Terima kasih kami sampaikan kepada para Bapak dan Ibu guru mulai kelas 10 sampai dengan kelas 12 serta jajaran tenaga kependidikan yg telah mendampingi dan mengantarkan putera puteri kami dengan ikhlas serta perhatian dan kasih sayang sehingga menyelesaikan pendidikan pada jenjang pendidikan Lanjutan tingkat Atas ini.

Selanjutnya, meskipun sudah selesai pendidikan semoga bapak ibu guru dan jajaran pengelola pendidikan pada SMA Gelatik 1 Kota Cirebon ini tetap berkenan dan senantiasa mendoakan putra putri kami menjadi anak yang soleh solihah sukses dalam pendidikan selanjutnya dan mengarungi kehidupan kedepan meraih cita cita luhur berguna bagi agama nusa dan bangsa.

Khususnya mohon doa restu supaya anak-anak kami bisa melanjutkan ke Jenjang yang lebih tinggi dan mendapatkan tempat pendidikan sesuai dengan cita cita dan harapan ananda beserta orang tuanya.

Tentunya selama kami sebagai orang tua wali murid anak didik mulai awal masuk sampai dengan kelulusan, kami menyadari ada banyak kesalahan baik berupa kerkataan maupun perilaku perbuatan yang tidak berkenan pada hati para guru maupun jajaran tenaga kependidikan pada sekolahan ini.

Dengan segala kerendahan hati serta penuh harap kami mohon keikhlasan bapak ibu untuk memberikan maaf serta ridho atas segala perbuatan salah serta kekhilafan yang kami lakukan.

Demikian ucapan mewakili teman teman wali murid kelas 12, atas perhatiannya terima kasih ada kurang dan salahnya mohon maaf dan dimaklumi.. Wassalaamualaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Download contoh pidato sambutan wali murid perpisahan kelas 12

penilaian-ujian-praktek-pidato
ilustrasi guru penguji

Tulisan ini kami desain supaya sampean dapat mencetak contoh yang kami buat ini.

Format yang kami buat yaitu format doc ms word yang familiar bagi orang Indonesia.

Tujuannya agar supaya mudah untuk anda print atau mencetaknya.

Sebelum anda mencetaknya, admin akan menampilkan review atau predownload dalam bentuk file preloved.

Yaitu file yang bisa anda lihat tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Seperti inilah tampilan contoh pidato sambutannya;

Nah jadinya seperti itu, sampean tinggal unduh gratis free download, merapikan sana sini menambahkan seperlunya mengurangi yang tidak perlu.

Ada kendala mengunduhnya?

Tenang saja, kami siapkan tautannya sebagai berikut;

Download pidato orang tua perpisahan kelas 12

Oh iya, saya yakin ada banyak contoh yang bisa anda unduh sebagai sumber ide bahan dasar anda berpidato sambutan perpisahan.

Tinggal anda browsing kesana kemari, anda susun dan anda padu padankan kemudian anda latihan beberapa kali. Joss gandhoss pokoknya.

Terakhir, semoga anda sukses dalam memberikan sambutan, ananda bisa melanjutkan pendidikan pada perguruan tinggi baik diploma maupun strata 1 yang favorit dan hemat biaya.

Guna memudahkan meraih cita cita mendapatkan pekerjaan yang layak dan bisa membanggakan kedua orang tuanya, tak lupa sang anak tetap soleh solihah dan berbakti kepada kedua orang tuanya.

Dan akhirnya saya mengucapkan good luck. Wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *