Wirawan Mantu Pernikahan Rahmah Fadilah dengan Bagus Hafidh KR

wirawan mantu rahmah fadilah
Share

Assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, selamat untuk mempelai Rahmah Fadilah Bagus Hafidh Kuncoro Raharjo yang acara akad ijab Kabul di Monumen Jaten pada Hari Ahad, 20 Juni 2021 jam 10.00 WIB.

pontren.com – Petugas Kantor Urusan Agama Jaten yang menghadiri pencatatan pernikahan adalah Bapak Joko Mursito, SHI.

Ternyata wis sah Pak Wirawan dan Ibu Ina (Wirawan Avicena & Dewi Ina) disebut orang tuan, jane yo belum tua juga, lebih tepatnya sebagai orang Dewasa yang telah matang secara ukuran.

Buktinya mereka mantu melaksanakan tasyakuran walimahan pernikahan.

Bukan anaknya juga sih (anaknya yang paling gede masuk kelas 1 SMP saat ini/2021), nek anake dewe nanti setelah setahun kemudian yang dimantukan duwe anak, mosok isih enom dipanggil mbah Wiro dan Mbah Ina, lak yo piye gt, mbah mbah gaul jadinya.

Keluarga Wirawan menjadi penanggungjawab full pernikahan keponakannya, tepatnya anak dari tante atau buliknya yang tinggal di Cirebon.

Mulai dari awal mengurus lokasi pernikahan sampai dengan finish selesainya acara.

Karena pilihan tempat berada di Jaten maka prosedur KUA berlaku yaitu mengurus surat numpang nikah untuk kedua mempelai baik mbak Rahmah Fadilah dan Mas Bagus Hafidh Kuncoro Raharjo.

Yaitu acara pernikahan diluar alamat kedua mempelai.

Nah ini jadi informasi untuk siapapun, jadi secara teknis acara ijab kabul pernikahan bisa dilaksanakan dimana saja tidak harus pada salah satu alamat mempelai.

Caranya dengan mengurus surat numpang nikah.

Apakah rumit?

Tidak rumit, gampang saja, untuk keterangan lebih lanjut sampean bisa tanya ke KUA karena disini aye mau cerita mengenai walimahan, bukan ngurusi numpang nikah.

Acara Walimahan saat pandemi Corona, Protokol Kesehatan Ketat diberlakukan

gedung monumen jaten karanganyar
Gedung monumen jaten tempat walimahan

(Wirawan mantu Rahmah Fadilah) perihal kaos tangan dan masker pada majelis ijab kabul tentu semuanya sudah paham, tidak perlu membahasnya, lebih kepada hal lain berkenaan dengan tata ruang dan juga standar prokes.

Sampai menjelang hari H, keluarga Besar Pengantin wanita, khususnya Keluarganya Mas Wir dan Mbak Ina memantau keadaan dan perubahan dalam pelaksanaan walimahan ini.

Juga mempersiapkan opsi-opsi pilihan apabila ada kejadian perubahan ketentuan “seandainya” ada pemberitahuan mendadak dari Kelurahan ataupun Kecamatan.

Misalnya dalam hal perjamuan, model sajian makanan yang settingannya piring terbang, sudah dipersiapkan seandainya diharuskan full dibawa pulang atau setengahnya. (maksudnya dikemas dalam nasi kotak untuk dibawa pulang tidak dimaem ditempat).

Detil yang lain adalah menyiapkan sekian puluh nasi kotak seandainya ada beberapa awak yang tidak masuk ke tempat pernikahan, semisal driver, keamanan, siapapun yang datang dan menyukseskan syukuran tapi tidak bisa duduk sebagaimana tamu undangan lainnya.

Setiap tamu akan melewati deteksi panas thermo gun dengan petugas yang sudah dikoordinasikan sebelumnya, tentunya dalam rangka menjaga kesehatan seluruh tamu dan panitia serta keluarga yang ada pada tempat ini.

Penataan tempat duduk dan ruangan juga sangat detil memperhatikan prokes.

Yaitu kapasitas gedung yang memuat 1.000 (sewu) orang hanya diisi kisaran 300-350 orang saja.

Kemudian penataan tempat duduk juga memperhatikan jarak standar dalam prokes.

Perasaan sudah disisir semuanya tetapi ada saja yang kurang

Nah inilah pengalaman mantu, dengan undangan yang relatif tidak banyak, masih dibawah lima ratus orang saja.

Ternyata seorang Wirawan dan istrinya yang begitu detil dan teliti masih saja ada yang terlewat setelah melakukan rapat checking akhir pada malam Jum’at tanggal 18 Juni tahun 2021 di ruangan depan rumahnya.

Ada berbagai masukan dan juga usulan pertimbangan yang bisa dilakukan untuk semakin sukses dan lancarnya acara walimahan, misalnya penempatan serah serahan, penyerahan tanggungjawab beberapa hal kepada yang memiliki kompetensi untuk melakukannya.

Setelah checking akhir dilakukan dan beberapa tambahan detil acara terlewat terdeteksi dan tindak lanjutnya yang kongkrit, mas Wirawan memberikan kesempatan kepada calon mempelai untuk bertanya usul maupun yang lainnya

Juga perihal pakaian among tamu, keberangkatan kru panitia, juga rias dan banyak hal di fix kan sekalian.

Rampung acara checking kemudian ada obrolan ringan, tanya tanya kepada nona EO yang masih kuliah, nganti ono sik takon piye carane nganggo kudung sik sip, alahbiyung tak kiro yo wis suwe reti carane, ternyata ada juga sik durung weruh hihihiii… piss ya bu Wir.

Kesimpulan akhir dari rapat panitia checking akhir ini adalah “bagaimanapun hebatnya orang tetap saja tidak bisa menyelesaikan sendiri, tetap membutuh bantuan dan pertolongan orang lain”.

Ucapan terima kasih dari mempelai

Rahmah Fadilah Bagus Hafidh Kuncoro Raharjo
Mempelai Rahmah Fadilah & Bagus Hafidh Kuncoro Raharjo duduk di Pelaminan

(Wirawan mantu Rahmah Fadilah) Mbak Rahmah Fadilah menggunakan kesempatan ini bukan untuk usul dan bertanya, hanya bisa mengucapkan terima kasih yang sangat kepada semuanya.

Yaitu kepada Keluarga Besar Wirawan Avicena & Mbak Ina, Warga Perum Chrysan Regency Ngringo Jaten, Even Organiser dan juga siapapun yang hadir dan tidak hadir yang membantu dalam kelancaran syukuran walimahan ini. Semoga Allah SWT membalas dengan balasan yang lebih baik.

Tausiyah Ustadz Wulan Pintoko untuk Mempelai

pertimbangan banyak hal, om Wirawan memilih mengisi acara tasyakuran walimatul Ursy ini dengan mengundang mubaligh.

daripada mengisi acara dengan live musik atau organ tunggal, ada banyak pertimbangan salah satunya juga dalam rangka ringkas acara dan manfaat untuk manten dan juga para tamu.

pilihannya jatuh kepada salah satu pengasuh Pondok Pesantren Ibu Abbas Klaten. yaitu Ustadz Wulan Pintoko yang juga merupakan kawan pak Wirawan saat belajar di MTs maupun SMA.

dalam isiannya ustadz Wulan menyampaikan kepada mempelai berdua khususnya dan kepada para alumni manten tahun-tahun sebelumnya untuk meniatkan kembali mengarungi bahtera rumah tangga karena Allah SWT.

wulan pintoko ibnu abbas klaten
kiri ke kanan : Om Taufiq Baabduh, Ustaz Wulan Pintoko dan yang mengantarkan

selanjutnya pesan yang kedua yaitu berkomunikasi dengan pasangan perihal apapun berkaitan dengan rumah tangga demi suasana kondusif untuk mengarungi rumah tangga dalam bingkai beribadah kepada Allah.

selanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa tausiyah maupun wejangan terbaik berasal dari kalangan keluarga, sedangkan para mubaligh ataupun para motivator sifatnya hanya insidentil.

apapun itu menurut Ustadz Wulan Pintoko, motivator terbaik adalah orang tua dan keluarga sebagai rujukan dalam berkonsultasi tentunya masih dalam koridor bahwa “suami adalah pakaiannya istri begitu pula sebaliknya”.

selesai tausiyah kemudian dilanjut dengan acara foto-foto dan alhamdulillah berjalan dengan lancar.

Dan akhirnya selamat kepada kedua mempelai, semoga menjadi keluarga sakiinah mawaddah wa rahmah untuk mas Bagus Hafidh Kuncoro Raharjo dengan teh Rahmah Fadilah.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

Baarakallahu laka wabarakoa ‘alaika wajma’a bainakumaa fii khoir.
Artinya: ”Semoga Allah memberikan berkah untukmu, semoga Allah memberi berkah padamu dan menghimpun kalian berdua (sebagai suami istri) dalam kebaikan”.

demikian kenang kenangan Mas Wirawan dan Mbak Ina mantu ponakan, semoga Allah memudahkan keduanya (yang mantu maupun di mantokne) dalam hal apapun dan barakah fid dunya wal akhirah. Aamiin

Berbagai catatan dalam acara syukuran mas Wiro Mantu

SUSUNAN RANGKAIAN ACARA PERNIKAHAN RAHMAH FADILAH
Putri Bp. Slamet Haryono (Alm) dan Ibu Titin Hartini (Babakan Gebang, Cirebon)

dengan

BAGUS HAFIDH K. R.
Putra Bp. Rodli al Rudy (Alm) dan Ibu Umi Sangadah (Almh) Cemani, Sukoharjo

Orang tua wali dari ayah mempelai pria diwakilkan adik.
Orang tua wali dari mempelai Wanita diwakilkan Pakde dan Bude

Acara Akad dan Resepsi digelar pada Minggu, 20 Juni 2021 Pukul 10.00 s/d selesai, berlokasi di Pendapa Monumen Jaten , Kec. Jaten, Kab. Karanganyar.

AKAD NIKAH PUKUL 10.00 WIB – 10.30 WIB

ACARA PEMBUKAAN OLEH MC .

Situasi : Pihak dari KUA yang ditunjuk sudah tiba di lokasi. Wali nikah dan Saksi dari kedua pihak sudah duduk di meja akan yang sudah disiapkan.

MC MEMPERSILAKAN MEMPELAI PRIA UNTUK MEMASUKI PENDAPA TANDA DIMULAINYA AKAD.

Pendamping : 1. Bpk. Edy Kuswanto, A.Md2. Bpk. Karna Imat

MC MEMPERSILAKAN MEMPELAI WANITA UNTUK MEMASUKI PENDAPA MENYUSUL MEMPELAI PRIA.

Situasi : Mempelai wanita duduk bersama dengan keluarga.

Pendamping : 1 Ibu Hj. Iyus Rusmini, S.Pd. 2. Ibu Hj. Ade Kusumayani

MC MENYERAHKAN SELURUH JALANNYA AKAD KEPADA PIHAK KUA YANG DITUNJUK HINGGA PROSESI AKAD SELESAI.

MC MENGAMBIL ALIH ACARA DENGAN SISA WAKTU YANG ADA.
SESI FOTO AKAD MEMPELAI DENGAN KELUARGA

Situasi : Sesi foto akad simbolis kedua mempelai membawa mas kawin dan buku nikah, foto dgn keluarga (5 menit).

MC MENUTUP ACARA AKAD
Situasi : Kedua mempelai kembali ke ruang ganti, proses persiapan resepsi kurang lebih 15 menit.

RESEPSI PUKUL 10.45 WIB – 12.00 WIB

Berikut adalah rangkaian acara resepsi pernikahan Rahmah dan Bagus : 10.45-10.55

PEMBUKAAN

MC membuka acara resepsi dengan kesan formal namun santai.
10.55-11.00

MEMPELAI MEMASUKI ACARA DAN DUDUK DI PELAMINAN

Situasi : Kedua mempelai jalan bedampingan, diikuti di belakangnya :

  1. Ortu/Wali mempelai Wanita
  2. Ortu/Wali mempelai Pria
  3. Diikuti sanak saudara dari kedua mempelai serta keluarga besan.
  4. Ketika sudah sampai di kursi pelaminan langsung sesi foto kedua mempelai didampingi kedua orang tua/wali masing-masing.

11.00-11.20
TATACARA ADAT PASRAH – NAMPI PENGANTIN (catering bisa mulai masuk)

  1. Atur Pasrah dari pihak mempelai pria yang diwakilkan oleh Bpk. Joko Rahayu, SE, MM didampingi oleh Bpk. Edy Kuswanto, A.Md beserta Bpk. Karna Imat
  2. Atur Panampi dari pihak mempelai wanita yang diwakilkan oleh Bpk. H. DR. Saiful Islam, M. Ag didampingi oleh Bpk . H. Jumirin, S.Pd beserta Bpk. Wirawan Avisena

11.20-11.30 ATUR PAMBAGYOHARJO

SAMBUTAN DARI KELUARGA BESAR MEMPELAI WANITA DALAM ACARA AKAD DAN RESEPSI PERNIKAHAN RAHMAH DAN BAGUS DITUJUKAN KEPADA KELUARGA BESAN SERTA SELURUH TAMU UNDANGAN YANG TELAH BERKENAN HADIR.
Diwakilkan olehBpk. H. Suyamto, S.Pd didampingi oleh Bpk. H. Gunawan Thahir, M.Th.I beserta Bpk. H.Ir. Tukul Raharjo

11.30-11.50
TAUSIYAH PERNIKAHAN DAN DOA OLEH Al Ustadz H. Wulan Pintoko, B. Ed (Pengasuh Pondok Pesantren Ibnu Abbas Klaten/temennya pak Wirawan waktu MTs dan SMA)

11.50-12.00 ACARA SESI FOTO
MC membacakan daftar tamu yang telah disusun untuk berfoto bersama dengan kedua mempelai.

12.00
PENUTUP

Sebagai penanda berakhirnya acara, Kedua mempelai beserta orang tua wali dipersilakan untuk berjalan dari kursi pelaminan menuju kedepan pendapa untuk memberikan salam dan ucapan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir. Para tamu diperkenankan pulang dan semoga selamat sampai tujuan masing-masing.

MC MENUTUP RANGKAIAN ACARA AKAD DAN RESEPSI PERNIKAHAN RAHMAH DAN BAGUS.

Sesi foto keluarga.

PIHAK-PIHAK YANG TERLIBAT DALAM ACARA :

  1. Rias pengantin, fotografer, MC : Tim vendor
  2. Venue : Pendapa Monumen Jaten
  3. Catering :
  4. Dekorasi Pelaminan :
  5. Sound System :
  6. Panitia keluarga dan hamong tamu :
  7. Para hamong tamu :
  8. Panitia Keluarga :

Jajaran tim sukses acara walimahan Wirawan mantu Rahmah Fadilah

Among Tamu

  1. Bpk Dian Riantoni (koord)
  2. Ibu Etik (koord)
  3. Bpk Fendy
  4. Ibu Ulfa
  5. Bpk Maslukin (koord)
  6. Ibu Ninik (koord)
  7. Bpk Dian Bambang
  8. Ibu Deasy
  9. Ibu Susi
  10. Mas Agung
  11. Mbak Latifah Khoirunisa
  12. Mbak Intan Widyaningrum
  13. Mas Saiful
  14. Mbak Amanah
  15. Bpk Gunawan
  16. Ibu Iyus
  17. Ibu Dewi Ina
  18. Bpk Wirawan

PJ Buku Tamu & Kotak Sumbangan

  1. Bpk Nuryono (koord)
  2. Mbak Devi (kanan)
  3. Mbak Nindia (kiri)

Petugas Thermogun

  1. Mas Iwan (kanan)
  2. Mas Faqih (kiri)

PJ Seserahan

  1. Mas Kholid (koord)
  2. Mbak Tasya
  3. Mbak Filza

MC acara Walimahan Wirawan Mantu Rahmah Fadilah

  1. Mas Andi

PJ Peralatan (Mic, Meja dll)

  1. Mas Adi (koord)
  2. Crew gedung

PJ Catering

  1. Mas Abduh
  2. Mbak Aisyah

Jangan lupa selalu patuhi prokes (Wirawan mantu Rahmah Fadilah)


Share

2 tanggapan pada “Wirawan Mantu Pernikahan Rahmah Fadilah dengan Bagus Hafidh KR”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *