Arsip Tag: filsafat cinta

Jawaban ketika dibilang manis, trick supaya cowok bilang cinta

Jawaban ketika dibilang manis bagi para perempuan yang mendapat anugerah kecantikan wajah cantik dan fisik mempesona yang membuat para pria dengan terpaksa jujur untuk melontarkan ucapan jujur bahwa dia cantik manis mempesona.

pontren.com – assalamu’alaikum, yang pertama sampean kudu bersyukur apabila ada yang ada yang memuji bahwa anda memiliki senyum dan berwajah manis, tentu ada alasan orang memuji seperti ini.

Alasan yang pertama yaitu murni dari isi hati karena keadaan. Maksudnya memang kondisi sampean mempunyai apa yang ada dalam pujian yaitu manis secara wajah atau senyuman.

Yang kedua karena alasan dia naksir, ibarat kata tai kucing rasa coklat.

Entah bagaimana kondisi anda kala itu bangun tidur masih kusut tetap saja bagi pemuja anda nampak merupakan wanita paling cantik di negeriku Indonesia.

Alasan ketiga yaitu ada modus supaya orang yang memuji anda mendapatkan uluran tangan.

Baik bantuan mengerjakan ujian, tugas, atau bahkan meminjamkan uang.

Anggap saja kita akan mengulas jawaban ketika mendapat pujian ketika dibilang manis ucapan jujur seorang pria karena pesona cetar membaha sampean.

Kata kata untuk membalas pujian sebagai jawaban ketika dibilang manis

Ada banyak kata-kata untuk membalas pujian, anda bisa memilah dan memilih jawaban respon menjawab ungkapan manis melihat siapa yang melontarkannya.

Untuk menjawab pujian karena alasan kedua dan ketiga (orang yang cinta kepadamu dan yang modus mendapatkan bantuan) anda bisa mengabaikannya.

Atau tetap sopan menjawab sebagaimana model pertama, yaitu yang memuji secara tulus.

Maksudnya mengabaikan bagaimana?

Kalau yang naksir sampean dan anda tidak ada setrum setrumnya pada dia. Anda bisa memberi jawaban lucu ketika dipuji cantik atau manis.

Misalnya, memang ngomong itu tidak perlu kulakan dipasar.

Maksud loe? Gue mirip kucing gitu?

Ya kudu cantik dan manislah, untuk ngimbangin cowok gue yang ganteng dan kyut.

Wah selera kamu dalam menilai orang memang tepat, dan pandangan matamu masih prima serta tajam, bisa mengetahui orang yang cantik manis. 😀 😀

Baru nyadar lu ya kalo gue manis?

gue lagi bokekkk!!!

Nah itu untuk respon orang yang anda kenal dan anda kurang begitu peduli kepadanya karena dia naksir tapi sampean tidak ada rasa balik.

Atau jawaban kepada para modus dengan tujuan tertentu.

Memberikan Sinyal yang jelas Supaya dia Nembak bilang Cinta

bahasa arabnya aku kamu dia

Bagaimana untuk menjawab yang sopan? Atau memancing dia untuk menembak anda menjadikan sampean pacarnya?

Nah, sebenarnya jawabannya sederhana, singkat dan pendek saja.

Untuk menjawab sopan dan anda tidak menolak sebutan manis atau cantik serta tidak nampak ge er besar kepala. Respon saat dipuji orang pilihan jawaban adalah ucapkan kalimat “terima kasih” atau makasiih.

Jawaban ini sederhana akan tetapi apresiasi anda kepadanya yang telah berkata jujur mengatakan anda cantik. Sebagai jawaban ketika dibilang manis.

Trus gimana nih supaya kita memberikan kunci kepada cowok yang bilang begitu biar dia nembak ke kita?

Jawabnya begini, sayangnya sampai sekarang masih aja jomblo heheheee.

Nah, dengan begitu anda memberikan sinyal bahwa anda dalam situasi sendiri alias lajang tidak punya pacar.

Masih belum mempan juga?

Pakai jurus terakhir saja yang membuka pintu lebar – lebar supaya dia masuk untuk menjadi gebetan anda.

Gimana caranya?

Somehow, lanjutkanlah obrolan dan bilang seperti ini kira kira.

Yah begitulah, urusan jomblo atau tidak hanya yang diatas yang tau, kalau namanya jodoh siapa yang tau,

bisa saja kamu nanti yang bisa membuatku untuk melepaskan lajang. Siapa tahu?

Kalau dia tetap tidak nembak nembak meski sudah anda bilang seperti itu, ya sudahlah.

Pintu asmara sudah anda buka lebar, bisa jadi dia memang belum ada sinyal kepada anda atau masih ingin meraih impiannya lebih serius. Alias belum memikirkan pacaran.

Nah ini hanya sebuah jurus yang menimpa saya, (mengenai masa depan tidak tahu).

Maksudnya?

Maksudnya saya adalah korban dari kata kata itu hahahahaa. Wilujeng dalu, wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Saat Wanita bertanya Kamu suka Aku gak? maksudnya gimana

Saya sempat mencoba browsing untuk menemukan analisa apa yang ada dibalik pertanyaan seorang wanita yang bertanya, ” Kamu suka ama aku apa enggak?”

pontren.com. assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, Dan hasil dari browsing ini lebih mengarahkan kepada tips kiat atau tanda tanda seseorang laki laki yang naksir kepada wanita.

Bukan menjawab keingin tahuan saya mengenai ada apa yang ada dibalik pertanyaan itu.

Sebenarnya pertanyaan ini adalah gampang karena sudah disediakan jawabannya yaitu “ya dan tidak”, tinggal dipilih salah satunya.

Jika dijawab ya, artinya sampean atau yang ditanya memang menyukai sang penanya, tentunya suka dalam hal ini lebih tepat disebut dengan ada hati atau ada rasa alias naksir

Apabila memilih tidak, maka maksudnya dia atau anda tidak ada rasa perasaan menyukai dalam rangka cinta yang tumbuh berkembang di hati.

Masalahnya rentetan akibat pemilihan jawaban ya atau tidak bisa panjang, kalau dijawab iya… Bagaimana kalau kondisinya sudah sama sama beranak pinak alias berkeluarga.

Jika menjawab tidak, sampean bisa membuat tersinggung si penanya, bagaimana perasaannya merasa ditolak meskipun sebenarnya anda tidak ingin menyakiti hatinya.

Dan karena situasi tersebut akhirnya saya memilih jawaban yang netral yang dapat anda temukan di bagian bawah tulisan ini.

Kata seorang Kawan Perempuan ada apa dibalik pertanyaan elu suka gue gak?

Kepala Rumah Tahfidz al-Qur'an

Karena kepo, saya ngobrol dengan wanita alias cewek yang saya anggap memiliki jam terbang yang tinggi dan rasa romantisme mendalam dalam hal percintaan.

Dalam pendapatnya, dia menganalisa ada 2 hal dibalik pertanyaan ini.

Yang pertama, dilakukan untuk menyenangkan diri sendiri sang penanya. Alias wanita yang bertanya tadi.

Maksudnya gimana?

Maksudnya sang penanya akan merasa happy dan bahagia jika dijawab dengan iya. Bukan karena dia juga suka juga dengan sang pria.

Akan tetapi dia merasa feel soo good ada pria yang menyukainya. That’s it. No more alias tidak lebih dari itu.

Dengan begitu, dibalik pertanyaan ini adalah sesuatu hal yang bersifat kepo dari si penanya untuk penunjang kesenangan dan ego dia jika laris disuka laki laki.

Yang kedua, sebenarnya si penanya memiliki rasa suka atau terbersit menaruh hati kepada laki laki yang ditodong pertanyaan,” apakah kamu menyukaiku atau tidak”.

Nyebelinnya, pertanyaan ini terlontar setelah sang penanya berkeluarga, dah ada buntutnya pula. 😀 ya bisa jadi penasaran cihada (cinta dalam dada) yang semasa sekolah atau kuliah ada sinyal suka tapi tak tersampaikan.

Dalam beberapa kasus hal seperti ini bisa berbahaya untuk keberlangsungan rumah tangga yang sebelumnya adem ayem apabila ada klop kompak antara si penanya dan orang yang ditanyakan. Apabila terbukti sama sama suka dan nekad bermain api.

Pengalaman menjawab pertanyaan wanita,”kamu pernah naksir aku apa tidak?”

bahasa arabnya aku kamu dia

Setidaknya saya yakin pernah ada dua orang yang bertanya kepada saya dengan pertanyaan yang intinya seperti itu.

Pada saat ditanya seperti itu saya agak mengeryitkan dahi juga, kenapa dia bertanya seperti itu? Dan bajindulnya lagi kenapa dia baru sekarang bertanya?

Takon koq yo mboso sampean wis duwe bojo dan berbuntut luwih soko siji, lak yo bikin merkengkong untuk dijawab iya, kalau dijawab tidak sampean iso masygul merusak perkoncoan.

Lagian saya juga curiga, kalau saya jawab iya, bukan berarti yang tanya juga suka denganku, tapi sekedar memanjakan ego nya sebagai wanita yang menarik dan disukai banyak pria.

apesnya lagi malah bisa jadi bahan bully karena konangan memiliki rasa simpatik dan naksir dalam hati yang diungkapkan dengan menjawab “iya”, yang maksud panjangnya berarti ” iya benar aku naksir kamu, suka kamu, menaruh hati padamu”.

akhirnya dengan gaya diplomasi jawaban mengambang terpilihlah ungkapan seperti ini kurang lebihnya;

“kalau aku bilang tidak suka, dirimu begitu cantik menawan dan yakin banyak pria yang suka padamu, akan tetapi kalau aku bilang iya suka padamu, posisimu adalah istri seseorang yang telah memiliki momongan”. jadi akuh harus bilang bagaimana?”

sok diplomatis.

nah begitulah analisa tentang perempuan atau wanita yang entah setelah ngobrol lama atau akrab dan dekat, maupun rekan masa lalu entah zaman sekolah termasuk kuliah dan awal kerja, yang mendadak ngobrol tentang rasa.

saran saya pribadi bagi para jomblo yang ditanya wanita single dalam kondisi seperti itu, bilang saja apa yang ada didalam hati, kalau suka ungkapkan sekalian, kesempatan tidak selalu datang dua kali.

resikonya paling ditertawakan dan dibully.

daripada jika tidak anda sampaikan saat itu dan ternyata dikemudian hari dia juga menyukaimu, tinggalah ampas penyesalan yang ada di dada, kasian nanti pasangan yang mendampingi anda.

wilujeng dalu, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

Penjelasan cinta dan kasih sayang menurut seorang kyai

Pada bulan ramadhan tahun 2017 Masehi atau 1438 Hijriyah, tempat kerja kami mendatangkan seorang pengasuh suatu rintisan pondok pesantren, dalam hal ini beliau di undang dalam rangka memberikan siraman rohani kepada jajaran karyawan maupun para boss di tempat kerja. Adapun kitab yang di pelajari adalah karangan syaikh an Nawawi Al Bantani

Sekedar tambahan pengetahuan, Syaikh Nawawi al Bantani merupakan ulama yang terkenal dan berasal dari Indonesia. beliau mempunya nama lengkap Abu Abdul Mu’thi Muhammad Nawawi bin Umar bin Arabi bin Nawawi al-Jawi al-Bantani, dilahirkan di desa tanara kecamatan tirtayasa kabupaten serang banten utara yang saat ini Banten telah menjadi Provinsi tersendiri. Dilahirkan pada tahun 1814 M atau 1230 H.

filsafat cinta dan kasih sayangAdapun bab yang dikaji pada ramadhan pada saat itu bab Taharah. Saya sendiri sudah banyak yang lupa dengan apa yang beliau sampaikan terkait dengan taharah dan detil dari penjelasan dalam kitab. Akan tetapi secara umum poin – poin yang penting semoga saja saya mengingat selamanya.

Dan dalam kajian suatu kitab, saking luasnya pengetahuan kyai tersebut dibandingkan dengan jajaran karyawan dan penggede tempat kerja, biasanya dijelaskan juga beberapa hal terkait dengan pembahasan dan kadangkala melebar kemana mana keluar dari pembahasan inti.

Salah satu kasus pelebaran pembahasan dari pokok inti bahasan taharah ternyata juga membahas tentang cinta dan kasih sayang, cie ciee….. Beliau menerangkan apa itu cinta, apa itu kasih sayang, dengan pembahasan yang bagus, menarik serta masuk akal dan sesuai dengan kondisi yang ada. Bisa dikatakan beliau membahasakan perasaan yang ada di masing – masing orang (secara umum) serta perilaku dan kebiasaan yang terjadi pada insan manusia.

Penjelasan Tentang cinta

Kyai Soleh Masrur, yang aslinya bernama Muhammad Sholeh, kemudian nama Masrur merupakan nama dari ayah beliau. Beliau menjelaskan bahwa dalam bahasa Arab, cinta disebut dengan Mahabbah. Kapan terjadinya cinta? Atau alasan orang cinta? Cinta terjadi karena seseorang melihat kelebihan dari seseorang. Kelebihan tersebut bisa berupa fisik (ganteng, cantik, badan indah, manis, dan yang lain-lain), atau kepribadian yang menarik (supel, menyenangkan, ngangenin dll), termasuk juga dataran hal harta (kaya, banyak property), faktor keturunan (anak pejabat, keturunan kerajaan, dll). Jadi bisa disimpulan cinta muncul karena melihat adanya kelebihan yang melekat pada seseorang.

Dengan adanya kelebihan yang di miliki oleh seseorang, menjadikan lawan jenis menjadi simpatik, berlanjut dengan tertarik dan menjadikan jatuh cinta. Jadi cinta atau mahabbah merupakan hasil dari takhluknya hati seseorang disebabkan kelebihan yang dimiliki seorang yang dicinta.

Karena rasa cinta, hal-hal umum yang sebenarnya secara hakiki merupakan hal yang sakit, akan tetapi karena berdasarkan cinta maka hal tersebut menjadi suatu sakit yang menyenangkan. Contohnya, kalau dicubit dengan keras oleh orang yang di cintai maka sakit akan terasa, akan tetapi ada perasaan senang di hati yang dicubit. Sehingga sakit ragawi diabaikan dan menjadi hal yang menyenangkan di hati. Istilah kekinian bisa disebut dengan kata kalau cinta sudah melekat, tai kucing rasa coklat.

cinta dan kasih sayang

Penjelasan tentang Kasih sayang

Dalam mengistilahkan kasih sayang, beliau membahasakan dengan kata rahmah. Kemudian penjelasan beliau tentang rahmah adalah, suatu keadaan pada kondisi dimana memaafkan, memaklumi apa yang menjadi kekurangan atau kesalahan yang ada pada seseorang. Dalam penggambaran, misalnya kehidupan suami istri dimana suami memaklumi perubahan fisik pasangan yang sedikit melebar, atau istri yang maklum suami kurang rapi dalam menata baju sepatu dan lain-lain. Hal ini disebut dengan kasih sayang karena kondisi dimana ada rasa maklum atau memaafkan hal-hal yang kurang baik melekat pada pasangan.

Kaitan Cinta dan Kasih Sayang

Dalam hal cinta dan kasih sayangd dalam kehidupan pasangan, bahwasanya secara umum terjadinya kasih sayang diawali dengan adanya cinta. Jadi normalnya kasih sayang itu terjadi karena kecintaan. Dan dua hal tersebut diperlukan guna perjalanan mengarungi bahtera cinta rumah tangga. Bagaimana kalo tidak ada salah satu dari kedua unsur mahabbah atau rahmah? Mestinya akan kurang baik bagi kesehatan rumah tangga.

Kapan cinta Menggebu-gebu?

Pernah mendengar istilah cinta monyet? Istilah cinta yang di nisbatkan kepada anak-anak yang masih dianggap belum tahu tentang cinta sebenarnya dan kehidupan nyata di dunia. Dan biasanya cinta menggebu bukan pada fase saat ini. Kebanyakan fase cinta menggebu terjadi pada saat pedekete (PDKT) alias pendekatan, dan pada saat pacaran serta awal pernikahan. Utamanya masa PDKT dan pacaran bisa dikatakan fase cinta yang menggebu. Kenapa bisa terjadi? Pada masa ini masih ada kans besar terlepasnya gebetan dari tangan, sehingga keinginan untuk selalu dekat dan berkomunikasi setiap saat sangat besar. Berbeda dengan saat sertifikat alias buku nikah di tangan, pada fase ini ada perasaan aman karena sudah terikat secara sah, sehingga setelah beberapa saat menikah terjadi penurunan kualitas rasa cinta dalam hal perilaku (umumnya).

dea rahma

Kapan kasih sayang mulai tumbuh?

Setelah cinta, disebutkan bahwa datang kemudian kasih sayang, seperti pembahasan diatas bahwa kasih sayang merupakan pemakluman dari kekurangan atau kesalahan. Apakah pada saat pacaran tidak ada kasih sayang? Tidak juga sih, akan tetapi secara prosentase sepertinya menempati porsi yang lebih kecil dibanding cinta. Selain itu faktor takut kehilangan menjadikan keterpaksaan memunculkan rasa kasih sayang (bagi sebagian orang). Yang sering di istilahkan sebagai “pencitraan cinta”.

Bisa dikatakan bahwa kasih sayang yang sebenarnya akan tampak ketika suatu pasangan sudah sah menjadi suami istri dan menjalani kehidupan beberapa saat. Umumnya 6 bulan pertama masih banyak hal – hal pencitraan. Akan tetapi setelah 6 bulan kesana akan menjadi normal kembali pada sifat asal seseorang. Dengan begitu dimana seseorang memaklumi, memaafkan kekurangan dan kesalahan pasangan bisa disebut sebagai real kasih sayang dari pasangan.

Begitulah kajian taharah yang melebar kepada penjelasan mahabbah dan rahmah. Dikatakan bahwasanya rahmah alias kasih sayang terjadi bermula dari adanya cinta. Dengan adanya cinta yang awalnya menjadikan kelebihan sebagai pedoman berperilaku kemudian berangsur – angsur ada tambahan kasih sayang yang berwujud memaklumi dan memaafkan kekurangan dan kesalahan.

jika berminat membaca terkait perihal cinta, silakan mengunjungi blog yang mungkin bisa menambah khazanah pengetahuan blog milik seorang dengan nama pena dea rahma