Man Hafaro Hufrotan Waqo’a Fiiha


Kata kata mutiara dan bijak arab mahfudzot barang siapa menggali lubang maka dia akan terperosok kedalamnya. Teks arab beserta terjemah arti bahasa Indonesia mufrodat perkata disertai syarah penjelasan tafsiran pribadi.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah, wilujeng enjang menjelang siang para sahabat sahabati dimanapun anda berada, kali ini kita akan membahas tentang mahfudzot berkenaan dengan menggali lobang atau lubang.

Jika di negeri ini ada pepatah “gali lobang tutup lubang”, yang artinya berhutang untuk membayar utang, maka makna dan maksud dari mahfudzot gali lobang ini berbeda dengan pepatah Indonesia.

Baca : Mahfudzot Tentang Kejujuran dan perbuatan Jujur

Baiklah, langsung saja kita menuju penulisan arab man hafaro tersebut.

Tulisan arab mahfuzot man Hafaro hufrotan lengkap

Berikut adalah tulisan arab mahfudzot dimaksud dilengkapi dengan harakat dan teks latinnya.

مَنْ حَفَرَ حُفْرَةً وَقَعَ فِيْهَا

Teks latin : man hafaro hufrotan waqo’a fiihaa

Nah sekarang sampean sudah tahu seperti apa mahfudzot tersebut jika dituliskan dalam versi huruf hijaiyah lengkap dengan harakatnya. Tujuannya supaya mudah dibaca dan mengetahui secara lengkap ejaan.

Setelah mengetahui penulisannya, menuju ke langkah selanjutnya yaitu artinya.

Arti man hafaro hufrotan waqo’a fiihaa

Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia, maka terjemahannya adalah sebagai berikut;

“barang siapa menggali (sebuah) lobang maka dia akan terperosok kedalamnya (dalam lubang yang dibuatnya tersebut)”.

mahfudzot gali lubang

Bagaiamana jika arti kata atau setiap mufrodat dari mahfudzat man hafaro ini?

Jangan khawatir, kita siapkan arti setiap kata mufrodat yang ada didalamnya

مَنْ = siapa
حَفَرَ= menggali
حُفْرَةً= sebuah lubang atau lobang
وَقَعَ= terletak (maksudnya terperosok)
فِيْهَا= didalamnya (lobang tersebut)

Penjelasan mahfudzot man hafaro hufrotan

Dalam mahfudzot ini secara teks memberitahukan bahwa siapa dia yang membuat lubang maka dia sendiri yang akan masuk kedalam lubang tersebut.

Mahfudzot ini berkenaan dengan niat dan perbuatan jahat.

Dimana dimaksudkan menggali lubang artinya adalah melakukan perbuatan yang tidak baik, berencana untuk menjebak atau mencelakakan orang lain.

Maka dia akan terperosok kedalamnya, dimaksudkan disini bahwa hasil jebakan atau perbuatan jahat ini lambat laun entah cepat atau tidak nanti akan menjadikan orang yang membuat jebakan ini mengenai dirinya sendiri.

Selaras dengan mahfudzot man yazra’ yahsud yang artinya barang siapa menanam dia akan menuai, akan tetapi lebih spesifik dalam hal perbuatan tidak baik.

Baca : Man Yazro’ yahsud tulisan Arab artinya dan kaligrafi

Pepatah Jawa juga memiliki kata kata bijak yang mempunyai makna serupa yaitu “ sopo wonge nandur bakalan ngunduh” yang artinya, siapa orangnya yang menanam akan memanen”.

Masih seputar arti dan maksud yang sama seperti pepatah negeri seberang yang disebut dengan idiom. Bahkan masuk dalam syair grup band rock terkenal Scorpions. Maksud kata tersebut adalah “what you give, you get back” apa yang kamu berikan, kamu akan mendapatkannya kembali.

Mahfudzot diatas memanglah ringkas, hanya terdiri dari 5 kata saja, akan tetapi didalamnya terdapat pesan mendalam bahwa kejahatan akan kembali lagi kepada yang membuatnya.

Demikian oret-oretan pagi ini tentang mahfudzot arab man hafaro hufrotan disertakan tulisan arab arti dan terjemah bahasa Indonesia mufrodat perkata. Wilujeng enjang, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: