Pengertian Tahfidz

arti-tahfidz
asal kata tahfidz

pontren.com – Informasi tentang pengertian dan arti tahfidz sebagai tambahan wawasan pengetahuan santri guru ustadz ustadzah atau siapapun di kalangan umat Islam guna menambah khazanah keilmuan di bidang pengertian dan arti serta maknanya.

Assalamu’alaikum semuanya, kali ini saya akan mencoba mengulas apa itu tahfidz dari segi arti tahfidz, pengertian tahfidz dan beberapa hal yang mempunyai kaitan erat dengan kata ini.

Jika anda mencari pada kamus online baik KBBI ataupun Kamus besar bahasa Indonesia, ternyata disana tidak ditemukan kata tahfidz dalam kamus tersebut.

Bisa jadi memang tahfidz belum merupakan kata yang resmi masuk pada Bahasa Indonesia.

Begitu pula pada KBBI milik Kemendikbud, saat saya masukkan arti kata tahfidz, keterangan yang muncul adalah entry tidak ditemukan.

Arti Tahfidz

Kata tahfidz berasal dari kosa kata bahasa arab. Merupakan bentuk masdar ghoir mim dari kata حَفَّظَ – يُحَفِّظُ – تَحْفِيْظًا (haffadza – yuhaffidzu – tahfiidz).

Arti dari dari kata diatas adalah menghafalkan. Dengan begitu arti dari tahfidz adalah menghafalkan.

Pengertian tahfidz

pengertian-tahfidz
pengertian tahfidz

Setelah mengetahui bahwasanya arti dari tahfidz, maka saatnya untuk meningkat kepada pengertiannya, adapun menurut menurut Abdul Aziz Abdul Rauf definisi tahfidz atau menghafal adalah proses mengulang sesuatu, baik dengan membaca atau mendengar. Pekerjaan apapun jika sering diulang, pasti menjadi hafal.

Sedangkan pengertian menghafal menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah berusaha meresapkan kedalam fikiran agar selalu ingat. Silakan lihat di Tim Prima Pena, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Gita Media Press,tt), 307.

Didasarkan kepada pendapat Suryabrata yang dikutip oleh Kamilhakimin Ridwal Kamil dalam buku dengan judul Mengapa Kita Menghafal (tahfizh) al-Qur’an, istilah menghafal disebut juga mencamkan dengan sengaja dan dikehendaki, artinya dengan sadar dan sungguh-sungguh mencamkan sesuatu

Penggunaan kata Tahfidz

hafidz hafidzah alumni al munawwir krapyak
pasangan hafidz hafidzah alumni al munawwir krapyak yogyakarta

Walaupun tidak tercantum dalam kamus online bahasa Indonesia, penggunaan kata tahfidz sudah mengakar di Indonesia utamanya umat Islam.

Contoh penggunaannya pun berbagai macam ragam, ada yang dikombinasikan dengan kata asli indonesia, kata serapan dari bahasa arab dan lainnya, sebagai contoh adalah berikut ;

Rumah Tahfidz
Lomba Tahfidz
Pelajaran Tahfidz
Musabaqah Hifdzil Qur’an

Dari kata diatas jika diartikan kedalam bahasa Indonesia secara makna adalah rumah tahfidz = tempat belajar untuk menghafal (alquran / pelajaran keislaman)

Lomba Tahfidz = suatu lomba dalam hafalan biasanya berupa surat pendek, alqur’an, doa sehari-hari dan yang lainnya

Pelajaran tahfidz = suatu mata pelajaran mengenai hafalan, umumnya berupa hafalan alquran, hadist, mahfudhat mufrodat dan lainnya, lebih familiar di kalangan santri perihal pelajaran tahfidz.

Musabaqah Hifdzil Qur’an = merupakan kata yang masih terkait dengan kata tahfidz yang sering dipergunakan dalam menyebut perlombaan yang dilaksanakan oleh Kemenag.

Demikian informasi tentang arti tahfidz beserta pengertian tahfidz yang diambilkan dari berbagai sumber. Selamat beraktivitas. Salam.

loading...

Ibnu Singorejo

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Silakan berkomentar