macam macam majelis taklim

Berbagai macam Majelis Taklim dan Pengelompokkan Jenisnya

Informasi tentang pembagian berbagai macam macam majelis taklim mengacu kepada Pedoman Majelis Ta’lim Draft Modul Pembinaan dan Kurikulum Majelis Ta’lim Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Bimas Islam Direktorat Penerangan Agama Islam tahun 2012.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, disini akan diulas tentang berbagai bentuk dan macam macam majelis taklim yang ditinjau dari segi jamaah, dilihat dari organisasi, dan lokasi tempat pelaksanaannya.

loading...

Berikut pembagiannya.

Bentuk Majelis Taklim Berdasarkan Jamaah

Pembagian macam macam majelis taklim dari segi jamaah ini berupa pengelompokan macamnya mengacu kepada jenis kelamin, usia bahkan profesi dari jamaah yang menjadi anggotanya.

hadirin kegiatan khataman dan pengajian di PP Banu Salamah
hadirin kegiatan khataman dan pengajian di PP Banu Salamah

Dibawah ini macam majelis taklim berdasarkan jamaahnya.

Majelis Taklim Kaum Ibu / Muslimah / Perempuan

Kebanyakan jamaah majelis taklim adalah ibu ibu atau jamaah perempuan, baik itu dikota maupun didesa, pelaksanannya dapat menetap di satu lokasi semisal masjid atau mushola, bisa juga dengan keliling dari rumah kerumah.

Ada yang materinya sporadis tergantung pengisi atau mubaligh yang menjadi pembicara, ada juga dengan manajemen yang lebih modern dengan tema yang telah tersusun rapi.

Jadwal majelis taklim seperti ini bisa bersifat mingguan atau bulanan, bisa dilaksanakan ba’da sholat isya atau waktu yang lain sesuai kesepakatan anggota yang di eksekusi oleh pengurusnya.

Majelis Taklim Bapak bapak atau Laki laki

Biasanya majelis taklim khusus bapak bapak lebih bersifat terarah dalam kegiatannya, semisal didahului dengan mengaji dan pembahasan agama serta tema pengajian yang lebih spesifik dan mendalam pembahasannya, walaupun ada juga yang sporadis sebagaimana pengajian ibu ibu.

Kebanyakan di kampung utamanya yang kental dengan nuansa NU hal yang lumrah dalam pengajian ini berupa tahlilan dan baca surat yasin kemudian diikuti sedikit tambahan siraman rohani dari mbah kiai atau siapa yang biasanya mendapat kesempatan untuk memberikan ceramah.

Majelis Taklim Kaum Remaja atau Pemuda

pengajian-remaja-masjid

Paling lumrah sebagai penggerak kegiatan pengajian remaja adalah para remaja dan pemuda aktivis masjid, isiannya lebih bersifat kekinian dan menunjang peningkatan semangat para remaja untuk semakin dekat dengan masjid.

Bukan hanya melulu mengenai bidang agama, dapat juga kegiatan pengajian ini diisi dengan pelatihan pembuatan website atau blog dan ketrampilan bagi para remaja putrid termasuk kursus kursus lain yang bermanfaat,

Tentunya keseluruhan kegiatan ini masih dalam koridor kegiatan syiar Islam.

Majelis Taklim Campuran Bapak Bapak Ibu Ibu

Hal yang lazim adalah keberadaan majelis taklim yang mengakomodasi bapak bapak atau ibu ibu, biasanya pasangan suami istri yang aktif pengajian juga mengajak anak untuk turut serta menghadiri.

Model majelis taklim ini mudah ditemukan pada majelis taklim di kampung maupun tempat kerja dimana tidak dipilah anggota jamaahnya berdasarkan jenis kelamin.

Majelis Taklim Selebritis Kalangan Artis

Pengajian ini mengacu kepada jamaahnya yang berprofesi sebagai artis maupun penyanyi yang lalu lalang di dunia infotaintment pada televise.

Yang menjadi nara sumber atau penceramah kebanyakan juga dari kalangan dai yang selebritis alias terkenal di pertelevisian.

Itulah macam macam majelis taklim ditinjau dari segi jamaah yang menjadi anggotanya.

Majelis Taklim ditinjau dari Organisasinya

Pembagian bentuk majelis taklim ini mengacu kepada organisasi yang menaunginya, baik itu berupa badan hokum atau yang lain.

Berikut adalah macam macam majelis taklim dilihat dari organisasi yang menyelenggarakan.

Majelis Taklim Biasa (tanpa legal formal)

Mayoritas majelis taklim utamanya di kampung kampung tidak memiliki organisasi resmi, pengajian ini dilaksanakan tanpa memandang apakah organisasi atau dari ormas mana.

Anggotanya kebanyakan adalah masyarakat dalam satu lingkup yang rumahnya berdekatan, sehingga dapat disimpulkan model majelis taklim tanpa legal formal ini lebih bersifat karena kedekatan lokasi tempat tinggal.

Majelis Taklim Berbadan Hukum

jamaah majelis taklim (ilustrasi)
jamaah majelis taklim (ilustrasi)

Pada taraf lebih baik yaitu adanya legal formal majelis taklim yang memiliki Badan Hukum Yayasan, biasanya ada orang kaya yang memiliki sumber daya keuangan baik yang mendanai kegiatan pengajian.

Hampir sama sifatnya dengan MT tanpa yayasan dalam karakter jamaahnya yaitu cenderung tinggal berada di sekitar lokasi tempat pengajian.

Majelis Taklim Berbentuk Ormas

Seperti diketahui, dua ormas Islam besar di Indonesia adalah NU dan Muhammadiyah, kedua lembaga ini biasanya memiliki jadwal pengajian yang disusun sebagai tempat untuk mengaji dan dikelola oleh para pengurusnya.

Ada juga semisal pengajian rutin di hari minggu milik MTA yang hampir selalu diisi oleh Ahmad Sukina sebagai pembicaranya.

Masih banyak lagi majelis taklim yang berada dibawah ormas tarbiyah dengan kajian rutinnya dapat masuk dalam kategori ini.

Jamaah pengajian ini tentunya telah spesifik dan memiliki semangat yang lumayan tinggi untuk mendatangi majelis taklim, karena keberadaan lokasi pengajian yang tidak selalu dekat.

Majelis Taklim dibawah Ormas dan Orsospol

majelis taklim dibawah yayasan

Merupakan majelis taklim yang bertujuan untuk menguatkan simpatisannya dalam beragama atau menggaet militansi mereka melalui pengajian.

Di PDIP ada baitul muslimin (entah ada pengajian rutin atau tidak) atau zaman dahulu kala ada majelis taklim al Hidayah, tentunya pengajian ormas atau orsospol ini kebanyakan jamaahnya tidak selalu berdekatan rumah, banyak yang jauh jauh datang karena sebagai simpatisan dari partai politik.

Majelis Taklim dibawah Pemerintah

Berupa majelis taklim yang berada dibawah pemerintah baik Desa Kecamatan ataupun Kabupaten, seperti MTNI (Majelis Taklim Nurul Iman) yang dihadiri oleh pihak Kecamatan, Kantor Urusan Agama, Polsek, Koramil maupun dari desa desa yang berada dibawah lingkup Kecamatan dimaksud.

Itulah berbagai macam majelis taklim ditinjau dari segi Badan Hukum

Majelis Taklim Berdasarkan Tempat

Satu lagi atau yang terakhir dari macam macam majelis taklim yaitu pengelompokan majelis taklim berdasarkan tempat atau lingkup kegiatan.

Majelis Taklim Masjid dan Mushola

Pembagian kelompok pengajian ini didasarkan pada pelaksanaan pengajian yang dilakukan pada masjid atau mushola.

Umumnya takmir masjid atau pengurus mushola yang mengurus perihal jadwal hari tanggal serta jatah warga yang menjamu para jamaah.

Termasuk juga pencarian nara sumber ataupun ustadz yang mengisi siraman rohani.

Majelis Perkantoran dan Sekolah

pengajian-kantor

Tempat kerja atau sekolah menjadi acuan pengelompokannya meskipun pelaksanaan kegiatan tidak selalu dilakukan dikantor atau sekolahan.

Pelaksanaan dapat dilakukan berkeliling dari rumah kerumah karyawan dan pimpinan maupun guru kepala sekolah. Ada juga yang dilaksanakan di masjid kompleks masjid atau sekolahan.

Majelis Taklim perhotelan

Bagi kalangan jetset maupun artis, akan lebih praktis dan mudah dalam mengurus kegiatan ini di hotel, mereka tinggal bayar biaya keseluruhan kemudian duduk manis mendengarkan pak ustadz berceramah.

Tidak bingung dengan snack maupun makanan serta tidak memikirkan membersihkan sisa sisa setelah rampung pengajian.

Apalagi sudah ada hotel syariah yang tentu juga memiliki paket pengajian.

Majelis Taklim Pabrik dan Industri

Keberadaan majelis taklim ini karena persamaan profesi, para buruh kemudian mendirikan kegiatan pengajian yang dapat dilakukan di masjid pabrik atau ditempat yang telah disepakati.

Tentunya pengajian ini dilaksanakan diluar jam kerja mereka sebagai buruh atau pegawai administrasi pada pabrik.

Majelis Taklim Kompleks Perumahan

Saat ini menjamur kompleks perumahan karena adanya perpindahan rumah karena tuntutan pekerjaan maupun harga tanah yang melambung tinggi.

Ada pengajian kompleks yang dilakukan keliling dari rumah ke rumah warga, adapula pelaksanaanya dengan memanfaatkan ruangan untuk aktivitas warga. Atau dapat bergabung dengan model pengajian di masjid atau mushola dekat kompleks perumahan.

Majelis Taklim Perkampungan

Seperti namanya, majelis taklim ini berada di komunitas perkampungan warga, sebagaimana MT di Kompleks perumahan, dilaksanakan dengan keliling dari rumah kerumah atau menetap di salah satu mushola atau masjid tempat warga berjamaah.

Entah kenapa ada juga model arisan yang nanti mendapatkan arisan maka dapat jatah ketempatan atau jatah menjamu makanan ringan para jamaah pengajian.

Rangkuman

ali-ansori-ida-kusumantidiah-vinalia-putri
ketua, sekretaris, bendahara majelis taklim (ilustrasi)

Itulah macam macam majelis taklim yang ditinjau dari segi;

  • Jamaahnya;
  • Organisasinya; dan
  • Tempatnya.

Macam macam majelis taklim berdasarkan pembagian diatas

Majelis taklim ditinjau dari segi jamaahnya;

  1. MT Kaum Ibu Muslimah Perempuan
  2. MT Bapak bapak
  3. MT Remaja
  4. MT Campuran Ibu Bapak
  5. MT Selebritis.

Majelis Taklim ditinjau dari Organisasinya:

  1. MT Biasa (tanpa legal formal)
  2. MT Berbadan Hukum Yayasan
  3. MT berbentuk ormas
  4. MT dibawah ormas dan orsospol
  5. MT dibawah pemerintah

Majelis Taklim dilihat dari Tempatnya:

  1. MT Masjid dan Mushola
  2. MT Perkantoran dan Sekolahan
  3. MT Perhotelan
  4. MT Pabrik dan Industri
  5. MT Kompleks Perumahan
  6. MT Perkampungan

Semoga menambah wawasan dalam pengelompokan macam dan jenis majelis taklim, sugeng siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: