Contoh surat permohonan pengukuran arah kiblat

ali-zaenudin-mengukur-arah-kiblat

Download contoh surat pongajuan permohonan pengukuran arah kiblat pada mushala masjid atau lokasi yang hendak didirikan untuk tempat ibadah kaum Muslimin wal Muslimat kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau Kota.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng siang poro penyimak dunia maya baik melalui telfon canggih maupun lewat media laptop komputer di tempat kerja, semoga kesehatan dan keselamatan selalu dilimpahkan kepada kita semuanya.

Salah satu hal yang penting dalam pembangunan tempat ibadah umat islam baik masjid maupun mushola adalah penentuan arah kiblat atau kemana masjid tersebut menghadap.

Berdasarkan teori dari tekno tempo co bahwasanya arah kiblat indonesia berkisar antara 290 sampai dengan 295 derajat.

Ini karena panjangnya negara Indonesia yang mencapai seperdelapan diameter bumi ini, khususnya untuk kota di Jawa Tengah wa bil khusus Kabupaten Karanganyar berada pada 294 derajat.

Sebenarnya dari situ sudah bisa jelas dalam penentuan arah kiblat.

Akan tetapi yang menjadi persoalan tersendiri yaitu bagaimana bisa menentukan dengan benar arah dari nol derajat tersebut, kalau penentuan arah nol derajat meleset tentu pengukuran 290-295 derajatnya juga akan bergeser alias tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Alhamdulillah pada beberapa Kantor Kementerian Agama, atau setidaknya di Kankemenag Kabupaten terdapat sebuah tim yang bertugas untuk melakukan pelayanan dalam hal menentukan arah kiblat.

Tim ini sebenarnya bernama Tim Ukur Arah Kiblat, akan tetapi beberapa orang menyebut dengan tim pemburu arah kiblat, karena lebih mudah diingat (bisa jadi terpengaruh popularitas tim pemburu hantu yang pernah tayang pada tv swasta beberapa tahun yang lalu).

langgar sederhana
kyai Asy’ari

Bagi warga masyarakat yang hendak menggunakan layanan jasa gratis dari tim pemburu arah kiblat Kantor Kementerian Agama ini hanya perlu membuat surat permohonan.

Masalahnya sampai saat ini belum ada contoh baku seperti apa dan bagaimana bentuknya.

Ketiadaaan contoh baku ini juga bisa menjadi keuntungan masyarakat dimana mereka tidak terkekang dengan birokrasi keharusan bentuk surat.

baca : Tim Pemburu Arah Kiblat Kantor Kemenag Kab. Karanganyar

Berdasarkan keterangan dari salah satu dedengkot tim pemburu arah kiblat, yang penting masyarakat membuat permohonan yang isinya meminta untuk diukur arah kiblat masjid mushala atau tanah yang akan didirikan bangunan tempat ibadah.

Kemudian dalam permohonan tersebut memuat nama (calon) masjid atau mushala, alamat lengkap yang mudah ditemukan serta nomor kontak yang dapat dihubungi.

Dengan bermodal fatwa dari W. Widiyatmoko tersebut, berikut dihaturkan contoh sederhana sebagai surat pengajuan permohonan arah kiblat.

Teks surat pengajuan arah Kiblat ke Kemenag

wahyu widiyatmoko

Tanpa basa basi, ikan sepat ikan gabus, lebih cepat lebih bagus, berikut adalah teks contoh untaian kata guna permohonan pengukuran arah kiblat.

Kop lembaga (jika ada)

Nomor : 01/m.alikhlas/X/2021 Tasikmadu, 01 Oktober 2021
Sifat : Segera
Lampiran : –
Hal : Permohonan Pengukuran arah Kiblat

Kepada Yth.
Ka. Kankemenag Kab. Karanganyar
Di – Tempat

Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

Dengan Hormat, bersama ini kami menyampaikan permohonan untuk pengukuran arah kiblat masjid/mushola/tanah untuk tempat ibadah*) :

Nama Masjid : Al Ikhlas
Alamat Masjid : Pokoh Baru Rt 7 Rw 7 Ngijo Tasikmadu Karanganyar
No Telp : 0271-495021 (Wahyu Widi)

Demikian surat permohonan disampaikan, atas perkenannya diucapkan terima kasih.
Wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

Ketua Takmir Masjid/Pembangunan

Tanda Tangan dan stempel (jika ada)

……………………………………………..

*) Coret yang tidak perlu

Pada keterangan dari para ahli pengukuran ini, cukup surat permohonan saja tidak perlu dilampiri apapun guna didatangi oleh tim.

Dan jangan lupa sebelum diajukan ke Kantor Kementerian Agama untuk dimintakan tanda tangan mengetahui dari Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) setempat.

Download Contoh surat pengajuan pengukuran arah kiblat

Secara sederhana dan tampilan preloved, dibawah ini adalah penampakan secara live contoh surat pengajuan arah kiblat yang kami buat, selain itu anda dapat mengunduhnya untuk kemudahan dan kepraktisan pembuatan surat.

Berikut tampilannya

Untuk kerapian anda jika mengalami perubahan ukuran saat didownload, file ini menggunakan ukuran kertas F4 dengan margin atas bawah 2 cm dan kiri 4 cm, untuk margin kanan sebesar 3 cm.

Jangan lupa sertakan pula kop lembaga atau panitia pembangunan masjid/mushola jika memang memiliki kop, kalau tidak punya anda bisa mengarangnya sendiri.

Ada kendala dalam mengunduh melalui tampilan preloved?

Berikut kami bagikan tautannya.

Download contoh surat permohonan pengukuran arah kiblat

Demikian salah satu model bentuk surat permohonan supaya musala atau masjid anda didatangi oleh tim pemburu arah kiblat yang selanjutnya dilakukan pengecekan dan pengukuran arah kiblat dengan seksama menggunakan teknik Theodolit dan teknik istiwa’i.

Wilujeng siang, semoga masjid musala kita telah sesuai arah kiblat dan tidak menyalahi sunnah.
Wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

loading...

Silakan berkomentar