Mouse ideapad Lenovo tidak berfungsi, penyebab dan cara mengatasi

mouse ideapad 310s tidak berfungsi

Cara memfungsikan kembali mousepad netbook ideapad lenovo yang tidak berfungsi karena ketidaksengajaan memencet keyboard.

pontren.com – assalaamu’alaikum. Merupakan pengalaman pribadi mengalami masalah mousepad netbook ideapad lenovo yang tidak berfungsi.

Kemudian melakukan browsing dan akhirnya mallfungsion mousepad terjadi bukan karena kerusakan netbook atau interface permukaan mouse internal.

Awal mula memilih ideapad 310s

Sebelum menuju cara mengaktifkan kembali mousepad yang disable karena tidak sengaja tertekan jari, ada kisah dibalik pemilihan netbook lenovo seri ideapad 310s-11IAP yang berwarna putih ini.

Meminta saran kepada penjual laptop

Sebelum membeli laptop, saya berkonsultasi kepada juragan penjual laptop di Godean Yogyakarta.

Beliau bernama Prabowo yang biasa kita panggil om Bowo atau om Wo. Saya menanyakan laptop atau netbook murah atau terjangkau yang beliau sarankan.

Saran beliau untuk membeli Dell. Pertimbangan adalah harga kisaran 3 jutaan dengan layar 11 inch.

Lumayan dan desain wis rodo cekli (kata beliau). Selain itu, dalam beberapa review di internet dan blog tentang komputer disebutkan bahwa netbook ini memiliki ketahanan batrei yang sangat bisa di andalkan. (klaimnya sampai 8 Jam penggunaan).

solusi IMB dan Izin Operasional

Ditelusuri maka yang dimaksud adalah Dell Inspiron 3162.

Dengan desain dan warna warni yang menarik serta lebih fresh dan cocok untuk anak muda. Terkait kinerja, memang dengan spesifikasi yang ditawarkan menyesuaikan harga yang ada.

Tentunya kalau hanya sekedar untuk pekerjaan ketik mengetik dan browsing atau ngeblog maka netbook dell inspiron 3162 sudah bisa dan sangat memadai untuk kegiatan atau pekerjaan anda.

Jika ditambah photoshop juga bisa akan tetapi kalau menggunakan photoshop terbaru kemungkinan akan terlalu berat serta menjadi gagal loading.

Silakan memilih adobe photoshop yang ringan atau versi lite guna menunjang pekerjaan anda. Kalau anda professional di bidang edit foto mestinya akan memilih netbook atau laptop dengan spesifikasi yang mumpuni pada bidang grafis.

Mencari netbook dell 3162

Setelah mendengar fatwa dari rekan tentang netbook, dan juga pertimbangan browsing di internet, ke toko penyedia laptop, komputer, netbook serta aksesoris untuk membeli Netbook dell Inspiron 3162.

Pada kertas daftar spesifikasi barang dan harga, tercantum harga dell inspiron 316 sebesar Rp. 3.250.000,- nett.

Komentar dari juragan laptop di jogja itu merupakan harga yang normal, umumnya penjual kulakan sebesar Rp. 3.100.000,- adalah lumrah jika dijual sejumlah tiga juta dua ratus lima puluh ribu

Stock Dell Inspiron 3162 Kosong, beralih ke Lenovo ideapad 3162s

Setelah melihat harga dell inspiron 3162 kemudian bilang kepada penjaga toko bahwa kita beli yang seri tersebut.

Sayangnya sales girl netbook ini mengatakan bahwa stock kosong dan perlu beberapa hari untuk pengadaannya.

Penjaga menawarkan beberapa pilihan netbook dengan kisaran harga yang sama, ada acer, axioo (tapi kosong juga), lenovo.

Tidak memilih Acer karena katanya barangnya ringkih, sehingga ada orang yang memplesetkan ACER merupakan singkatan dari Awas Cepat Rusak. Tapi saya yakin itu hanyalah akal-akalan orang yang benci atau trauma dengan acer.

Sedangkan axioo, selain karena stock kosong, saya juga masih menahan diri untuk membeli nya karena pengalaman axioo milik adik yang banyak keyboardnya mengalami masalah (terlepas memang umur netbook tersebut sudah terbilang uzur, lebih dari 5 tahun).

Sedangkan merk lenovo yang ada berupa laptop sehingga saya sama sekali kurang berminat, pertimbangan ukuran dan kantong tentunya.

Akhirnya berpindah toko. Kasus yang terjadi sama. Merk dell inspiron yang saya cari tidak ada.

Hanya barang yang di display yang memang tersedia. Akhirnya karena sudah kebelet pengen beli netbook dengan pendanaan yang ada kemudian menjatuhkan pilihan ke lenovo ideapad 310s

Pertimbangan memilih lenovo ideapad 310s

Beberapa pertimbangan kenapa memilih netbook ini adalah karena harga, yaitu di arrange kisaran 3 jutaan. Spesifikasi yang cukup untuk melakukan kegiatan ketik mengetik serta browsing dan blogging ditambah sedikit edit foto aplikasi photoshop lite.

Komentar rekan yang menyarankan membeli dell, mengatakan bahwa ideapad yo apik. Kemudian saya bertanya, “terus sik elek opo?”(yang jelek apa) Jawab beliau, “sik elek Aku” (yang jelek saya).

spesifikasi lenovo ideapad 310s
spesifikasi lenovo ideapad 310s

Memasang keyboard dan mouse eksternal supaya netbook lebih awet

Pada pembelian ideapad 310s diberi bonus berupa mouse kabel. Selain itu dirumah juga ada keyboard yang masih agak baru.

Karena di rumah ada adik adik kecil yang masih sekolah paud dan SD, menjadikan netbook rawan di pencet pencet secara asal dan ekstrim oleh makhluk kecil yang ada di rumah.

Antisipasi perbuatan tidak menyenangkan oleh dua manusia belum dewasa ini sepertinya memasang keyboard dan mouse eksternal adalah pilihan bijak untuk meminimalisir anak anak bersentuhan langsung dengan keyboard pada netbook.

keyboard dan mouse eksternal lenovo ideapad 310s
keyboard dan mouse eksternal lenovo ideapad 310s

Performa Lenovo ideapad 310s

Beberapa minggu memakai netbook ini bisa dikatakan lancar dalam penggunaannya.

Hanya pada saat mengoperasikan photoshop terasa agak berat, dan pada awal menginstall adobe photoshop lite, sering mati sendiri aplikasi ini. Akan tetapi sudah tidak terjadi pada hari selanjutnya.

Sedangkan untuk keperluan menulis di words atau pada excell bisa dikatakan lancar dan nyaman dalam pengoperasiannya.

Terkait internet juga sama, apabila ada kendala diakibatkan karena kendala jaringan atau signal internet yang sedang lambat. Bukan karena performa dari lenovo ideapad 310s.

Mousepad Lenovo ideapad 310s tidak berfungsi

Pada saat melihat film, badan agak terasa penat. Kemudian pindah lokasi di mana bisa melihat film secara rebahan di kasur.

Lanjut kemudian membawa netbook ke kasur dan menikmati film dengan tiduran. Biar tidak ribet membawa, dicopot mouse dan keyboard eksternal yang sejak awal melekat pada netbook.

Pada saat mau forward atau rewind atau memilih film yang ingin dilihat, terdeteksilah disable atau tidak berfungsi mousepad pada netbook.

Saya menduga pasti ada tuts yang tidak sengaja saya pencet atau di pijat oleh anak-anak. Karena malas mencari di internet akhirnya saya mengambil mouse kabel dan mencolokkan ke netbook

Penyebab mouse lenovo ideapad 310s tidak berfungsi

Jika menemukan kasus kasus dimana keyboard internal netbook laptop anda berfungsi dan mouse internal tidak berjalan dengan baik, ada beberapa kemungkinan yang terjadi, salah satu kemungkinan yang terjadi adalah :

Mousepad tidak berfungsi karena memencet tombol disable mousepad dengan tidak sengaja

Pada barisan atas keyboard (F1, F2, F3, F4, F5 , F6, F7, F8, F9, F10, F11, F12) ternyata memiliki fungsi masing – masing yang sedikit banyak mempengaruhi dalam penggunaan netbook anda.

Beberapa fungsinya adalah untuk meng aktifkan atau enable dan juga melakukan non aktif (disable) fitur kamera pada netbook dan fitur keyboard yang menyatu dengan netbook atau biasa disebut mousepad.

Jika tombol enable mousepad di sentuh, maka selanjutnya akan me non aktifkan fungsi dari mousepad, dan jika di pencet kembali tombolnya maka akan memfungsikan kembali mousepad yang ada (enable mousepad).

Tidak berfungsi karena hardware mousepad rusak

Ini adalah kondisi dimana mousepad tidak berfungsi karena perangkat keras dari netbook mengalami kerusakan atau masalah.

Bisa karena kabel atau konektor ataupun yang lain, bukan karena kesalahan pencet tombol enable disable mousepad

Mengatasi mousepad tidak berfungsi lenovo ideapad 310s

Jika mouse pada netbook anda tidak berfungsi, akan tetapi keyboard huruf berjalan dengan normal, jangan terburu-buru membawa ke tukang service atau menggaransikan netbook anda.

Cobalah untuk memencet sekali tombol enable disable mousepad pada lenovo ideapad 310 s.

memperbaiki mousepad lenovo 310s (ilustrasi)
memperbaiki mousepad lenovo 310s (ilustrasi)

Memfungsikan mouse karena terpencet disable mousepad

Dimana letak tombol itu? Pada seri netbook lenovo 310s, tombol ini terletak pada deretan atas keyboard yang menjadi satu dengan tombol F6.

Ada gambar keyboard yang diberi tanda garis miring yang merupakan tanda bahwa mousepad tidak berfungsi. Pada seri lenovo yang lain tombol ini tidak mesti berada pada tombol F6, bisa terletak pada tombol F8. Silakan mencermati gambar yang ada.

tombol enable mousepad lenovo ideapad 310s
tombol enable mousepad lenovo ideapad 310s

Memfungsikan mouse lenovo karena kerusakan hardware

Jika sudah dicoba berkali kali memencet sekali tombol F6 atau F8 (tergantung seri lenovo yang anda hadapi) dan mousepad tetap tidak berfungsi, kemungkinan kerusakan terjadi karena perangkat anda. Untuk mengatasi nya ada 3 cara

Memasang mouse eksternal

Cara praktis adalah dengan cara memasang mouse eksternal. Pasanglah mouse pada slot untuk colokan flashdisk.

Harga mouse eksternal bermacam macam, mulai 15 ribu sampaai dengan ratusan ribu. Dengan model juga beberapa pilihan, mulai dari wire maupun wireless. Menggunakan optic dan lain sebagainya.

Saat ini saya sudah tidak memenukan model mouse dengan bola yang dijual di toko komputer.

Memperbaiki sendiri kerusakan yang terjadi

Jika anda memiliki keahlian dalam perbaikan dan reparasi laptop tentunya akan sangat praktis dan hemat jika mengalami kerusakan hardware di netbook anda.

Tidak perlu biaya service yang dikeluarkan. Jika kerusakan hanya sekedar kabel atau apa yang tidak nambung dan anda berhasil meng koneksi kan kembali maka biaya nya adalah nol rupiah.

Jika kerusakan perlu spare part baru maka anda hanya perlu biaya pembelian spare part. Jika lokasi pembelian jauh tentunya silakan ditambah anggaran biaya perjalanan dan konsumsi serta akomodasi selama pembelian spare part alias suku cadang yang diperlukan

Menyerahkan kepada ahli nya

Jika anda tidak menyukai atau kurang praktis dalam penggunaan mouse eksternal serta tidak mempunyai keahlian dalam perbaikan netbook, maka alternatif yang lain adalah menyerahkan kepada ahli perbaikan netbook.

Bisa kepada rekan anda yang ahli atau di bawa ke gerai resmi (kalau masih dalam masa garansi tentu akan lebih hemat) , maupun di bawa ke bengkel laptop atau netbook yang anda yakini dan percayai.

NB: Artikel ini penulisannya pada tanggal 10 Desember tahun 2017, sehingga harga barang mengacu pada tahun itu. kemudian kami update dengan penataan pada tahun 2024.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*