Kepanjangan TPQ Beserta Cara Penulisan yang Benar

Share

Kepanjangan TPQ mengacu kepada Kementerian Agama melalui SK Dirjen Pendis no 91 tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pendidikan Al-Qur’an. Sebagai panduan dalam menyelenggarakan TPQ.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, tanpa basa basi, kepanjangan TPQ adalah Taman Pendidikan al-Qur’an. Dalam menulis kepanjangan TPQ, ada tanda strip (-) sebagaimana dalam juknis.

kepanjangan TPQ

Pada masyarakat awam lebih familiar menyebut TPQ dengan TPA, popularitas TPA ini sudah melekat dalam benak masyarakat.

Sayangnya Tempat Pembuangan Akhir merusak suasana singkatan Taman Pendidikan Al-Qur’an yang beredar luas pada masyarakat. Alangkah menyebalkan singkatan Tempat Pembuangan Akhir sama dengan Lembaga Pendidikan.

Melanjutkan obrolan mengenai cara menulis Kepanjangan TPQ, jadi begini;

Untuk itu bagi yang belum terlanjur dalam membuat kop stempel maupun administrasi apapun mengenai TPQ hendaknya memperhatikan tata cara penulisan ini.

Jadi apabila mengacu kepada cara menulis dalam SK Dirjen Pendis melalui Juklak penyelenggaraan Pendidikan Al-Qur’an, maka menuliskannya dengan tanda strip (-). Jadi lebih jelasnya Al(-)Qur’an.

Penggunaan huruf kapital untuk kepanjangan TPQ

Jika mencermati penulisan dalam petunjuk Teknis LPQ, anda akan menemukan tata cara penulisan Taman Pendidikan Al-Qur’an dengan menggunakan huruf kapital (huruf besar) pada awal kata.

Juga dalam cara menuliskan Al-Qur’an (dengan A huruf besar) bukan al-Qur’an (a huruf kecil).

Penulisan kata Al-Qur’an dengan memberikan tanda petik tunggal {Al-Qur(‘)an}.

Baca : Logo TPQ, aturan dan fungsi

Penggunaan huruf besar awalan kata untuk T (Taman) P (Pendidikan Q (Al-Qur’an) selalu huruf besar baik pada awal kalimat, akhir maupun pada tengah tengah penulisan.

Meskipun Al-Qur’an awal huruf adalah A, tetapi pengambilan huruf sebagai akronim yaitu huruf Q karena dalam kosakata bahasa arab, al merupakan tambahan atau bukan kata asli.

TPQ bagian dari rumpun LPQ

Lembaga pendidikan TPQ merupakan salah satu dari banyak lembaga (tepatnya 6 apabila mengacu kepada Juklak) yang bergerak dalam bidang pendidikan Al-Qur’an.

Lima lembaga yang lain ada yang mulai tumbuh kembang dan banyak masyarakat mengenalinya, seperti Rumah Tahfidz Al-Qur’an yang disingkat dengan RTQ.

Adapula lembaga yang sudah lama malang melintang seperti Pesantren Thafidz Al-Qur’an. Dalam juknis tidak ditemukan singkatan resmi untuk lembaga ini.

Ada juga lembaga formal yang masih baru belum banyak masyarakat mengetahuinya, memiliki nama Pendidikan Anak Usia Dini Al-Qur’an.

Dari kalimat ini kemudian muncul singkatan PAUDQu.

guru PAUDQU

Dan masih ada 2 lagi yaitu lembaga yang samar-samar masyarakat mendengar berita dan informasinya, adakalanya salah paham atau kurang bisa membedakan dengan TPQ.

Lembaga ini adalah TKQ yang kepanjangannya Taman Kanak-kanak Al-Qur’an dan TQA yaitu Ta’limul Qur’an Lil Aulad.

Nah itulah informasi tambahan mengenai kepanjangan TPQ yaitu Taman Pendidikan Al-Qur’an beserta ejaan tata cara penulisan dan singkatannya.

Wilujeng enjang, selamat pagi, wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *