Format Blangko Jadwal Pelaksanaan Bantuan Ruang Belajar Pendidikan Pesantren

Posted on
Format-Blangko-Jadwal-Pelaksanaan-Bantuan-Ruang-Belajar-Pendidikan-Pesantren

pontren.com – download blangko jadwal pelaksanaan pembangunan bantuan ruang belajar pada pondok pesantren dari dana Kementerian Agama berdasarkan petunjuk teknis (juknis) tahun 2019 dan biasanya akan sama dari tahun ke tahun formatnya untuk tahun 2020 nanti.

Dalam blangko format ini berbentuk format doc dengan ukuran kertas standar f4 yang umum dipakai di Indonesia. Orientasi kertas yang dipakai yaitu landscape dengan ukuran margin atas 2 cm, kiri kanan 2,7 cm dan bawah 2,2 cm.

Baca;
Contoh SK Panitia Pembangunan Ruang Belajar Pendidikan Pesantren
Surat Perjanjian Kontrak Pembangunan Ruang Belajar Pendidikan Pesantren
Syarat Penerima Bantuan Ruang Belajar Pendidikan Pesantren

Blangko jadwal pelaksanaan pembangunan ruang belajar ini diperlukan guna tanggungjawab lembaga penerima bantuan sebagai salah satu lampiran dalam bentuk pelaporan keuangan yang tepat waktu tepat sasaran maupun tepat guna.

Dalam format ini, perkembangan pembangunan ruang belajar dibuat kolom per minggu selama 3 bulan, tentunya pada atas blangko diisi dengan data lembaga yang berupa;

loading...

Nama Pondok Pesantren
Alamat
Desa/Kelurahan
Kecamatan
Kabupaten/Kota
Propinsi

Bentuk dari format blangko ini dibuat persis dengan apa yang ada dalam juknis guna memudahkan pengisian dan meminimalisir kesalahan atau temuan dari pengawas dalam hal ini Kemenag ataupun inspektorat Jenderal (itjen) yang biasanya pegawai Depag menyebutnya dengan irjen.

Entah apakah jadwal ini sudah harus ada dalam proposal pengajuan/pengusulan bantuan atau hanya khusus dimasukkan dalam Laporan Pertanggungjawaban Keuangan pelaksanaan pembangunan.

asrama pondok pesantren al mubaarok manggisan wonosobo
asrama pondok pesantren al mubaarok manggisan wonosobo

Problematika yang terjadi yaitu mepet pencairan anggaran bantuan padahal waktu pelaksanaan tinggal beberapa bulan lagi, hal yang sering terjadi yaitu anggaran masih diberi tanda bintang (*) yang artinya belum bisa dicairkan.

Hal ini yang menyulitkan pengelola bantuan melakukan eksekusi pencairan dan transfer kepada rekening lembaga pesantren serta menyusahkan pelaksanaan pembangunan karena terpancang dengan anggaran yang belum cair.

Contoh kasus, anggaran baru bisa dicairkan bulan november, padahal pelaksanaan pembangunan berdurasi waktu 3 bulan, apakah di dalam laporan pelaksanaannya dimajukan? Seperti diketahui anggaran bersifat satu tahun dimulai bulan januari dan di akhiri bulan Desember.

Entah apapun yang terjadi, komunikasi dan konsultasi lembaga kepada pihak yang mencairkan anggaran dan tidak lupa mencermati juknis merupakan salah satu cara terbaik guna menghindari kesalahan dalam pelaporan maupun pelaksanaan pembangunan.

Download form Jadwal Pelaksanaan Bantuan Ruang Belajar Pendidikan Pesantren

download-file-pontren

Berikut adalah link untuk mengunduh blangko pelaksanaan bantuan diambilkan dari Juknis yang diupload pada situs resmi ditpdpontren RI Jakarta, semoga memudahkan dalam pelaporan bantuan.

Unduh Form Jadwal Pelaksanaan Ruang Belajar Pendidikan Pesantren

Selamat mengabdi pada pondok pesantren, semoga semakin diberkahi dan dimudahkan, ponpes yang dikelola semakin berkualitas berkembang menjadi salah satu pesantren legendaris di Indonesia.

Salam ayo mondok.

loading...
loading...

Silakan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.