jam belajar santri

Mahfudzot Tentang Waktu

Kata kata mutiara dan petuah bijak dalam bahasa arab yang disebut dengan mahfudzot membahas tentang waktu betapa sangat berharga akan tetapi didapat secara gratis dan berjalan stabil sesuai ukuran tapi tidak berhenti tanpa peduli apa dampak dan akibatnya.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, banyak pepatah yang bijak berkenaan dengan pemanfaatan waktu, baik dari dalam maupun luar negeri entah asal negara dengan dasar bahasa Inggris ataupun negara timur tengah dengan lughah arabiyah sebagai bahasa pengantarnya.

loading...

Ada beberapa mahfudzot yang dapat dijadikan pengingat pribadi betapa pentingnya pemanfaatan waktu sehingga mengurangi kegiatan yang kurang bermanfaat atau bahkan cenderung negatif dan memberikan semangat untuk berperilaku produktif dengan waktu yang tersedia gratis.

Mahfudzot tentang berharganya waktu

Berikut kata kata mutiara dalam bahasa arab yang berkenaan dengan waktu.

بَيْضَةُ اليَوْمِ خَيْرٌ مِنْ دَجَاجَةِ الغَدِ

baidzotul yaumi khoirun min dajaajatil ghadi
Telur hari ini lebih baik dari ayam besok hari.

Secara harga telur dengan ayam tentunya ayam akan mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi dibandingkan dengan telur.

Akan tetapi jika yang berada di tangan dimiliki hari ini adalah telur, maka nilai telur ini akan lebih baik daripada ayam keesokan harinya.

Kenapa begitu? Karena hari ini adalah yang nyata dengan apa yang ada dan dimiliki (dimisalkan telur hari ini) sedangkan besok hari masih belum tentu seperti apa dan bagaimana keadaaannya walaupun secara estimasi ekonomis tampak lebih berharga (seperti ayam keesokan hari).

Sebagaimana pepatah yang mengatakan Harapkan Burung Terbang Tinggi, punai ditangan dilepaskan.

Apa itu punai? Yaitu sejenis burung dengan kepala dan leher berbulu warna biru keabu abuan, sedangkan punggung dan sayap atas memiliki warna coklat tua kemerahan, sedangkan sayap yang lain memiliki warna hitam.

Yaitu suatu pemisalan yang mengkiaskan hendak mengejar sesuatu yang dianggap lebih menarik dan belum tentu juntrungnya dengan mengorbankan sesuatu yang telah didapat berada ditangan.

الوَقْتُ أَثْمَنُ مِنَ الذَهَبِ

alwaqtu atsmanu minadz dzahabi
Waktu itu lebih berharga daripada emas.

Apakah benar waktu lebih mahal daripada emas? Bisa iya bisa juga tidak, jika ditinjau memang lebih mahal maka waktu yang telah lewat tidak dapat dibeli lagi untuk kembali dengan apapun meskipun oleh semua emas yang ada di dunia ini.

Dalam khayalan ini membuat manusia bikin film dengan tema fiksi time machine (mesin pengatur waktu) yang sampai saat ini hanya terjadi dalam film saja dan belum pernah ada yang sukses mewujudkan dalam kehidupan nyata (mesin waktu).

Jika dianggap murah? Bisa jadi, karena siapapun akan mendapatkan waktu yang sama dengan yang lain tanpa ada pungutan biaya dengan kadar detik menit yang sama tergantung mau dimanfaatkan untuk apa.

Salah satu orang terkaya di dunia mengatakan bahwa anda dapat membeli apapun kecuali waktu, dari situ berlaku bahwa pepatah waktu lebih berharga daripada emas memang benar.

Money can buy a watch, but not the time, uang dapat membeli jam tangan (yang sangat mahal sekalipun) akan tetapi bukanlah (uang tidak dapat untuk membeli) waktu.

Dan dalam idiom bahasa Inggris time is money, menunjukkan begitu berharganya waktu.

تَنْظِيْمُ العَمَلِ يُوَفِّرُ نِصْفَ الوَقْتِ

Tanzhiimul ‘amali yuwaffiru nishfal waqti
Pengaturan (manajemen) pekerjaan itu memperbanyak separohnya waktu.

Ini hanya kiasan, tentunya manajemen atau pengaturan pengerjaan sesuatu akan membuat waktu lebih lambat.

Tapi dengan pengaturan pekerjaan yang baik menghasilkan pengerjaan yang lebih cepat dan ringkas, dampaknya adalah dengan selesai suatu pekerjaan akan menghasilkan waktu lebih luas guna mengerjakan kegiatan lain dan aktivitas berbeda.

Akan halnya jika mengerjakan sesuatu tanpa penataan dengan baik membuat pekerjaan acak acakan tidak terpola sehingga efisiensi waktu serta dana dan tenaga tidak dapat dicapai dengan maksimal.

لَنْ تَرْجِعَ الأَياَّمُ الَّتِيْ مَضَتْ

Lan tarji’al ayyaamullatii madhot
Tidak akan kembali hari – hari yang berlalu

Hari yang telah berlalu tidak akan terulang kembali sehingga urusan waktu yang telah lewat walau hanya sedetik tidak akan bisa kembali, yang ada hanyalah khayalan manusia dalam film fiksi ilmiah time machine / mesin waktu semisal kantong ajaib doraemon.

الْوَقْتُ كَالسَيْفِ اِنْ لَمْ تَقْطَعهُ قَطَعَكَ

Al waqtu kassaifi, in lam taqtho’hu qotho’aka
Waktu bagaikan pedang, apabila kamu tidak memotongnya, dia yang akan memotongmu.

Tajamnya waktu yang dalam bahasa sekarang disebut dengan deadline sangat cocok diterapkan untuk mahfudzot ini.

Berjalan dengan stabil maka manusia bisa memperkirakan kapan dan berapa saatnya, dengan estimasi ini manusia dapat segera menyelesaikan tugasnya atau santai santai tidak perduli merampungkan masalah waktu akan tetap berjalan apa adanya.

Disinilah anda dapat memotong waktu jika anda mampu beraktivitas yang efisien dan produktif.

Akan tetapi jika anda bermalas malasan leha leha maka waktu yang akan memotong anda dengan kesadaran anda bahwa semua telah terlambat.

Kadangkala serangan pedang masih dapat dihindari atau ditahan dengan perisai, akan tetapi hantaman waktu hanya kehendak Tuhan yang mampu mengotak atiknya.

Manusia tidak ada sama sekali teknologi untuk melakukan rekayasa waktu.

Sebagian penyair berkata:

وَالْوَقْتُ أَنْفَسُ مَا عَنَيْتَ بِحِفْظِهِ
وَأَرَاهُ أَسْهَلَ مَا عَلَيْكَ يُضَيَّعُ

Waktu adalah perkara paling mahal yang perlu engkau perhatikan untuk dijaga,
tetapi aku melihatnya paling mudah engkau menyia-nyiakannya.

Ayat alquran tentang waktu beserta suratnya

Berikut adalah ayat dalam alquran yang didalamnya berkaitan dengan waktu dengan tulisan arab beserta terjemahnya.

Surat al Ashr ayat 1-3

وَالْعَصْرِ
إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ
إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan nasihat-menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran.

Di dalam surat Al Ashr ini, pada ayat 1 Allâh Subhanahu wa Ta’ala bersumpah dengan masa, dan ini menunjukkan pentingnya masa.

Hadits tentang waktu

Selain ayat yang mana Allah bersumpah dengan masa, ada juga hadits nabi Muhammad saw berkaitan dengan waktu yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas.

Berikut matan hadits dimaksud.

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu anhuma, dia berkata: Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang”.Hadits riwayat Imam Bukhari, no. 5933

Demikian kumpulan kata mutiara dalam bahasa arab atau petuah bijak dalam himpunan mahfudzot tentang waktu disertakan sebuah surat alquran yang menunjukkan pentingnya waktu.

Adapula hadits nabi tentang dua buah kenikmatan dimana banyak manusia tertipu pada keduanya. Adapun kedua kenikmatan dimaksud adalah kesehatan dan waktu luang.

Wilujeng siang, selamat berpuasa, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

2 pemikiran pada “Mahfudzot Tentang Waktu”

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: