Pondok Pesantren untuk Lulusan SMA dan Dewasa

Share

Bagi para lulusan Sekolah Menengah Atas baik dari SMU maupun Madrasah Aliyah (MA) yang berkeinginan melanjutkan pendidikan di pondok pesantren maka silakan menyimak informasi berikut.

Dewasa ini ada kesadaran anak ABG untuk menjaga diri sendiri dengan cara memilih pondok pesantren untuk melanjutkan pendidikan atau tempat tinggal pada saat kuliah. Tentunya bertujuan untuk menjaga diri serta peningkatan kompetensi pengetahuan agama dan menambah kekhusyukan dalam beribadah.

Umumnya pondok pesantren bagi lulusan SMA atau sederajat banyak dikelola oleh aliran NU maupun Salafy. Tidak banyak pesantren modern yang mengelola pondok pesantren bagi lulusan SMA kecuali pondok pesantren modern tersebut memiliki universitas sendiri ataupun sekolah tinggi.

Macam ragam pesantren bagi lulusan SLTA maupun orag dewasa ini ada yang sekaligus menyediakan ijazah S1 ataupun yang setara, adapula yang sifatnya hanya mondok saja (tanpa ijazah. Ada juga pesantren yang konsentrasi bidang tahfidz dan ada yang fokus kepada kajian kitab kuning.

Macam Ijazah Pondok Pesantren untuk Lulusan SMA

Ada dua macam pilihan pondok pesantren bagi orang dewasa atau alumni SMA yang berkeinginan mondok. Yaitu pondok pesantren yang menyediakan ijazah formal S1 dan pesantren yang hanya menyediakan ijazah lokal pondok atau ijazah yang tidak diakui secara pemerintah Indonesia.

Pondok Pesantren bagi Lulusan SMA dengan ijazah S1

Merupakan pondok pesantren yang mengelola lembaga pendidikan setara S1 baik berupa universitas atau sekolah tinggi maupun ma’had Aly. Dimana para santri bermukim di pesantren dan mendapatkan pelajaran sesuai kurikulum yang digariskan negara dan pesantren.

Umumnya santri akan mendapatkan pendidikan s1 dikala pagi hari dan kemudian pada saat magrib maupun malam hari serta selepas subuh akan mendapatkan pelajaran kepondokan.

Contoh pondok pesantren dengan ijazah S1 atau setara S1

Berikut beberapa contoh pondok pesantren untuk lulusan SMU yang sekaligus menyediakan

  • Universitas Darussalam (UNIDA) Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo
  • STIQ Isy Karima Pondok Pesantren Isy Karima Karanganyar
  • Ma’had Aly Al-Mubaarok Pondok Pesantren Al-Mubaarok Manggisan Wonosobo
  • Ma’had Aly Pondok Pesantren Ta’mirul Islam, Pondok Pesantren Ta’mirul Islam di Surakarta.

santri pondok pesantren ilustrasiDan masih banyak lagi contoh yang lain. Adapun daftar ma’had aly se-Indonesia bisa disimak dibawah ini :

Baca : Daftar Pondok Pesantren Penyelenggara Ma’had Aly di Indonesia

baca : Pondok Pesantren mahasiswa di Yogyakarta

baca : Pondok Pesantren untuk mahasiswa di Semarang

Karena menggunakan ijazah yang diakui negara, maka bagi calon santri yang ingin masuk pada ponpes program ini tentunya harus memiliki ijazah SLTA atau yang sederajat (misal Madrasah Aliyah, Paket C, Muadalah setingkat SMA).

Pondok Pesantren Tanpa Ijazah

Biasanya merupakan suplemen bagi mahasiswa yang kuliah di luar pesantren. Dimana pada pagi hari para santri kuliah atau bekerja sedangkan waktu sore malam dan selepas subuh melaksanakan kegiatan pendidikan di pondok pesantren.

contoh pondok pesantren tanpa ijazah formal

Berikut adalah beberapa daftar pondok pesantren bagi orang dewasa maupun lulusan SLTA MA sederajat yang bisa dijadikan alternatif untuk belajar.

  • Pondok Pesantren Ali Maksum Yogyakarta
  • Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta
  • Pondok Pesantren Luqmaniyah Warungboto Yogyakarta
  • Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah Salatiga
  • Ponpes Kyai Galang Sewu dekat Undip Semarang
  • Ponpes Wahid Hasyim dekat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Dan lain lain.

Karena tidak mengeluarkan ijazah resmi yang diakui pemerintah bagi lulusannya, maka biasanya bagi kalangan dewasa yang tidak memiliki ijazah SMA pun bisa untuk menjadi santri pada pesantren ini. Baik kalangan sudah bekerja ataupun yang dalam masa pencarian pekerjaan. Tentunya akan lebih bijak jika di konfirmasi dahulu kepada pengelola pondok terkait syarat pendaftaran calon santri.

Macam Ragam Pendidikan Pondok Pesantren bagi Lulusan SMU

Seperti disampaikan diatas, untuk pondok pesantren yang menyediakan ijazah formal tingkat S1 maka akan mendapatkan pelajaran yang sesuai dengan jurusannya, semisal ushul fiqh, lughoh baik bahasa atau sastra, fiqh, hadis dan lain lain. Dan pada sore malam serta pagi hari akan ada pelajaran kepondokan yang bersifat menguatkan keilmuan membaca dan ilmu nahwu shorof serta pemahaman kitab ataupun penambahan hafalan baik qur’an maupun hadis.

Pada lembaga pondok pesantren yang sifatnya ijazah dari lokal pesantren tanpa pengakuan negara, biasanya fokus salah satu dari dua hal ini yaitu pendalaman kitab kuning dan menghafal alquran.

Contoh pesantren untuk lulusan SMA dan dewasa yang terkenal dengan tafsirnya adalah pondok pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.

Pesantren yang terkenal dengan  hafalan alquran semisal Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta.

Penutup tulisan tentang pondok pesantren bagi lulusan SMA

Begitulah informasi terkait pondok pesantren untuk lulusan SMA dimana ternyata ada banyak lembaga pondok pesantren yang memfasilitasi bagi lulusan SLTA/yang sederajat yang berminat untuk mondok.santri kobong

Ada yang berupa mondok sekaligus mendapatkan ijazah S1, adapula pesantren yang sifatnya seperti kost bagi mahasiswa yang kuliah di universitas atau kampus yang tidak dikelola oleh pondok pesantren. untuk yang berniat kuliah S1 dengan model pondok pesantren, sebaiknya melakukan cek dan ricek terkait keabsahan lembaga pendidikan. Maksudnya adalah legalitas ijazah yang dikeluarkan oleh lembaga pondok pesantren benar diakui oleh pemerintah.

Dengan adanya alternatif dan beberapa pilihan model pendidikan dan konsentrasi pesantren, diharapkan bisa memberikan layanan keilmuan keislaman yang di inginkan oleh calon santri.

Demikian informasi, jika ingin menambahkan keterangan ataupun pertanyaan, bisa dituliskan pada kolom komentar di bawah.


Share

53 tanggapan pada “Pondok Pesantren untuk Lulusan SMA dan Dewasa”

  1. Ass,, Umur saya 40 tahun, apakah saya bisa mengikuti pondokan pesantren krapyak al munawwir, saya ingin sekali belajar mengaji dari 0 dan mendalami ilmu islam, terima kasih sebelumnya,
    Wass…

          1. Asalamualaikum warahmatullahi wabarokatu….umur saya 18 tahun saya tamatan SMA thn 2019 saya ingin sekali belajar mengaji dari 0 dan mendalami ilmu islam…terimah kasi
            wassalam

            1. wa’alaikum salam wa rahmatullahi wa barakatuh. haduh, untuk alamatnya kami hanya menggambarkan secara umum saja. mungkin anda dapat browsing langsung dimana lokasi pondok berada

          2. Assalammu’alaikum, kak info pondok pesantren salafy di jawa barat yg menerima santri lulusan SMA yg hanya ingin belajar ilmu agama dong, kalau ada yg deket2 cirebon

          3. Assalamualaikum
            Saya mau tanya

            Pondok STIQ Isy Karima Pondok Pesantren Isy Karima Karanganyar itu pondok NU buka ya ?

            Terimakasih 🙏🏻😊

          4. Wahyu puji lestari

            Assalamulaikum. Umur saya 27 th saya ingin belajar banyak ttg agama dan ingin bisa membaca alquran, kisah saya kelam dan saya ingin belajar benarBenar dari nol tentang agamaAgama islam, saya ingin belajar tntang agama bagaimna caranya wassalamualaikum

          5. whipe El WahyuPL

            Assalamualaikum
            Sya umur 27th ingin belajar agama islam dan membaca alquran sampai khatam, saya mmpunyai hidup yg kelam tanpa bisa membaca al quran dan cara sholat, saya benarBenar ingin belajar dari nol, saya takut di akhirat tdk bisa menjawab yg akan d tanyakan kepada saya bagaimana caranya
            Wassalamialaikum

          6. assalamualaikum umur saya 38thn punya anak dan istri tapi ingin mondok apakah ada kontak yang bisa saya hubungi. matur nuwun

            1. wa’alaikum salaam, tergantung anda tinggal dimana dan mau mondok kemana, pada dasarnya pesantren yang menerima orang dewasa pastinya menerima juga santri yang sudah lulus kuliah, anda mau mendalami baca kitab kuning atau menghafal al-Qur’an juga menjadi pertimbangan pilihan, jadi saya agak kikuk mau menyarankan kemana, nu atau muhammadiyah atau salafiyah tentu faktor yang menentukan dalam anda memilih pesantren. demikian jawaban ngambang kami mohon maaf jika tidak memuaskan.

          7. Ny. Agus cahyono

            Assalamualaikum ..mhn info saya punya anak lulusan SMA umur 21 tahun, ,,ingin mondok tapi ingin mempelajari tentang akhlak dan baca Qur’an serta cara menjalankan kewajiban ibadah yg baik mhn info

            1. wa’alaikum salaam. info yang bagaimanakah? silakan anda cari lokasi pesantren yang dekat dengan anda dan anda merasa cocok serta nyaman. semoga Allah memudahkan niat baik anda.

            1. Assalamualaikum kak. Untuk ponpes yg dekat dengan UGM, UNY, dan sekitar Yogyakarta kira2 ponpes mana ya kak? Saya berkeinginan melanjutkan kuliah di PTN sana sekaligus mondok 🙏🏻

              1. wa’alaikum salaam, ada ponpes wahid hasyim nologaten, lukmaniyah warungboto, krapyak, mlangi, ali maksum, dan lain sebagainya. ini hanya sebagian saja, silakan nanti pilih yang sampean paling cocok.

            2. Assalamu’alaikum
              Saya lulusan S1 mau mondok belajar ilmu agama. Pesantren daerah Jawa barat kira2 yang nerima dimana ya ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *