Data Santri Pendaftaran Keberadaan Pesantren


Share

Download formulir data santri pendaftaran keberadaan Pondok Pesantren dalam format doc ms word dan excel. Sebagai salah satu syarat mendaftarkan ponpes ke Kemenag untuk mendapatkan izin operasional dalam bentuk Piagam Statistik Terdaftar (PSP).

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, dengan pembukaan kembali perizinan pondok pesantren pada Kementerian Agama (Kemenag).

data santri pendaftaran keberadaan pesantren
ingin tau rasanya mengetik data santri ribuan nama?

Maka pesantren bisa mendaftarkan lembaganya untuk mendapatkan ijop.

Mengiringi penghentian moratorium izin ponpes, muncul pula aturan baru mengenai tata cara dan persyaratan untuk mendapatkan Piagam Tanda Daftar Pondok Pesantren di Kementerian Agama.

Meskipun berbeda, tetap saja sama berlikunya atau jarak tempuhnya yaitu dari lembaga, awal mula tanda tangan RT RW (pengantar kelurahan) sampai dengan tingkat nasional, alias dari struktur paling kecil di lingkungan sampai dengan level nasional.

Ketentuan ini mengacu kepada PMA nomor 30 tahun 2020 tentang pendirian dan penyelenggaraan pesantren serta SK Dirjen Pendis (Perdirjen) nomor 51 tahun 2021 tentang petunjuk teknis pendaftaran keberadaan pesantren (ponpes).

Salah satu syarat yaitu mengenai data santri pondok pesantren, jadi memuat biodata murid anak didik pada pondok pesantren. Bukan hanya yang mukim, akan tetapi santri non mukim juga alias santri kalong.

Entah berapa lembar bagi pesantren yang mempunyai ribuan santri semisal Lirboyo, Sidogiri, KMI Darussalam Gontor, Assalaam maupun pesantren dengan santri yang mencapai ribuan jumlahnya.

Terlepas kesulitan pesantren, itu adalah urusan lembaga, entah bagaimana cara mengatasinya yang jelas harus melampirkan data santri, titik.

Kolom Data Santri pada Pendaftaran Keberadaan Pesantren

Dalam melampirkan data santri bagi pondok pesantren yang akan mendaftar dan untuk pesantren yang telah memiliki izin operasional (ingat, seluruh pesantren harus mendaftarkan ulang) sudah ada form blangko contoh.

Anda tinggal meniru format dalam SK Dirjen baik melalui ketikan microsoft word ataupun via excel, jangan lupa kemudian scan file data santri (dan semua file proposal pendaftaran) nanti berfungsi untuk unggah atau upload melalui registrasi online.

baca : Surat Pernyataan Komitmen Mengamalkan Nilai Islam Rahmatan Lil’alamin

Iya benar, anda bukan hanya harus mengajukan proposal secara hard copy ke Kemenag, akan tetapi juga harus melakukan registrasi online via situs resmi Kementerian Agama.

Kembali lagi, kolom isian contoh formulir data santri sebagai syarat pendftaran keberadaan pesantren adalah;

  • No
  • Nama Lengkap
  • Nik/Paspor
  • Warga Negara
  • TTL
  • Alamat Sesuai KTP/Paspor
  • Nama Ayah Kandung
  • Nama Ibu Kandung
  • Kelas
  • Keterangan Mukim/Tidak Mukim

Secara nalar, mestinya semua kolom ini harus anda isi, darimana mendapatkan NIK santri jika belum punya KTP? Anda bisa mengambil nik melalui Kartu Keluarga anak didik anda.

Bagaimana jika ayah kandung tidak tercantum dalam akta? Secara admnistrasi situasi seperti ini disebut dengan anak ibu, anda bisa mengosongkan atau memberi tanda strip pada kolom ayah kandung.

Download form blangko Data Santri

Untuk memudahkan dalam pemindaian atau scanning data (nanti berguna untuk entry registrasi secara online) file ini memakai ukuran kertas kuarto atau A4.

Pemilihan ukuran ini mengingat kebanyakan printer yang bundling dengan scanner atau pemindai hanya berukuran A4 alias bukan dalam size US Folio atau F4.

Jika anda menggunakan ukuran kertas F4 dan scanner anda hanya mampu untuk scan ukuran kertas kuarto maka anda agak kesulitan menata berkas.

Beresiko juga sebagian data tidak bisa dipindai.

Sebelum mengunduh kami tampilkan penampakan preloved blangko data santri untuk mendaftarkan keberadaan pondok pesantren ini dalam versi word. Sedangkan dalam format excell bisa anda unduh nanti kami siapkan tautannya.

Berikut penampakan file data santri.

Pastinya sangat mudah membuat kolom sebagaimana lampiran pada perdirjen Pendidikan Islam no 511 th 2021 ini. Jika anda ingin praktis tinggal mengunduhnya pada tautan sebagaimana berikut.

Oh iya, kami memakai microsoft word office seri tahun 2007 untuk memproses file bentuk doc maupun excell ini. Apabila berbeda seri mungkin ada beberapa kendala dalam menggunakannya.

Silakan mengedit seperlunya demi kelancaran.

Download blangko data santri format word
Download blangko data santri pendaftaran pesantren format excell

Demikian informasi mengenai formulir data santri untuk melengkapi syarat pendaftaran pondok pesantren. Tujuannya guna mendapatkan ijop (ijin operasional) yang berbentuk PSP (Piagam Statistik Pondok Pesantren).

Salam buat bapak RT RW anda, semoga lancar sampai dengan Jakarta.

teriring doa Semoga turun izinnya sehari atau dua hari atau lebih setelah anda memasukkan berkas.

Wilujeng enjang, selamat pagi, wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

monggo silakan komen atau tanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.