Pidato Sambutan Perpisahan Wali Murid Kelas 6 SD MI

Share

Contoh pidato sambutan perpisahan kelas 6 (enam) oleh perwakilan wali murid jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) maupun Madrasah Ibtidaiyah (MI) singkat mudah simpel dan gampang untuk dihafalkan.

pontren.com – assalamu’alaikum mbak Eny beserta pembaca internet yang berada pada segala penjuru dunia, saya kira anda yang membaca tulisan ini merupakan wali murid atau santri yang berada pada akhir kelas 6 SD.

Kemungkinan anda yang maju mewakili ucapan prakata sebagai wali santri, bisa karena anda biasa maju berbicara atau terpaksa menghadapinya karena tidak ada yang mau. Tentu sangat isin (malu) jika nanti kurang lancar.

Awalnya pasti bingung, yang mau di omongin apa aja ya?

Tidak usah khawatir, sebenarnya simpel saja.

sambutan perpisahan wali murid

Dalam pidato sambutan wali murid kelas 6 ini unsur yang ada yaitu;

  • Pembukaan (salam, hamdalah, sholawat salam)
  • Menyapa yang hadir (yang terhormat Yth. Ketua yayasan, kepsek, guru, tenaga pendidik, wali murid, siswa siswi dll)
  • Ucapan terima kasih kepada sekolah dan jajaran para guru dan tenaga kependidikan
  • Mohon doa restu supaya anak menjadi soleh solihah dan sukses kedepannya
  • Mewakili wali, Mohon maaf jika ada salah ucap dan perbuatan sebagai wali selama anak-anak menjadi anak didik pada sekolah ….
  • Penutup, mohon maaf salah kata, salam

Nah itulah point-point penting yang semestinya ada dalam pidato sampean.

Kiat sukses dalam Pidato sambutan perpisahan kelas 6 wali murid

Jika anda sudah biasa menyambut dalam acara tentu anda sudah tidak perlu lagi banyak mikir, mendadakpun anda juga siap.

Jika merasa belum biasa dan kurang siap, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan supaya dapat menjadi pembicara dengan lancar.

Apa saja?

Membuat poin poin yang akan disampaikan

Sebelum anda menyusun tulisan pidato, anda perlu menentukan poin pokok yang hendak anda sampaikan, anda catat apa saja yang seharusnya anda sampaikan selaku wakil rekan teman anda nongkrong antar jemput anak.

baca : sambutan Tuan Rumah arisan PKK

Setidaknya poin yang sudah saya sampaikan sebelumnya dapat menjadi acuan sampean untuk menentukan pokok isi pidato anda.

Gunanya membuat kerangka pidato supaya apa yang anda sampaikan bisa fokus dan tidak melebar kemana mana.

Membuat coret coretan pidato

Setelah anda menyusun kerangkanya, anda kemudian mengembangkan kerangka ini menjadi sebuah pidato yang utuh.

Yaitu mengisi kerangka dengan kalimat yang sopan, dan ada baiknya formal, bahasa yang mudah dipahami (meminimalisir istilah yang sulit dan bikin ketawa jika sampai anda salah memakainya).

Bacalah beberapa kali tulisan anda jika sudah selesai untuk melakukan pengecekan apakah sudah hilang beberapa kalimat yang anda anggap janggal atau anda tambahkan jika ada yang kurang.

Melakukan praktek latihan beberapa kali

Setelah anda anggap paripurna catatan pidato anda, langkah selanjutnya yaitu berlatih.

Practice makes perfect, latihan bisa membuat penampilan anda sempurna dalam berpidato.

Cara melakukan evaluasi yang mudah yaitu anda merekam suara anda saat latihan.

Selanjutnya anda dengarkan sendiri dan anda amati mana yang terlalu cepat bicaranya atau kurang jelas intonasi anda.

Berbicara tidak tergesa gesa dan intonasi yang jelas akan membuat pidato anda mendapat perhatian para hadirin. Jangan memakai hukum idghom semuanya (mendengung dengung yang mungkin anda sendiri yang paham).

Ada baiknya rekaman hasil latihan anda yang sampean anggap sudah memper (layak) anda perdengarkan kepada suami atau gebetan anda.

Anda minta pendapatnya mana yang perlu ada perbaikan baik secara isi pidato maupun susunan kalimat dan cara penyampaiannya.

Apabila sudah oke menurut pendapat orang yang sampean jaluki pertimbangan, maka secara teknis apa yang sampean sampaikan sudah layak untuk show off.

Membuat catatan kecil poin poin pidato

Nyontek sih engga bagus, tetapi dalam pidato tidak ada larangan untuk njiplak.

Sebenarnya hanya antisipasi saja, anda buat catatan kecil poin penting urutan untuk pidato pada secarik kertas, tidak perlu juga anda keluarkan.

Koq tidak perlu dikeluarkan?

Sifatnya hanya darurat saja, jika anda blank atau mati gaya karena lupa, anda bisa mengeluarkan jimat anda dari kantong untuk menghilangkan kematian gaya sampean.

Nah itulah kiat-kiat sederhana untuk memaksimalkan penampilan anda didepan khalayak ramai pada acara perpisahan kelas 6.

Contoh pidato ucapan perpisahan kelas 6 perwakilan wali murid

إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه

Text latin : Inna-l hamda lillahi, nahmaduhu wa nasta’iinuhu wa nastaghfiruhu, wa na
Udzu billahi min suruuri anfusinaa wa min sayyiaati a’maalina.
Man yahdihillahu falaa mudlilla lah, wa man yudhlil falaa haadiya lah, wa asyhadu al laa ilaaha illallah wahdahuu laa syariika lah, wa asyadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rosuuluh.

Yang Kami Hormati Ketua Yayasan al Muthohharoh
Yg kami Hormati Kepala Sekolah/Madrasah SD Gelatik 1 Cirebon
Yang Saya Hormati pula Bapak Ibu Guru dan Tenaga Kependidikan
Yng kami cintai dan banggakan putra putri kami siswa kelas 6 SD Gelatik 1 Cirebon
Dan yang sangat kami hormati yaitu saya sendiri

Yang pertama dan hal utama mari kita bersama mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga saat ini kita bisa berkumpul dan besua dalam keadaan yang sehat wal afiat.

Selanjutnya sholawat beserta salam kepada Nabi Muhammad SAW yang kita tunggu-tunggu syafaatnya pada hari kiamat nanti, Amiin.

Para hadirin sekalian yang terhormat,

Kami berada didepan kali ini sebagai wakil para wali murid, akan menyampaikan beberapa patah kata, namun sebelumnya kami mengucapkan banyak terima kasih atas waktu yang diberikan kepada kami.

Pertama

Yang pertama, Terima kasih kepada para guru mulai kelas 1-6 serta jajaran tenaga kependidikan yg telah mendampingi dan mengantarkan putera puteri kami dengan ikhlas serta perhatian dan kasih sayang.

Sehingga menyelesaikan pendidikan pada jenjang sekolah dasar.

Kedua

Yang kedua, meski sudah selesai pendidikan semoga bapak ibu guru dan jajaran pengelola pendidikan pada SD ini tetap berkenan dan senantiasa mendoakan putra putri kami.

Menjadi anak yang soleh solihah sukses dalam pendidikan selanjutnya dan mengarungi kehidupan kedepan meraih cita cita luhur berguna bagi agama nusa dan bangsa.

Ketiga

Ketiga, selama menjadi wali murid anak didik mulai awal masuk sampai dengan kelulusan, kami para wali murid menyadari ada kesalahan.

Pastinya banyak perbuatan yang tidak berkenan pada hati para guru maupun jajaran tenaga kependidikan pada sekolahan ini.

Dengan rendah hati dan penuh harap kami mohon keikhlasan bapak ibu untuk memberikan maaf atas segala perbuatan salah serta kekhilafan yang kami lakukan.

Demikian ucapan mewakili teman teman wali murid kelas 6, atas perhatiannya terima kasih ada kurang dan salahnya mohon maaf dan dimaklumi.

Wassalaamualaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Download Contoh sambutan perpisahan wali murid Kelas 6

Anda bisa mencetak contoh yang kami buat ini dalam format doc ms word yang mudah untuk anda print.

Sebelum anda mencetaknya, kami tampilkan dalam file preloved atau bisa anda lihat tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Seperti ini tampilannya;

Nah jadinya seperti itu, sampean tinggal unduh gratis free download, merapikan sana sini menambahkan seperlunya mengurangi yang tidak perlu.

Ada kendala mengunduhnya?

Tenang saja, kami siapkan tautannya sebagai berikut;

Download pidato perpisahan wali murid kelas 6

Oh iya, sebenarnya ada banyak contoh bertebaran pada situs internet,.

Jika sampean kurang cocok dengan contoh ini, anda tinggal browsing saja dan mencari mana seyogyanya sesuai dengan keinginan sampean.

Terakhir, semoga anda sukses dalam memberikan sambutan, ananda bisa mendapatkan sekolahan yang sangat bagus dan nanti meraih cita citanya.

Tentu tidak melupakan menjadi anak soleh solihah yang berbakti kepada orang tuanya dan berguna untuk agama nusa dan bangsa.

Good luck. Wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *