14 April Harlah FKDT Selamat Milad ke sewindu

Harlah FKDT

14 April Harlah FKDT Selamat Milad ke sewindu. Cerita tentang hari jadi Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah yang jatuh pada tanggal 14 April sehingga menjadi patokan milad dan sampai dengan saat ini (tahun 2020) telah mencapai usia sewindu alias 8 tahun. Banyak yang memakai dengan istilah harlah (hari lahir).

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, sugeng enjang para pengasuh maupun pengajar pada madrasah diniyah takmiliyah baik yang dipanggil pak guru bu guru, ustadz ustadzah atau pak kiai dan bu nyai.

Baru saja saya tahu (bukan tempe) kalau ternyata milad hari jadi alias ulang tahun FKDT jatuh besok hari (14 April), ketahuan ini karena di grup whatsapp beredar berbagai gambar ucapan selamat ulang tahun sewindu alias 8 tahun dari berbagai Kabupaten, semisal dari Kepala Kementerian Agama, atau organisasi tetangga yang mengurusi pesantren (FKPP), utamanya dari pengurus FKDT sendiri (ultah sendiri mengucapkan sendiri).

Sebenarnya saya sudah berusaha menggali informasi tentang bagaimana riwayat tanggal 14 sebagai tonggak kelahiran forum ini, bertanya kepada Gus Kendro Pekalongan, jawabannya nihil belum tahu, malah menginformasikan kalau yang diketahui adalah ukuran sepatu dan merk bedak.

logo fkdt

Tanya ke sekjen salah satu pengurus FKDT kayaknya sedang sibuk sehingga tidak enak mau bertanya lebih lanjut, akhirnya semoga saja ada informan yang berbaik hati menceritakan asbabul wurud dari tonggak kelahiran FKDT ini.

Sewindu FKDT, selamat berkarya dan memajukan lembaga

Di beberapa gambar yang sliwar sliwer wara wiri pada grup whatsapp, diketahui FKDT memang sudah berusia delapan tahun, sebagai orang yang pernah tinggal di Jawa Tengah, ada beberapa catatan positif yang perlu saya ekspose mengenai peran FKDT bagi lembaga pendidikan diniyah nonformal ini.

Drop buku administrasi

Yang pertama adalah keberadaan buku administrasi yang di drop dari atas guna kemajuan lembaga yang relatif lengkap, mulai dari absen, daftar hadir, catatan untuk pengajaran dan masih ada beberapa paket buku yang sifatnya sangat administratif (bukan buku pelajaran atau buku panduan mengajar).

Sekedar informasi, yang dimaksud dengan drop ini adalah buku di drop dari atas kemudian dari bawah menyampaikan uang pengganti yang disetor keatas, kalau tidak salah kisaran 400 ribuan apa ya per paketnya.

Pengadaan seragam

seragam-pengurus-fkdt
seragam FKDT?

Guna menyamakan pakaian dan identitas para pengajar, sekitar setahun atau dua tahun yang lalu (kalau tidak salah) ada penjualan kain seragam untuk pengurus atau pengajar FKDT yang pengadaannya dibuat oleh sekelompok entah saya kurang paham, yang jelas ini dianggap sebagai busana resmi FKDT di suatu wilayah.

Pengadaan soal semesteran

Sepertinya merupakan dana DIPA dari Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, yang menurut saya manfaatnya sangat terasa bagi kemajuan lembaga madrasah diniyah takmiliyah sampai ke pelosok negeri (maksudnya pelosok jawa tengah). Tentunya yang buat soal adalah para pakar pengajar yang aktif di FKDT.

Dari awal mula lembaga yang hampir selamanya tidak pernah ujian (pada beberapa wilayah), mendadak menjadi tampak profesional dan hebat dengan gagah agak berani mengadakan tes bagi para siswa.

Dampak tes ini mau tidak mau para guru memberikan nilai evaluasi yang membuka mata dan hati para pengelola untuk membuat raport yang entah seberapa sederhana bentuknya.
Sekilas tadi saya jalan jalan berselancar di dunia internet mengunjungi blog resmi salah satu FKDT tingkat provinsi yang dikelola oleh para pengurusnya (menurut klaim situs tersebut). Ternyata pada website ini terakhir di update pada bulan juli 2019 dan tidak turut serta menyemarakkan milad lembaganya. Mungkin dampak corona membuat fokus para pengelola web ini teralihkan.

Lomba lomba tingkat Kabupaten Provinsi dan Nasional

kriteria lomba karaoke dan blangko penilaian
peserta lomba Porsadin (ilustrasi)

Peranan FKDT dalam perlombaan tentunya juga tidak dapat dikesampingkan, semangat pengurus dalam melakukan pendampingan maupun sebagai panitia lomba patut diapresiasi dengan baik.

Dengan dana minimal yang ada para pengurus ini mampu ngecakne dengan baik dalam kegiatan entah karena nombok atau urunan bareng bareng.

Harapan Kedepan untuk FKDT

Sebagai warga yang senang dengan kemajuan Madrasah Diniyah Takmiliyah harapannya sih standar standar saja, semoga FKDT semakin maju berkembang dan memiliki peran kongkrit terhadap perkembanagan Madin secara nyata.

Selanjutnya FKDT juga menjadi lembaga yang menguatkan bangsa dan negara dengan tidak ditarik ke arah kiri atau kanan mendukung salah satu yang berhubungan dengan politik.

Semoga FKDT diberkahi dengan pengurus pengurus yang ikhlas dalam menjadi pengurus FKDT dan dijauhkan dari orang orang yang ingin memanfaatkan FKDT dari kepentingan pribadi, kelompok maupun golongan.

Gambar gambar ucapan selamat ulang tahun untuk FKDT

Berikut ini saya kumpulkan beberapa gambar tentang ucapan ulang tahun untuk FKDT yang berasal dari beberapa kabupaten maupun kota seperti Tegal, Grobogan, Temanggung, Boyolali, Karanganyar, serta ucapan ultah perorangan hasil editan dari orang lain.

Karena sedang masa corona alias covid 19, pada beberapa ucapan ini terdapat hastag yang menyemangati untuk melawan corona (kalau saya sih menghindari saja). semoga corona cepat berlalu dan para yang kompeten untuk mencari vaksin atau contra virus corona supaya warga terhindar dari wabah yang termasuk mematikan ini.

Koq malah ngelantur, berikut gambar gambar ucapan ultah sewindu untuk Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah.

Selamat memandangi.

harlah-FKDT-Kabupaten-Tegal

Ucapan Selamat Harlah Kepada FKDT dari Kankemenag Kota Tegal, Ahmad Farkhanm S.Ag, MHI yang mengucapkan “Selamat dan SUkses Harlah FKDT, usia sewindu ini semoga bermanfaat ntuk umat.

ada 3 hastag yang dipergunakan dalam gambar ini yaitu;
#SewinduFKDT
#BersamaMadrasahDiniyahBersatuMelawanCorona
#MadinHebatBermartabat

Kasi-PD-Pontren-Grobogan

Dari Grobogan masih dengan tema dan hastag yang sama, kali ini ucapan dari Kepala Seksi PD Pontren Kiai Haji Hadi Purwanto, M.Ag.

FKDT-Karanganyar

Dari Karanganyar dengan Gambar Kasi Pakis (Drs. H. Ahmad Muhtadi, M.Pd.I), Ketua DPC FKDT (Fauzan Suratno, S.Pd.I) dan Sekretarisnya (Rosidi, S.Pd.I) memberikan ucapan 8 th Selamat Harlah FKDT Sukses Selalu Usiamu Genap Sewindu Berkhidmat, Bermartabat dan Bermanfaat Untuk Ummat.

FKDT-Boyolali

Dari Boyolali dengan Ketua Khoirudin Ahmad dan Wahid Rohman Sebagai Sekretaris mengucapkan Selamat Harlah FKDT yang ke 8 dengan ucapan “Bersama Madrasah Diniyah Membangun Generasi Islam Nusantara

mk2mdt-tanggungharjo

Tidak Ketinggalan Ketinggalan, Ketua MK2MDT (Musyawarah Kerja Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah) Kecamatan Tanggungharjo turut membuat gambar ucapan.

FKPP-Grobogan

Dari Tetangga sebelah organisasi Lembaga lainnya yaitu Forum Komnikasi Pondok Pesantren Kabupaten Grobogan dengan Ketua Syaidun, S.Pd.I, M juga tidak ketinggalan mengucapkan melalui gambar dengan tema “Bersama madrasah Diniyah Bersatu Melawan Corona”.

dari kalangan simpatisan pun ada juga gambar ucapan tentang harlah FKDT, berikut gambarnya.

siswoyo-dan-kendro
selamat-harlah-FKDT

thank you, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar